Pengembangan Media Promosi untuk Membantu Promosi Desa Wisata (Studi Kasus : Desa Bugbug – Tenganan, Karangasem)

Agus Aan Jiwa Permana, Made Padmi Wirayani

Abstract


Kabupaten karangasem terletak di ujung timur pulau Bali yang sebagian besar merupakan daerah kering dan tandus. Terdapat beberapa tempat pariwisata yang terkenal yaitu Candisasa, Pura Lempuyang, Tengangan, Gunung Agung, dan Tirta Gangga adalah kawasan yang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Namun, perlu dikembangkan destinasi wisata baru di daerah karangasem lagi, sehingga menjadi tempat alternatif bagi para wisatawan untuk berkunjung dan memberikan pengaruh terhadap warga sekitar. Sehingga perlu diketahui, apa potensi dari masing-masing desa untuk mengarah kepada desa wisata. Permasalahan yang terjadi di lapangan adalah menentukan sebuah desa menjadi desa wisata harus melalui proses yang panjang dengan melihat potensi dari desa tersebut, sehingga akan dapat dirancang sebuah desain atau konsep dari sumber daya yang dimiliki desa untuk layak menjadi objek wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu masyarakat khususnya di Desa Bug-Bug untuk mempromosikan objek wisata yang sedang digalakkan saat ini sehingga dapat dipromosikan kepada wisatawan lokal dan mancanegara. Adapun potensi potensi wisata alam yang dimiliki di desa tersebut yaitu Pantai Pasir Putih dan Perkemahan Taman Harmoni Bali Bukit Asah.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun metode yang digunakan dengan mengumpulan data dari lokasi wisata. Kemudian melakukan sesi wawancara langsung dengan pimpinan atau tetua di Desa tersebut. Kemudian setelah produk selesai, akan dilakukan pengujian untuk uji ahli dan uji konten. Hasil yang diharapkan dalam riset ini adalah produk yang dihasilkan sudah dapat mewakili pemikiran dan harapan dari masyarakat untuk membantu promosi pengembangan desa wisata di desa tersebut. Melalui proses pengujian, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan untuk membantu promosi daerah wisata.

Keywords


Desa Wisata; Bali Aga; Destinasi Wisata Baru; Promosi Wisata

References


Abdilah, F., Adhiguna, D., Sevtiana, A. 2017. Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi Stmik Cic Dengan Tehnik Motion Graphic Menggunakan Perangkat Lunak Komputer Graphic, Jurnal Ilmiah Digital of Information Technology, Vol 7, No. 1, DOI: https://doi.org/10.51920/jd.v7i1.17

Andhika, A. 2019. Penggunaan Video Promosi Wisata Melalui Youtube Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Ke Provinsi Kalimantan Selatan, Jurnal Mutakallimin (Jurnal Ilmu Komunikasi), Vol. 2, No.2

Atmoko, T. P. (2014). Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Brajan Kabupaten Sleman. Jurnal Media Wisata , Volume 12, Nomor 2.

Bachtiar, Y. (2014). Rancang Bangun Media Informasi Potensi Kepariwisataan Kabupaten Magetan Berbasis Multimedia. Journal IPTEK.

Budhayasa, I. P. (2016). Videp Profil Prodi Manajemen Informatika Undiksha. ingaraja.

Desmira, D., Aribowo, D., Ekawati, R., Purbohastuti, A.W. 2021.Video Promosi Wisata “Cikal Adventure” Di Kecamatan Padarincang Video Promosi Wisata “Cikal Adventure” Di Kecamatan Padarincang, Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 2, https://doi.org/10.30656/ka.v3i2.2940

Dewi, dkk. (2017). Prasasti Cempaga SebagaiI Simbol Pemersatuan.

Fajar, I. , Kamal, M.N., Faisal, D. 2017. Perancangan Video Promosi Cafe Ombewok, Program Studi Desain Komunikasi Visual, FBS Universitas Negeri Padang, https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiybeApvHxAhUHVH0KHQrHBwQQFjABegQIBBAD&url=http%3A%2F%2Fejournal.unp.ac.id%2Findex.php%2Fdkv%2Farticle%2Fdownload%2F8291%2F6371&usg=AOvVaw3ieCu_mKG7lBYiqVZN21Un

Fatimah. S., Kamal, M.N. 2019 . Perancangan Video Promosi Objek Wisata Goa Batu Kapal Di Kabupaten Solok Selatan, Jurnal Desain Komunikasi Visual, Vol 9, No. 1, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/dkv/article/view/104375, ISSN: 2302-3228

Goenawan, J.C., Suwasono, A.A., Salamoon, D.K. 2013. Perancangan Video Promosi Pulau Bawean Beserta Media Pendukungnya, Jurnal DKV Adiwarna, Vol. 1, No. 2

Haris Wiratna, R. L. (2017). Perancang Video Promosi Wisata Pantai Kabupaten Jember dengan Konsep Sinematik Onfografis. JURNAL SAINS DAN SENI ITS, Vol. 6, No. 2.

