E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Sumber Belajar IPA Siswa Kelas VII

Authors

  • Faradhin Amartha Raqiztya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41590

Keywords:

E-modul, Pendidikan Karakter, IPA

Abstract

Selama pandemi Covid-19, pembelajaran harus dilakukan secara daring dengan berbagai kendala dan keterbatasan yang ada. Guru kesulitan dalam menyampaikan materi dan tidak dapat melakukakan pembinaan karakter, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu adanya pembelajaran yang inovatif, fleksibel, dan efektif yang dapat merangsang siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pengembangan e-modul berbasis pendidikan karakter. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, serta 9 orang siswa sebagai subjek uji coba perorangan. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan pencatatan dokumen dan kuisioner, dengan instrumen penelitian berupa laporan pencatatan dokumen dan lembar kuesioner/angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi (97%), hasil review ahli desain (95,4%), hasil review ahli media (97,5%), hasil uji coba perorangan (90%), dan hasil uji coba kelompok kecil (93,7%). Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar e-modul yang dikembangkan berada dalam kualifikasi sangat baik, sehingga sangat layak untuk dikembangkan dan dibelajarkan kepada peserta didik.

Author Biographies

Faradhin Amartha Raqiztya, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

Anak Agung Gede Agung, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

References

Alavudeen, S. S., Easwaran, V., Mir, J. I., Shahrani, S. M., Aseeri, A. A., Khan, N. A., Almodeer, A. M., & Asiri, A. A. (2021). The Influence of COVID-19 Related Psychological and Demographic Variables on The Effectiveness of E-Learning Among Health Care Students in The Southern Region of Saudi Arabia. Saudi Pharmaceutical Journal, 29(7), 775–780. https://doi.org/10.1016/j.jsps.2021.05.009.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Science Subjects on 6th-Grade. Journal of Education …, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Anif, S., Sutopo, A., & Prayitno, H. J. (2020). Lesson Study Validation: Model for Social and Natural Sciences Teacher Development in The Implementation of National Curriculum in Muhammadiyah Schools, Indonesia. Universal Journal of Educational Research, 8(1), 253–259. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080132.

Aryawan, R., Sudatha, I. G. S., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 6(2), 180–191. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.

Asrial, Syahrial, Maison, M., Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2020). Ethnoconstructivism E-Module to Improve Perception, Interest, and Motivation of Students in Class V Elementary School. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 30–41. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222.

Bajrami, L., & Ismaili, M. (2016). The Role of Video Materials in EFL Classrooms. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232(April), 502–506. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.068.

Colasante, M., & Douglas, K. (2016). Prepare-Participate-Connect: Active Learning with Video Annotation. Australasian Journal of Educational Technology, 32(4), 68–91. https://doi.org/10.14742/ajet.2123.

Coles, A. (2019). Facilitating The Use of Video with Teachers of Mathematics: Learning from Staying with The Detail. International Journal of STEM Education, 6(5). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0155-y.

Darmayasa, I. K., Jampel, N., Simamora, A. H., & Pendidikan, J. T. (2018). Pengembangan E-Modul IPA Berorientasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young Children’s Online Learning during COVID-19 Pandemic: Chinese Parents’ Beliefs and Attitudes. Child Youth Serv Rev, 118. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.

Fatmala, N. E., Nyeneng, I. D. P., & Suana, W. (2017). Pengembangan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi pada Materi Hukum Newton tentang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/ 13141.

Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The Development of E-Module for Batik Local Content in Pekalongan Elementary School. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40–47. https://doi.org/10.15294/IJCET.V9I1.35592.

Gürsoy, G. (2021). Digital storytelling: Developing 21st Century Skills in Science Education. European Journal of Educational Research, 10(1), 97–113. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.97.

Hamid, S. N. M., Lee, T. T., Taha, H., Rahim, N. A., & Sharif, A. M. (2021). E-Content Module for Chemistry Massive Open Online Course (Mooc): Development and Students’ Perceptions. Journal of Technology and Science Education, 11(1), 67–92. https://doi.org/10.3926/jotse.1074.

Hermanto, Y. B., Agustini, V., & Srimulyani. (2021). The Challenges of Online Learning During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(1). https://doi.org/10.23887/jpp.v54i1.29703.

Irwansyah, F. S., Lubab, I., Farida1, I., & Ramdhani, and M. A. (2017). Designing Interactive Electronic Module in Chemistry Lessons. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE), 895. https://doi.org/:10.1088/1742-6596/895/1/012009.

Ismawati, M., Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2018). Pengembangan Modul Berorientasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 di SMP Muhammadiyah 2 Singaraja. 6(2), 278–284. https://doi.org/ 10.23887/jeu.v6i2.20322.

Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126.

