Model dan Implementasi e-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Pembelajaran Perangkat Keras

Authors

  • Risma Wiwiwta STKIP Pesisir Selatan, Sumatra Barat, Indonesia
  • Revi Hanadayani STKIP Pesisir Selatan, Sumatra Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.52505

Keywords:

Model, Implementasi, Media Pembelajaran, E-Modul Interktif, Android

Abstract

Proses pembelajaran tatap muka masih kurang memanfaatkan media dan menggunakan Modul Teks. Maka diperlukan pemilihan media pembelajaran yang tepat, salah satu media yang dapat dikembangkan ialah media pembelajaran interaktif. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media interaktif yang berupa format APK yang dapat dijalankan pada smartphone android pada pembelan perangkat keras kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini memilih metode D&D, metode Richey and Klein, data deskriptif yang menggunakan skala liker. Subjek penelitian berjumlah 4 orang terdiri dari 2 ahli materi dan 2 ahli media pembelajaran serta. Subjek uji coba yaitu siswa kelas VII sekolah menengah pertama berjumlah 27 siswa. Metode mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif digunakan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi pembelajaran dengan skor 4,70 persentase 94,74% (kategori sangat valid). Media pembelajaran dengan skor 4.8 persentase 96% (kategori sangat valid). Skor kepraktisan siswa yaitu 4,56 persentase 91.62% (sangat valid). Disimpulkan bahwa media pembelajaran e-Modul interaktif berbasis android pada pembelajaran perangkat keras komputer valid digunakan untuk membantu kendala dalam pembelajaran.

References

Adifta, E. D., Murni, A., & Roza, Y. (2022). Desain Perangkat Pembelajaran Daring Menggunakna Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEAM pada Materi Barisan dan Deret. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 98–105. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54346.

Aisyah, S., & Muhammad Alif Kurniawan. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 48–56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195. DOI: https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195

Al Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4473. DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4473

AlAjmi, M. K. (2022). The impact of digital leadership on teachers’ technology integration during the COVID-19 pandemic in Kuwait. International Journal of Educational Research, 101928. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijer.2022.101928. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijer.2022.101928

Alfitriani, A., & Hutabri, E. (2017). Kepraktisan dan Keefektifan Modul. In Jurnal Kependidikan (Vol. 1, Issue 1, pp. 12–23). https://www.researchgate.net/profile/Adlia-Alfiriani/publication/327184910_Module/links/5b7eba7d92851c1e122a378e/Module.pdf. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v1i1.10896

Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Education and Development, 8(2), 381–389. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1727.

Ariyanto, L., Rahmawati, N. D., & Haris, A. (2020). Pengembangan Mobile Learning Game Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. JIPMat, 5(1), 36–48. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5478. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5478

Asmawati, E. (2020). The Effect of Using Simple Aircraft Concrete Media on the Mastery of Concepts in Inquiry Science Learning in Elementary School Students. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 12(2), 150–168. https://pdfs.semanticscholar.org/8b60/5d83476145f1bfc26c989ade13dcf879db68.pdf. DOI: https://doi.org/10.18326/mdr.v12i2.150-168

Buchori, A. (2019). Pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemecahan masalah kemampuan matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094

Bus, A. G., Neuman, S. B., & Roskos, K. (2020). Screens, Apps, and Digital Books for Young Children: The Promise of Multimedia. AERA Open, 6(1), 233285842090149. https://doi.org/10.1177/2332858420901494. DOI: https://doi.org/10.1177/2332858420901494

Cassum, S., Mansoor, K., Hirji, A., David, A., & Aijaz, A. (2020). Challenges in Teaching Palliative Care Module Virtually during COVID-19 Era. Asia-Pacific Journal of Oncology Nursing, 7(4), 301–304. https://doi.org/10.4103/apjon.apjon_42_20. DOI: https://doi.org/10.4103/apjon.apjon_42_20

Chan, B. S. K., Churchill, D., & Chiu, T. K. F. (2017). Digital Literacy Learning In Higher Education Through Digital Storytelling Approach. Journal of International Education Research (JIER), 13(1), 1–16. https://doi.org/10.19030/jier.v13i1.9907. DOI: https://doi.org/10.19030/jier.v13i1.9907

Cloonan, M. R., Cloonan, D. J., Lynn Schlitzkus, L., & Fingeret, A. L. (2020). Learners with Experience in Surgical Scrub Benefit from Additional Education with an Interactive E-Learning Module. Journal of the American College of Surgeons, 231(4), e196. https://doi.org/10.1016/j.jamcollsurg.2020.08.521. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jamcollsurg.2020.08.521

Damayanti, K. D., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android dalam Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Siswa Kelas VI. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(1), 81–89. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.46132 Multimedia. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.46132

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb Unj. Jurnal PenSil, 7(2), 95–104. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6. DOI: https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6

Dewi, S. L., Asri, I. G. A. S., & Ganing, N. N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 316–324. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27372. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27372

Ellysia, A., & Irfan, D. (2021). Pengembangan e-Modul Dengan Flip PDF Professional pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(3), 91–96. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.113525. DOI: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.113525

Febrista, D., & Efrizon, E. (2021). Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Vidio. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(3), 102. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.113750. DOI: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.113750

