PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL LUTHER PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DI SMP NEGERI 1 MARGA KABUPATEN TABANAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1484Abstract
Permasalahan rendahnya prestasi belajar IPA di SMP Negeri 1 Marga Tabanan disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang diduga menjadi penyebabnya adalah masih relatif kurangnya pengunaan media pembelajaran yang dapat secara efektif meningkatkan hasil atau prestasi belajara IPA. Oleh karena itu dalam penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan untuk mengetahi kualitas hasil pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 berdasarkan uji para ahli dan uji lapangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Luther, dimana model ini dikembangkan melalui enam tahap, yakni tahap (1) konsep, (2) perancangan, (3) pengumpulan bahan, (4) pembuatan, (5) uji coba, dan (6) distribusi”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rancang bangun multimedia yang dikembangkan dapat dilihat pada laporan perkembangan produk. (2) Mengenai kualitas hasil multimedia pembelajaran berdasarkan data dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dikonversi ke dalam PAP tingkat ketercapaian skala 5. Tinjauan ahli isi mata pelajaran mencapai 82% katagori baik, tinjauan ahli desain pembelajaran mencapai 82% katagori baik, tinjauan ahli media pembelajaran mencapai 84% katagori baik, uji coba perorangan mencapai 85,15% katagori baik, uji coba kelompok kecil mencapai 81,91% katagori baik, dan uji coba lapangan mencapai 85,79% katagori baik. Oleh karena itu media yang dihasilkan dapat dikatakan sudah layak pakai, karena telah dilakukan validasi sesuai aturan.
Kata-kata kunci: Pengembangan, Multimedia Pembelajaran, IPA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)