Khan, M. A., Vivek, Nabi, M. K., Khojah, M., & Tahir, M. (2021). Students’ Perception towards E-Learning During Covid-19 Pandemic in India: An Empirical Study. Sustainability, 13(1). https://doi.org/10.3390/su13010057.

Khanna, R., & Kareem, D. J. (2021). Creating Inclusive Spaces in Virtual Classroom Sessions During The COVID Pandemic: An Exploratory Study of Primary Class Teachers in India. International Journal of Educational Research Open, 2–2(February), 100038. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2021.100038.

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. 07(02), 91–103. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103.

Kismiati, D. (2020). Implementasi E-Modul Pengayaan Isolasi dan Karakterisasi Bakteri dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.1.

Komalasari, K., & Rahmat, R. (2019). Living Values Based Interactive Multimedia in Civic Education Learning. International Journal of Instruction, 12(1), 113–126. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1218a.

Kukuh, D., Prasetya, I., & Fanani, A. F. (2021). Implementasi Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 di SMK Raden Patah Mojosari. Jurnal Administrasi Bisnis Dan Publik, 1(1), 17–28. http://jurnal.stiapas.ac.id/index.php /antarra/article/view/6.

Linda, R., Zulfarina, Mas’ud, & Putra, T. P. (2021). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected pada Materi Energi SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 191–200. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19012.

Marisa, U., Yulianti, & Hakim, A. R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Peduli Lingkungan di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional PGSD Unikama, 4(September), 323–330. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/ view/514.

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Research & Learning in Faculty of Education Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Iptek ) Dalam Pendidikan. 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment, 8(1), 27–38. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221.

Nusa, P. D., & Bektiningsih, K. (2019). Hubungan Pendidikan Karakter dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PKn. Joyful Learning Journal, 8(3), 142–148. https://doi.org/10.15294/jlj.v8i3.32705.

Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 54–58. https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19270.

Perdana, Sarwanto, Sukarmin, S., & Sujadi, I. (2017). Development of E-Module Combining Science Process Skills and Dynamics Motion Material to Increasing Critical Thinking Skills and Improve Student Learning Motivation Senior High School. International Journal of Science and Applied Science, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i1.5112.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik padaSsiswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155.

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9880.

Rasmawan, R. (2018). Development of Chemistry Module for Junior High School Based on Inquiry Accompanied by Performance-Based Assessment. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 111–119. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v7i2.10617.

Risdiany, H., & Dewi, D. A. (2021). Penguatan Karakter Bangsa sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 696–711. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i4.140.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Evaluation Values and Character Education Journal, 3(1). https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830.

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01.

Sofyan, H., Anggereini, E., & Saadiah, J. (2019). Development of E-Modules Based on Local Wisdom in Central Learning Model at Kindergartens in Jambi City. European Journal of Educational Research, 8(4), 1137–1143. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1137.

Sudarma, K. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Bahasa Isyarat Berbasis Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas V Di SDLB-B Negeri I Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 81–91. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23162.

Sukawirya, G. B., Arthana, I. K. R., & Sugihartini, N. (2017). Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Project Based Learning Dd SMK Negeri 2 Tabanan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 203. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9566.

Suyanto, S. (2018). The Implementation of The Scientific Approach through 5ms of The Revised Curriculum 2013 in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 22–29. https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.18719.

Syauqi, K., Munadi, S., & Triyono, M. B. (2020). Students’ Perceptions toward Vocational Education on Online Learning During The COVID-19 Pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(4), 881. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20766.

Ula, I. R., & Fadila, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 201. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2563.

van Alten, D. C. D., Phielix, C., Janssen, J., & Kester, L. (2019). Effects of Flipping The Classroom on Learning Outcomes and Satisfaction: A Meta-Analysis. Educational Research Review, 28(March), 1–18. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.05.003.

Wahyuni, D., Sari, M., & Hurryah. (2020). Efektifitas E-Modul Berbasis Problem Solving terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Perserta Didik. Natural Science:Jrnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(2), 180–189. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i2.1709.

Weng, S. S., & Chen, H. C. (2020). Exploring the Role of Deep Learning Technology in The Sustainable Development of The Music Production Industry. Sustainability (Switzerland), 12(2), 1–20. https://doi.org/10.3390/su12020625.

Wuryani, M. T., Roemintoyo, & Yamtinah, S. (2018). Textbooks Thematic Based Character Education on Thematic Learning Primary School: An Influence. International Journal of Educational Methodology, 4(2), 75–81. https://doi.org/10.12973/ijem.4.2.75.

Yulia, H. (2020). Online Learning to Prevent the Spread of Pandemic Corona Virus in Indonesia. ETERNAL (English Teaching Journal), 11(1). https://doi.org/10.26877/eternal.v11i1.6068.

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Raqiztya, F. A., & Agung, A. A. G. (2022). E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Sumber Belajar IPA Siswa Kelas VII. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 108–116. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41590

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)