Hendry Kurniawan, O. D. (2016). Perancang Video Promosi Pasar Seni Tradisional Kumbasari Sebagai Pusat Busana Khas Bali di Denpasar. JURNAL SAINS DAN SENI ITS, Vol. 5, No.2.

Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. Jakarta: Kompas Gramedia.

Ningsih, N. W. R. S. 2016. Peranan Desa Pakraman Dalam Pengembangan Desa Wisata Di Desa Tenganan Pegringsingan Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem,

Jurusan Pendidikan Geografi Undiksha,

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiezIvT7_DxAhULU30KHR89CDYQFjAFegQIIxAD&url=https%3A%2F%2Fejournal.undiksha.ac.id%2Findex.php%2FJJPG%2Farticle%2Fdownload%2F20550%2F12532&usg=AOvVaw3oLbaYhGWWy7dtwJI7fSmK

Nita, I. D. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan. Journal of Computer and Information Technology, Pages 68-75.

Novasy, H. A., Syafwandi , Kaman, M.N. 2020. Perancangan Video Promosi Objek Wisata Pemandian Alam Aia Baliang, Jurnal Desain Komunikasi Visual, Vol 9, No. 3, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/dkv/article/view/104375, ISSN: 2302-3228

Nusabali. 2020. Tak Hanya Kuta, Desa Adat Bugbug Punya Objek Pasir Putih, https://www.nusabali.com/berita/68556/tak-hanya-kuta-desa-adat-bugbug-punya-objek-pasir-putih

Oktavianus, Y., Kamal, M.N., 2019, Video Promosi Wisata Kuau Kuliek Nagari Sungai Buluah, Jurnal Desain Komunikasi Visual, Vol 8, No. 4, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/dkv/article/view/104375, ISSN: 2302-3228

Permana, K. E. (2017). Tugas Akhir , Video Objek Wisata di Kabupaten Buleleng. Singaraja.

Pratama, H.Y., Syafwandi, Trinanda, R. 2019 . Video Promosi Wisata Kabupaten Kerinci, Jurnal Desain Komunikasi Visual, Vol 8, No. 3,

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/dkv/article/view/104375, ISSN: 2302-3228

Subawa, I.B, Gelgel, I.P, Subrata, I.W. 2019. Existence of Bali Aga Community Religion: Pedawa Village in Buleleng." International Journal of Social Sciences and Humanities, vol. 3, no. 1, Apr. 2019, pp. 72-81, doi:10.29332/ijssh.v3n1.256.

Suprapto. I.A., Sutiarso, M.A, Wiratmi, N.L.D.F. 2021. Tata Kelola Destinasi Pariwisata Desa Tenganan Pegringsingan, Karangasem-Bali, Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol. 4, No.1

Widiastuti. (2018) Ketahanan Budaya Masyarakat Bali Aga dalam Menciptakan Desa Wisata yang Berkelanjutan, Jurnal Kajian Bali, Vol. 08, No. 01, April 2018

Wijana, N., Setiawan, I.G.A.N. 2020.The Utilization Of Useful Plant Species Based On Socio-Cultural Of Tenganan Pegringsingan Bali Aga Village, District Of Karangasem, Bali, J. Phys.: Conf. Ser. Vol.1503 No. 012042, Journal of Physics: Conference Series, Volume 1503, International Conference on Mathematics and Natural Sciences 2019 (IConMNS 2019) 30-31 August 2019

Wiratna, H., Lakoro, R. 2017 . Perancangan Video Promosi Wisata Pantai Kabupaten Jember dengan Konsep Sinematik Infografis, Jurnal Sains & Seni ITS, Vol. 6, No. 2, DOI: 10.12962/j23373520.v6i2.27892

Wulansari, N. (2018). Tugas Akhir, Video Promosi Desa Bali Aga ( Sidetapa, Cempaga, Tigawasa, Pedawa) SCTP di Kabupaten Buleleng. Singaraja




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v9i2.37235

Article Metrics

Abstract view : 185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

                 

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Berasosiasi dengan:

 

ASOSIASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN INDONESIA


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by: