PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEJARAH DENGAN MODEL HANNAFIN DAN PECK UNTUK SISWA KELAS XI SMA

Luh Putu Swandewi Anggarayani ., Drs. Ignatius I Wayan Suwatra,M.Pd ., Luh Putu Putrini Mahadewi, S.Pd .

Abstract


Permasalahan penelitian ini yaitu keterbatasan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi ajar. Tujuan penelitian ini 1 untuk mendeskripsikan desain pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, 2 menguji validitas produk multimedia pembelajaran interaktif, 3 mengetahui efektivitas penggunaan Multimedia pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar Sejarah kelas XI. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Hannafin dan Peck. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif hanya diperuntukkan bagi siswa di SMA Ayodhya Pura Selat. Subyek uji coba yaitu sseorang ahli isi mata pelajaran Sejarah, seorang ahli media pembelajaran, seorang ahli desain pembelajaran, 3 siswa untuk uji perorangan, 12 siswa untuk uji kelompok kecil, dan 30 siswa untuk uji lapangan. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, analisis deskriptif kualitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini 1 uji ahli isi mata pelajaran Sejarah berada pada kualifikasi baik (84%), 2 uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (90%), 3 uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi baik (88,33%), 4 uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (92,66%), uji kelompok kecil berada pada kualifikasi baik (89,66%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (92,86%). hasil t hitung sebesar 8,06, kemudian harga t hitung dibandingkan dengan harga t pada tabel dengan db = n1 + n2 – 2 = 30 + 30 – 2 = 58. Harga t tabel untuk db 58 dan dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) adalah 2,000. Dengan demikian, harga t hitung lebih besar daripada harga t tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Sejarah siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif.
Kata Kunci : multimedia pembelajaran interaktif, sejarah, dan hasil belajar

This research is motivated by the problem of learning the limitations of media interest and in accordance with the teaching materials. The purpose of this study was (1) to describe the development of multimedia interactive learning design, (2) test the validity of multimedia interactive learning products, and (3) determine the effectiveness of the use of a product in the form of multimedia interactive learning on learning outcomes history of class XI. This research uses the model development Hannafin and Peck. The development of multimedia interactive learning is only for high school students in SMA Ayodhya Pura Selat.. The subjects consisted of an expert trying to fill in History subjects, an instructional media, instructional design expert, three (3) students to test individual, twelve (12) students to test a small group, and 30 (thirty) students to field test. Data collection instruments such as questionnaires. Analysis of the data using quantitative descriptive analysis, qualitative descriptive analysis and inferential statistical analysis. The results showed that (1) the content expert test subjects are history on both qualifications (84%), (2) test instructional design experts are at excellent qualifications (90%), (3) test the learning media experts are on good qualifying (88.33%), (4) individual trials are in excellent qualifications (92.66%), small group testing is at a good qualifying (89.66%), field trials are in excellent qualifications (92, 86%). t result of 8.06, then the price compared to the price of the t t on the table with n1 + n2 = db - 2 = 30 + 30-2 = 58. price t db table for 58 and the significance level of 5% (α = 0.05) was 2,000. Thus, the price of t is greater than the price of the t table so that H0 is rejected and H1 is accepted. This means, there are significant differences between students' learning outcomes history before and after the use of multimedia interactive learning.
keyword : interactive learning multimedia, civic subject, learning outcome

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by:

 Crossref