Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Video Pembelajaran pada Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Bermuatan Masalah Sosial

Authors

  • I Gusti Agung Ayu Nopiantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32058

Keywords:

video pembelajaran, hasil belajar, IPS

Abstract

Kurangnya inovasi media pembelajaran bermuatan masalah sosial di sekolah dasar menyebabkan rendahnya hasil belajar IPS siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan video pembelajaran dengan materi keberagaman budaya bangsaku dan mengetahui validitas media tersebut. Penelitian pengembangan ini berpedoman pada model ADDIE. Subjek dalam penelitian pengembangan ini berjumlah 7 orang yang meliputi para ahli dan siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data pada peneltian ini observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrument yang digunakan dalam penelitian yaitu kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif dan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil review ahli isi memperoleh skor 92,50% (kualifikasi sangat baik), hasil review uji ahli desain instruksional diperoleh skor 93,75% (kualifikasi sangat baik), hasil review uji ahli media pembelajaran diperoleh skor 90,00% (kualifikasi sangat baik), dan hasil uji perorangan diperoleh skor 95,45% (kualifikasi sangat baik). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran layak digunakan dalam muatan IPS Implikasi dari penelitian ini yakni penggunaan video pembelajaran mampu memotivasi siswa dalam belajar IPS.

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Ambarsari, D. W., & Hartono, B. (2017). Pengembangan Media Pop Culture Up Rumah Adat Jawa Untuk Pembelajaran Menyusun Teks Deskripsi Pada Peserta Didik Smp Kelas Vii. Semantik, 6(2), 1. https://doi.org/10.22460/semantik.v6i2.p1-10.

Anitha Kumari, T., Hemalatha, C. H., Subhani Ali, M., & Naresh, R. (2020). Survey on impact and learning’s of the online courses on the present era. Procedia Computer Science, 172, 82–91. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.167.

Anshor, S. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Penelitian Geografi, 3(7), 1–9.

Arifuddin, Suwatra, & Mahadewi. (2020). Pengembangan Konten E-learning Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28942.

Asnur, & Ambiyar. (2018). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Video Pada Mata Kuliah Tata Boga II. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i3.16435.

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 78–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10. 31602/muallimuna.v5i2.2950.

Christian, & Ariani, F. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Peminjaman Perangkat Demi Video Conference Berbasis Web Dengan Metode Waterfall. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 15(1), 131–136. https://doi.org/https://doi.org/10.33480/pilar.v14i1.100.

Dinata, I. . D. P. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus 8 I Gusti Ngurah Rai. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2277.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project based learning with virtual media assistance on student’s creativity in physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514.

Hidayati, Y. M. (2012). Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan Dengan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) DI SD Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23917/humaniora.v13i1.919.

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 221–225. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262.

Irwanto, Taufik, Hernawan, & Rizal. (2019). Efektivitas Multimedia Interaktif Dan Mobile Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v4i1.6845.

Kamisa, A. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 Sman 1 Butar Sulawesi Tengah. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 12(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/istoria.v12i1.9542

Kawka, M., MH.Gall, T., Fang, C., Liu, R., & Jiao, R. (2021). Intraoperative video analysis and machine learning models will change the future of surgical training. Intelligent Surgery, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.isurg.2021.03.001.

Kurniawan, Agung, & Tegeh. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Dasar Sepak Bola Dengan Konsep Quantum Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 5(2), 179–188. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20374.

Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552

Maqfiroh, Khutobah, & Budyawati. (2020). Pengembangan Media MOTIF (Monopoli Edukatif) dalam Pembelajaran berbasis Multiple intelligence. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 64–74. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/24230/12062.

Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927.

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi Kurikulum Dan Metode Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020.

Naharir, R. A., Dantes, N., & Kusmariyatni, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester Ii Sd Gugus Vi Kecamatan Sukasada. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16975.

Nuzulia, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Papercraft Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X Sma Negeri 10 Palembang. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i1.564.

Pangaribuan, & Saragih. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Seni Lukis I Jurusan Seni Rupa. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1(1), 75–86. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i1.1871.

Pramana, Tegeh, & Agung. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Kelas VI di SD N 2 Banjar Bali Tahun 2015/2016. Edutech Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7631.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. Jurnal Aksioma, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95.

Puspitasari, & Murda. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran IOC Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19470.

Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385/pdf.

Putra, I. G. D., & Sujana. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal of Educational Technology, 4(1), 103–109. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099.

Rosidah, A. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.499.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tenggah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Saiboon, I. M., MSurg, Nurmaimun, Noriani, Shamsuddin, N. S., & Johar, M. (2021). Effectiveness of Self-Directed Small-Group-Learning Against Self-Directed Individual-Learning Using Self-Instructional-Video in Performing Critical Emergency Procedures Among Medical Students in Malaysia: A Single-Blinded Randomized Controlled Study. Clinical Simulation in Nursing, 56(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ecns.2021.02.006.

Salim Nahdi, D., & Cahyaningsih, U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sd Kelas V Dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119.

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407.

Santoso, P. (2019). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Model Assure Untuk Membantu Guru Dalam Pembelajaran Fisika Tentang Alat Ukur Listrik. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(2), 235. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i2.319.

Sarnoko, Ruminiati, & Setyosari, P. (2016). Penerapan Pendekatan Savi berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6524.

Sastrawan, W., Sedanayasa, & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered head Together (NHT) dengan Bantuan Media Software Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus III Desa Bengkel Kecamatan Busung Biu. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2308.

Sitompul, Setiawan, & Purba. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Desain Sistem Instruksional Pendekatan Tpack. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan, 4(2), 141–146. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8761.

Soucy, J. N., Owens, V. A. M., Hadjistavropoulos, H. D., Dirkse, D. A., & Dear, B. F. (2016). Educating patients about Internet-delivered cognitive behaviour therapy: Perceptions among treatment seekers and non-treatment seekers before and after viewing an educational video. Internet Interventions, 6, 57–63. https://doi.org/10.1016/j.invent.2016.09.003.

Suartama, I. K. (2016). Materi 4 Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran Oleh : I Kadek Suartama Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2016. (September), 1–18.

Sudarma, & Dkk. (2015). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukmanasa, Windiyani, & Novita. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138.

Sunismi. (2015). Developing Guided Discovery Learning Materials Using Mathematics Mobile Learning Application As An Alternative Media For The Students Calculus II. Cakrawala Pendidikan, 34(3), 334–346. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340.

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covide-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732.

Utari, R. (2016). Kontribusi Motivasi Belajar Dan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas 1 Teknik Audio Video Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Pkdle Di Smk N 1 Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(oktober 2016), 108–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2877.

Van Alten, D. C. D., Phielix, C., Janssen, J., & Kester, L. (2019). Effects of flipping the classroom on learning outcomes and satisfaction: A meta-analysis. Educational Research Review, 28(June), 1–18. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.05.003.

Vivitri, M., & Sunardi, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar dengan Mengoptimalkan Metode Ekspositori Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 152–163. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2898.

Wahyuni, I., Slameto Slameto, & Setyaningtyas, E. W. (2018). Penerapan Model PBL Berbantuan Role Playing untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 356–363. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16152.

Yayuk, & Sugiyono. (2019). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan biaya pendidikan terhadap kualitas proses belajar mengajar dan dampaknya dengan kompetensi lulusan SMK di kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 84–96. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.23758.

Yildiz, S., & Ersan, Y. (2011). A study on pc - video games in terms of the space awareness from childhood to youth. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.145.

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.

Yudha, Pudjawan, & Tegeh. (2017). Pengembangan Video Matembang Sekar Alit Berbasis Model Direct Instruction DI SMP Negeri 5 SINGARAJA. Jurnal Edutech Undiksha, 5(1), 19–27. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20198.

Yuniarni, Sari, & Atiq. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.

Yusri. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas X di SMAN I Dekai Kabupaten Yahukimo. Ilkom Jurnal Ilmiah, 8(1), 49–56. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i1.22.49-56.

Downloads

Published

2021-02-28

How to Cite

Nopiantari, I. G. A. A., & Agung, A. A. G. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Video Pembelajaran pada Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Bermuatan Masalah Sosial. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 75–84. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32058

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)