Febriyandani, R. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 323–330. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447

Gupta, T. M., Rana, J., Sharma, S., Agarwal, N., & Kumar, S. (2022). E-learning modules have been an effective tool during COIVD-19 pandemic to manage employee psychosocial issues at IndianOil. Safety and Health at Work, 13, S106. https://doi.org/10.1016/j.shaw.2021.12.1085. DOI: https://doi.org/10.1016/j.shaw.2021.12.1085

Harwood, A. R. G., & Revell, A. J. (2017). Parallelisation of an interactive lattice-Boltzmann method on an Android-powered mobile device. Advances in Engineering Software, 104, 1339–1351. https://doi.org/10.1016/j.advengsoft.2016.11.005. DOI: https://doi.org/10.1016/j.advengsoft.2016.11.005

Ilham, A., & Huda, Y. (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Media Google Classroom Pada Mata Pelajaran Penerapan Sistem Radio dan Televisi. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(2), 147. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.112530. DOI: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.112530

Kurniawan, F. Y., Siahaan, S. M., & Hartono, H. (2020). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adventure game pada materi prinsip animasi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 183–195. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.28488. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.28488

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Doubleclick: Journal of Computer and Information Technology. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540. DOI: https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Muhammad Roy Aziz Haryana, Sony Warsono, Didi Achjari, E. N. (2022). No Title. The International Journal of Management Education, 20(3), 100657. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100657. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100657

Mulyadi, M., Atmazaki, A., & Syahrul, R. (2019). The Development of Interactive Multimedia E-Module on Indonesia Language Course. In 1st International Conference on Innovation in Education (ICoIE 2018), 291–295. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.65. DOI: https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.65

Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Muzaffar, A., Ragab Hassen, H., Lones, M. A., & Zantout, H. (2022). An in-depth review of machine learning based Android malware detection. Computers and Security, 121, 102833. https://doi.org/10.1016/j.cose.2022.102833. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cose.2022.102833

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975

Priatna, T. (2018). Inovasi Pembelajaran Pai Di Sekolah Pada Era. Jurnal TATSQIF (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan), 16(1), 16–41. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.158. DOI: https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.158

Rachmadtullah, R., Ms, Z., & Sumantri, M. S. (2018). Development of computer - based interactive multimedia : study on learning in elementary education. 7(4), 2035–2038. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384. DOI: https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384

Riyanto, W. D. (2017). The Effectiveness of Interactive Multimedia in Mathematic Learning. (Utilizing Power Points for Students with Learning Disability). International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 1(1), 55–63. https://103.23.224.239/ijpte/article/view/8400. DOI: https://doi.org/10.20961/ijpte.v1i1.8400

Rofiyadi, Y. A., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Modul Interaktif Berbasis Android Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(2), 54. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2575. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2575

Saifudin, M. F., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 68–77. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1683871&val=11409&title=Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p068

Saputra, I. M. P., & Semara, K. N. D. B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Model Hannafin And Peck Bermuatan Ipa Kelas IV. Mimbar Ilmu, 26(1), 88–98. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32085. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32085

Sinaga, P., Setiawan, W., liana, M. (2022). No Title The impact of electronic interactive teaching materials (EITMs) in e-learning on junior high school students’ critical thinking skills. Physics Education, Universitas Pendidikan Indonesia. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101066. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101066

Soriano, A., Marín, L., Vallés, M., Valera, A., & Albertos, P. (2014). Low cost platform for automatic control education based on open hardware. IFAC Proceedings Volumes (IFAC-PapersOnline), 19, 9044–9050. https://doi.org/10.3182/20140824-6-za-1003.01909. DOI: https://doi.org/10.3182/20140824-6-ZA-1003.01909

Sulistyorini, S., & Listiadi, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ispring Suite 10 Berbasis Android pada Materi Jurnal Penyesuaian di SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2116–2126. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2288. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2288

Villatoro, T., Lackritz, K., & Chan, J. S. Y. (2019). Case-Based Asynchronous Interactive Modules in Undergraduate Medical Education. Academic Pathology, 6, 2374289519884715. https://doi.org/10.1177/2374289519884715. DOI: https://doi.org/10.1177/2374289519884715

Wirantini, P. N., Novi, I. G. N. A., & Margunayasa, I. G. (2022). Media Pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif pada Topik Siklus Air. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 42–51. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.46558.

Wiwita, R. (2019). Penerapan perangkat pembelajaran berbasis proyek mata diklat sistem operasi jurusan TKJ. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(2), 139–148. https://doi.org/10.34125/kp.v7i1.713. DOI: https://doi.org/10.34125/kp.v4i2.411

Wulandari, T. A. J., Sibuea, A. M., & Siagian, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(1), 75–86. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i1.12524. DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i1.12524

Zinnurain, Z. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Flip Pdf Corporate Edition Pada Mata Kuliah Manajemen Diklat. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 132–139. https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.546. DOI: https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.546

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Risma Wiwiwta, & Revi Hanadayani. (2022). Model dan Implementasi e-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Pembelajaran Perangkat Keras. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 280–289. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.52505

Issue

Section

Articles