VIDEO PEMBELAJARAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI: PRODUK PENGEMBANGAN UNTUK MATA PELAJARAN IPS

I Gede Agung Oka Badra I Dewa Kade Tastra Luh Putu Putrini Mahadewi

Abstract


Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya daya serap siswa dalam mengikutipelajaran IPS sehingga mengakibatkan rendahnya nilai rata-rata siswa pada pelajaranIPS yaitu 5,7 lebih rendah dari standar nilai ketuntasan. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan desain pengembangan media video pembelajaran dengan model PBK.Disamping itu penelitian ini juga untuk mengetahui kelayakan media video pembelajaranpada mata pelajaran IPS kelas IV di SD Negeri 3 Tunjuk menurut review para ahli dan ujicoba produk. Model pengembangan yang digunakan adalah model pembelajaranberbantuan komputer (PBK) yang dikembangkan oleh Luther terdiri dari enam tahapyaitu; a) konsep (concept), b) desain (design), c) pengumpulan bahan materi (collectingmaterials), d) pembuatan (assembly), e) uji coba (tes drive) dan f) distribusi (distribution).Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Teknikanalisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisisdeskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menghasilkan desain pengembangan yangberupa flowchart dan storyboard untuk memproduksi media. Kelayakan pada mediavideo didapat dari hasil penyajian dan analisis data yaitu (1) menurut review ahli isi matapelajaran menunjukkan kategori sangat baik (96%), (2) menurut review ahli desainpembelajaran berada pada kategori sangat baik (90%), (3) menurut review ahli mediapembelajaran menunjukkan kategori baik (83%), (4) berdasarkan uji coba peroranganmenunjukkan kategori baik (89,44%), dan (5) berdasarkan uji coba kelompok kecilberada pada kategori sangat baik (90,83). Dengan demikian media video pembelajaranini layak pakai sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV di SD Negeri 3 Tunjukkabupaten Tabanan.Kata Kunci: pengembangan, media video pembelajaran, IPS

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by:

 Crossref