PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESTER II DI SD NEGERI 1 BATUAGUNG KECAMATAN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Gusti Ayu Putu Santhi Savitri, I Made Tegeh, I Nyoman Jampel

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah nilai siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesiarendah, pembelajaran bersifat konvensional, dan media yang mendukung pada mata pelajaranBahasa Indonesia belum tersedia. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui desainpengembangan multimedia presentasi pembelajaran dalam unsur menulis pada mata pelajaranBahasa Indonesia dan (2) mengetahui kualitas hasil penelitian dan pengembangan MultimediaPresentasi Pembelajaran dilihat dari hasil kegiatan validasi dari ahli isi bidang studi BahasaIndonesia, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji perorangan, uji kelompokkecil dan uji lapangan. Model yang digunakan adalah model Hannanfin and Peck. Subjek ujicoba terdiri dari satu ahli isi bidang studi, satu ahli desain pembelajaran, satu ahli mediapembelajaran, 6 siswa untuk uji coba perorangan, 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan30 siswa untuk uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan adalah data dari uji ahli materipembelajaran, uji ahli desain pembelajaran, uji ahli media pembelajaran dan uji coba siswamelalui instumen pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data menggunakan dua teknikyaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. DesainPengembangan Multimedia Presentasi Pembelajaran ini terdiri dari mengembangkan FlowChart dan Storyboard. Kualitas Storyboard ditinjau dari (1) aspek isi bidang studi BahasaIndonesia termasuk kriteria sangat baik dengan persentase tingkat pencapaian 92,27% (2)aspek media pembelajaran termasuk kriteria baik dengan persentase tingkat pencapaian 88%.Kualiatas Multimedia Presentasi Pembelajaran ditinjau dari (1) aspek isi bidang studi BahasaIndonesia termasuk kriteria sangat baik dengan persentase tingkat pencapaian 92,85% (2)aspek desain pembelajaran termasuk kriteria sangat baik dengan persentase tingkatpencapaian 90%, (3) aspek media pembelajaran termasuk kriteria baik dengan persentasetingkat pencapaian 85,45%, (4) uji coba perorangan termasuk kriteria baik dengan persentasepencapaian 88,89%, (5) uji coba kelompok kecil termasuk kriteria sangat baik denganpersentase pencapaian 92,78%, (6) uji coba lapangan termasuk kriteria sangat baik denganpersentase pencapaian 91,64%.Kata Kunci: pengembangan, multimedia presentasi, bahasa indonesia

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1249

Article Metrics

Abstract view : 195 times
PDF file view : 370 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

                 

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Berasosiasi dengan:

 

ASOSIASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN INDONESIA


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by: