Booklet pada Materi Bakteri untuk Peserta Didik Kelas X SMA

Authors

  • Olda Apriyeni Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Syamsurizal Syamsurizal Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Heffi Alberida Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Yosi Laila Rahmi Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33805

Keywords:

Booklets on Bacterial Material, Learning Resource

Abstract

Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang paling mendasar dalam keseluruhan proses pendidikan. Keberhasilan pembelajaran itu sendiri tergantung pada penggunaan sumber belajar yang dipilih. Berdasarkan hasil angket observasi sumber belajar berupa buku teks, lembar kerja siswa (LKPD), slide PPT dan modul sudah tersedia dan digunakan di sekolah, namun masih diperlukan tambahan sumber belajar karena sumber belajar yang digunakan belum mampu menarik minat dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka dikembangkan suatu produk berupa booklet materi untuk siswa kelas X SMA yang valid dan praktis. Hasil rata-rata nilai validitas booklet sebesar 86,45% dengan kriteria sangat valid dengan uraian 84,25% pada aspek kelayakan isi, 88,33% pada aspek kebahasaan, 86,11% pada aspek penyajian, dan 87,50% pada aspek kegrafikan. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah pengembangan booklet materi bakteri untuk siswa kelas X SMA memenuhi kategori sangat valid dan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar.

References

Ajizatunnisa, A., Wahyuni, S., Waluyo, L., & Miharja, F. J. (2018). Booklet development based on research identification of fiddler crab (Uca spp.) diversity in mangrove ecosystem. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(1), 61. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i1.5337.

Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Appypie Di Smk Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10525.

Dewi, T. M., Mirnawati, & Dirneti. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar dan Metode Konvesional Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Membaca Siswa pada Kelas II di SDS 016 Muhammadiyah Karimun Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(2). https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/view/120.

Fitriasih, R., Kasrina, I., & Kasrina, K. (2019). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta Di Kawasan Suban Air Panas Untuk Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 100–108. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.100-108.

Hanzen, W. F. E., Hastuti, U. S., & Lukiati, B. (2016). Pengembangan booklet pembuatan yoghurt kulit buah naga untuk para petani buah berbasis pada hasil penelitia. Jurnal Pendidikan, 1(11), 2140–2144. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/7976/3625.

Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.

Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science for Kids Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 10–17. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1234.

Kkese, E. (2020). McGurk effect and audiovisual speech perception in students with learning disabilities exposed to online teaching during the COVID-19 pandemic. Medical Hypotheses, 144(July), 110233. https://doi.org/10.1016/j.mehy.2020.110233.

Kristiono, N., & Mutmainah. (2018). Pemanfaatan Media Wayang Kertas untuk Meningkatkan Mutu Perkembangan Karakter Bahasa Anak dalam Berkomunikasi Verbal. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(2). https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/download/569/481.

Lage-Cala, S., Folgueras-Díaza, M. B., Alonso-Hidalgoa, M., García-Menéndezb, D., & Fernández-Garcíab, F. J. (2020). Investigation of the effectiveness of online learning tools for energy performance certificates preparation. Energy Reports, 6, 609–614. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2019.09.034.

Lestari, A. I., Senjaya, A. J., & Ismunandar, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Appy Pie Untuk Melatih Pemahaman Konsep Turunan Fungsi Aljabar. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1437.

Martha, I. N. (2018). Pemilihan Materi/Aspek Kebahasaan Dalam Kurikulum 2013 Pada Jenjang Pendidikan Menengah (Smp/Msn, Sma/Ma, Smk). Prasi, 13(2), 42. https://doi.org/10.23887/prasi.v13i2.16451.

Monica. (2010). Pengaruh warna, tipografi, dan layout. Komunikasi Multimedia, 9, 459–468.

Ningrum, A. F., & Jayusman, S. A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Berbentuk Booklet Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dalam Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Kertek Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017. Indonesian Journal of History Education, 5(1), 1–8. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/19914.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.

Panjaitan, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas Iia Sdn 78 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 252. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4105.

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389.

Pralisaputri, K. R., Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X Sma. Jurnal GeoEco, 2(2), 147–154.

Puspita, A., Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 64–73. https://doi.org/10.29406/524.

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9964/4705.

Situmorang, R. P., & Andayani, E. P. (2019). Penggunaan Media Animasi Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 35. https://doi.org/10.17509/aijbe.v2i1.14544.

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588.

Ulya, E., Budiono, I., & Mardiana. (2014). Efektivitas Media Booklet Braille Dalam Meningkatkan Pengetahuan Gizi Pada Anak Tunanetra. Unnes Journal of Public Health., 3(4), 48–55. https://doi.org/10.15294/ujph.v3i4.3888.

Wijayanti, E., Rohman, F., & Hastuti, U. S. (2016). Pengembangan Booklet Penyuluhan “ Nata De Pamelo ” Bagi Para Petani Jeruk Pamelo Di Magetan. Jurnal Pendidikan, 1(5), 874–880.

Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan, 3(2), 251–258. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10544.

Yusuf, M., Saraswati, U., & Ahmad, T. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Perang Lasem Dalam Bentuk Booklet Untuk Pembelajaran Sejarah Lokal Di Sma Negeri 1 Lasem. Indonesian Journal of History Education, 7(1), 50–58. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i1.32287.

Downloads

Published

2021-05-02

How to Cite

Apriyeni, O., Syamsurizal, S., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2021). Booklet pada Materi Bakteri untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 8–13. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33805

Issue

Section

Articles