Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model DDD-E Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD

Authors

  • I Gusti Ayu Oka Juniari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan karena kurangnya ketersediaan media pembelajaran IPA yang tepat digunakan pada saat pembelajaran online. Hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA di SD Negeri 5 Ketewel juga rendah.  Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun multimedia interaktif (2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Hasil penelitian (1) rancang bangun multimedia interaktif berdasarkan model pengembangan DDD-E yang melalui 4 tahapan yaitu Decide, Design, Develop, Evaluate (2)  multimedia interaktif model DDD-E dinyatakan valid berdasarkan: (a) hasil review ahli isi muatan pelajaran memperoleh skor 97,72% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh skor 91,07% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil review ahli media memperoleh skor 94,44% dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil uji coba perorangan terhadap 3 orang siswa memperoleh skor 94,69% dengan kualifikasi sangat baik, dan (e) hasil uji coba kelompok kecil terhadap 9 orang siswa memperoleh skor 93,17% dengan kualifikasi sangat baik.

Author Biographies

I Gusti Ayu Oka Juniari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Made Putra, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Juniari, I. G. A. O., & Putra, I. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model DDD-E Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 140–148. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091

Issue

Section

Articles