PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 MELAYA

I Made Andreano Deny Putra ., I Komang Sudarma,S.Pd, M.Pd. ., Dr. I Made Tegeh, S.Pd., M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dari hasil belajar siswa karena kurangnya penggunaan media yang menunjang dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan desain pengembangan multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash 8 dengan model penelitian pengembangan 4-D (Four-D) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia; (2) menguji validitas hasil pengembangan media pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia untuk siswa semester genap kelas VIII SMP 1 Melaya; dan (3) mengetahui efektivitas penggunaan pengembangan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII semester genap di SMP Negeri 1 Melaya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D (Four-D). Pada tahap desain telah dilaksanakan pembuatan rancangan spesifikasi secara rinci mengenai menyusun teks acuan patokan seperti instrumen dan soal obyektif setelah itu menentukan pemilihan media, pemilihan format, dan rancang awal produk yang akan di kembangkan kebutuhan sebagai acuan alur pengembangan produk. Desain ini digunakan untuk mengembangkan sebuah produk media pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia kelas VIII. Analisis data menggunakan tiga teknik yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif, teknik analisis deskriptif naratif, dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Desain pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menjelaskan tes acuan pokok, pemilihan media, pemilihan format dan rancangan awal Hasil evaluasi ahli isi dan Ahli desain mendapatkan kualifikasi nilai sangat baik sehingga media valid dan dilanjutkan ke ahli media yang mendapatkan kualifikasi baik. Hasil uji perorangan sebesar 98,6% dan hasil uji kelompok kecil sebesar 94,2% masing-masing pada kualifikasi sangat baik serta hasil uji lapangan sebesar 96% pada kualifikasi sangat baik sehingga media dikatakan valid untuk diuji cobakan. Penghitungan hasil belajar t hitung lebih besar daripada harga t tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa setelah menggunakan media (88,6) lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan media (55,33). Dengan demikian, penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Melaya ini memperoleh kesimpulan yaitu penggunaan media pembelajaran interaktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas VIII.
Kata Kunci : multimedia interaktif, model pengembangan 4-D

This research is motivated by the problems of student learning outcomes because of the lack of use of media that support the learning process. This research aimed at: (1) describing the development of Macromedia Flash 8 interactive multimedia design through 4-D (Four D) on Bahasa Indonesia subject; (2) testing the validity of the result of the eighth grade students in the second semester in SMP Negeri 1 Melaya; and (3) knowing the effectiveness of using the development of interactive multimedia to the results on learning Bahasa Indonesia of the eighth grade students in the second semester in SMP Negeri 1 Melaya. The model of this research was 4-D (Four D). In the stage of design, the instruments and objective questions were made. Then, it was continued by choosing the form and the design of product which was developed. The design was used to develop learning media for the eighth grade students in Junior High School. The techniques used were qualitative descriptive, narrative descriptive and quantitative descriptive. Design development of multimedia interactive learning explains the basic reference test , media selection , selection of formats and the initial draft. The results from the experts in content and design showed that the media was valid. Besides, the percentage of individual test reached 98.6% and small group test reached 94.2%. Therefore, the media could be used to conduct the research. In addition, the analysis of t-test was higher than t-table, so H0 was rejected and H1 was accepted. The mean score of students after using media (88.6) was higher than the mean score before using the media (55.33). It could be concluded that the use of interactive multimedia gave positive and significant effect on the result of learning Bahasa Indonesia subject in the eighth grade.
keyword : interactive multimedia, developmental design of 4-D

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by: