Pengaruh Penggunaan Media Zoom Meeting dalam Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Maya Tahta Alfina Universitas Esa Unggul
  • Ratnawati Susanto Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.39967

Keywords:

Zoom Meeting, Pembelajaran Online, Hasil Belajar

Abstract

Kurangnya proses tatap muka antara guru dan siswa selama proses pembelajaran daring berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa, sehingga untuk mengatasi hal tersebut guru berupaya untuk melaksanakan proses tatap muka virtual dengan menggunakan aplikas zoom meeting. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh penggunaan media zoom meeting dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan media survey. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas IVA yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, serta penyebaran angket. Instrumen angket yang digunakan yakni berupa kuesioner intensitas penggunaan zoom meeting serta kuisioner hasil belajar siswa. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan uji parsial (uji t) untuk menentukan hipotesis. Hasil hipotesis yang diperoleh berdasarkan pengujian parsial (uju t) yaitu 3,088 > t_(tabel ) 2,042 dengan signifikan 0,000 < 0,005. Hasil tersebut menunjukkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan media zoom meeting terhadap hasil belajar siswa kelas IVA SD.

Author Biographies

Maya Tahta Alfina, Universitas Esa Unggul

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Ratnawati Susanto, Universitas Esa Unggul

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659.

Ali, M., Prawening, C., & Samiaji, M. H. (2020). Inovasi Model Pembelajaran Jarak Jauh Program Kesetaraan Paket C di Masa Pandemi Covid-19. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 107–116. https://doi.org/10.21009/JIV.1502.2.

Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18.

Arini, N. M., & Wiguna, I. B. A. A. (2021). Hambatan dan Kendala dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pasca Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 343–357. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1356.

Azizah, N., & Amalia, A. N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring via Zoom Meeting terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Almufi Jurnal Pendidikan (AJP), 1(2), 0–4. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2822.

Baihaqi, M. I. (2021). Assesmen Pelaksanaan Belajar dari Rumah Selama Darurat Covid – 19. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(4), 408–416. https://doi.org/10.17977/um038v4i42021p408.

Dewi, M. (2020). Analisis Kerja Sama Guru dengan Orang Tua dalam Pembelajaran Online di Era Covid 19 Di Mi Azizan Palembang. Jemari (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 54–64. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.661.

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094.

Far, G. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v17i1.37421.

Farfar, G. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1), 1–5. https://doi.org/10.21831/istoria.v17i1.37421.

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511.

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445.

Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan Media Online dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 12. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.579.

Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2). https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32.

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369.

Koswara, I. (2018). Revitalisasi Pembangunan Pendidikan Melalui Pendekatan Komunikasi Pendidikan. Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 6(1). https://doi.org/10.34010/agregasi.v6i1.849.

Langi, J. P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Fisika secara Online Berbasis Zoom Meeting terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Syntax Admiration, 2(1), 85–93. https://jurnalsyntaxadmiration.com/index.php/jurnal/article/view/145/255.

Layla, M. (2020). Analisis Kepuasan Penggunaan Aplikasi Zoom dalam Mengikuti Webinar Selama Pandemi Covid-19 Menggunakan Webqual 4.0 (Studi Kasus: Dosen Stain Sultan Abdurrahman Kepri). Tanjak: Journal of Education and Teaching, 1(2), 169–177. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.142.

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416.

Mu’ayyadah, M., & Fatmawati, N. (2021). Pemanfaatan Teknologi sebagai Pembelajaran E-Learning Google Classroom pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal of Social Science and Education, 2(1). https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2364.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74.

Permatasari, Mia Indah. (2021). Implementasi Pembelajaran Kimia Berbasis Daring (Google Classroom Dan Zoom Cloud Meeting) di SMK Negeri 1 Tanjung Palas. Edutech : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 154–161. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i2.480.

Pujowati, Y. (2021). Dinamika Kebijakan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pamator, 14(2). https://doi.org/10.21107/pamator.v14i2.11574.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.

Sartika, dewi. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 pada Pembelajaran Daring di Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di Kota Bima. Jurnal Kreatif, 19(2). https://doi.org/10.52266/kreatif.v19i1.683.

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574.

Sobron, Bayu, Rani, & S, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Dan Enterpreneurship, 1–5. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/204.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Tamin, haryeni. (2021). Persepsi Mahasiswa Sastra terhadap Pembelajaran Daring melalui Aplikasi Zoom. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 132–143. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.610.

Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272.

Vegatama, M. R., & Amiruddin. (2021). Pengaruh Platform Zoom terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mata Kuliah Kimia Migas Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Educatin and Development, 9(3), 369–374. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2822.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android Saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386.

Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(2). https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.

Zunanni, M. Y., & Zahara, R. (2021). Implementasi Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Imtera di Madrasah Ibtidaiyah. Sittah: Journal of Primary Education, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3397.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Alfina, M. T., & Susanto, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Zoom Meeting dalam Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 298–303. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.39967

Issue

Section

Articles