PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEMESTER II DI SD NO.6 PANJER TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1430Abstract
Masalah yang ditemukan di SD No.6 Panjer yakni masih rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas IV dan kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tahap-tahap pengembangan multimedia interaktif dan mengetahui kualifikasi hasil pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran matematika kelas IV semester II di SD No.6 Panjer. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) mengggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun tahap yang ditempuh yaitu: Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal kemudian dilakukan validasi oleh ahli isi mata pelajaran/bidang studi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu uji coba perorangan dengan 3 siswa, uji coba kelompok kecil dengan 12 siswa, dan uji coba lapangan dengan 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket/kuesioner. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data hasil review ahli dan uji coba siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yakni produk multimedia interaktif yang dikembangkan telah melalui tahap-tahap model pengembangan ADDIE dan telah diuji kualifikasi dengan menunjukan hasil (1) uji ahli isi mata pelajaran Matematika berada pada kualifikasi sangat baik (90%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (96%), (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi baik (85,56%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (91,67%), uji kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (92,69%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (92,04%).
Kata kunci: pengembangan, multimedia interaktif, Matematika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)