PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA AUTHORWARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SEMESTER I

Kadek Supariada, I Wayan Romi Sudhita, Luh Putu Putrini Mahadewi

Abstract


Multimedia pembelajaran berbasis macromedia authorware pada mata pelajaran IPAkelas VIII semester I ini dikembangkan karena ketersediaan media untuk IPA belum adadan juga guru kurang bias untuk mengembangkan media. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan desain pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasismacromedia authorware pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas VIII semester I diSMP Negeri 4 Singaraja dan menguji kualitas multimedia pembelajaran interaktifberbasis macromedia authorware pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas VIIIsemester I di SMP Negeri 4 Singaraja, yang nantinya menghasilkan suatu produk yaituCD-Multimedia pembelajaran interaktif. Penelitian ini merupakan penelitianpengembangan dengan menggunakan model PBK (Pembelajaran BerbantuanKomputer). Tahapannya meliputi konsept, design, collecting materials, assembly, testing,distribution. Subyek validasi produk terdiri dari ahli isi mata pelajaran, ahli mediapembelajaran, dan ahli desain pembelajaran. Selanjutnya produk diujicobakan kepadasiswa melalui tiga tahap yaitu uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pencatatan dokumen danangket, dengan menggunakan instrumen berupa laporan perkembangan produk dankuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ada dua yaitu teknik analisis deskriptifkuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitumendeskripsikan desain pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dan kualitasmultimedia pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Authorware pada MataPelajaran IPA untuk Siswa Kelas VIII Semester I di SMP Negeri 4 Singaraja TahunPelajaran 2012/2013. Desain pengembangan multimedia interaktif menghasilkanflowchart dan storyboard. Kualitas multimedia interaktif adalah: (1) menurut review ahli isimata pelajaran menunjukkan kategori sangat baik (94,28%), (2) menurut review ahlidesain pembelajaran berada pada kategori sangat baik (92,73%), (3) menurut review ahlimedia pembelajaran menunjukkan kategori baik (85%), (4) berdasarkan uji cobaperorangan menunjukkan kategori sangat baik (92,7%), (5) berdasarkan uji cobakelompok kecil berada pada kategori sangat baik (94%), dan (6) berdasarkan uji cobalapangan menunjukkan kategori sangat baik (94,11%).Kata-kata kunci : pengembangan, multimedia interaktif, mata pelajaran IPA

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1499

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF file view : 265 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

                 

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Berasosiasi dengan:

 

ASOSIASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN INDONESIA


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by: