PENGEMBANGAN MULTIMEDA DENGAN MATERI TEMPAT SUCI PADA MATA PELAJARAN AGAMA HINDU UNTUK KELAS VII SEMESTER II SMP AYODHYA PURA SELAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Gede Artawan I Dewa Kade Tastra I Gde Wawan Sudatha

Abstract


Multimedia pembelajaran belum tersedia di SMP Ayodhya Pura Selat, dan guru mengajar hanyadengan metode ceramah dan dibantu dengan media sederhana, sehingga hal ini menyebabkansiswa kurang termotivasi untuk belajar secara sungguh-sungguh, dan seterusnya berdampakterhadap rendahnya hasil belajar mereka. Bedasarkan permasalah tersebut, maka tujuan daripenelitian pengembangan ini adalah bertujuan untuk menghasilkan suatu produk yaitu sebuahdesain media pembelajaran multimedia pada mata pelajaran Agama Hindu yang akan digunakandi SMP Ayodhya Pura Selat Singaraja pada kelas VII semester I, serta menghasilkan kualitasproduk media pembelajaran yang layak pakai, sesuai dengan kebutuhan, karakteristik siswa sertamampu memberikan daya tarik agar siswa mampu menyerap isi dari materi pembelajaran secaraoptimal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan modelPBK (Pembelajaran Berbantuan Komputer), yang tahapannya meliputi konsept, design,collecting materials, assembly, testing, distribution. Subyek validasi produk terdiri dari ahli isimata pelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli desain pembelajaran. Selanjutnya produkdiujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap yaitu uji perorangan, uji kelompok kecil, dan ujilapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pencatatandokumen dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisisdeskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu mendeskripsikan desain pengembanganmultimedia pembelajaran dan kualitas multimedia pembelajaran pada Mata Pelajaran AgamaHindu untuk Siswa Kelas VII Semester I di SMP Ayodhya Pura Selat Singaraja Tahun Pelajaran2012/2013. Desain pengembangan multimedia pembelajaran menghasilkan flowchart danstoryboard. Kualitas multimedia pembelajaran menurut: (1) review ahli isi mata pelajaranmenunjukkan kategori sangat baik (94,%), (2) review ahli desain pembelajaran berada padakategori baik (80%), (3) review ahli media pembelajaran menunjukkan kategori baik (83,2%),(4) berdasarkan uji coba perorangan berada pada kategori sangat baik (88,%), (5) berdasarkan ujicoba kelompok kecil berada pada kategori sangat baik (93%), dan (6) berdasarkan uji cobalapangan berada padakategori baik (84,%).Kata-kata kunci : pengembangan, multimedia, tempat suci

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by:

 Crossref