PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MULTIMEDIA DESIGN MODELPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDUKELAS IV SEMESTER I

I Gede Artanaya, Desak Putu Parmiti, Luh Putu Putrini Mahadewi

Abstract


Media pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu merupakanmedia yang belum ada dan perlu dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmendeskripsikan proses rancang bangun dan validitas pengembangan mediapembelajaran interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan denganmenggunakan model Multimedia Design Model. Subyek validasi produk terdiri dari ahli isimata pelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli desain pembelajaran. Selanjutnyaproduk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap yaitu uji perorangan, uji kelompokkecil, dan uji lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian iniadalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian ini adalah mendeskripsikan proses rancang bangun dan validitaspengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Pendidikan AgamaHindu kelas IV semester I di SD No 3 Banjar Jawa. Proses rancang bangun mediapembelajaran interaktif terdiri dari empat tahap yaitu analysis, design, production, danevaluation. Validitas pengembangan media pembelajaran interaktif diperolehberdasarkan data dari kuisioner yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dandikonversi ke dalam PAP skala 5. Hasil analisis menunjukkan: 1) media pembelajaranditinjau dari ahli isi mata pelajaran termasuk kategori sangat valid dengan persentase95,29%, 2) media pembelajaran ditinjau dari aspek desain pembelajaran termasukkategori sangat valid dengan persentase 94,11%, 3) media pembelajaran ditinjau dariaspek media pembelajaran termasuk kategori sangat valid dengan persentase 93,33%,4) uji coba perorangan dengan kategori sangat valid (92,50%), uji coba kelompok kecildengan kategori sangat valid (91,89%), dan uji coba lapangan dengan kategori sangatvalid (93,19%).Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran interaktif, multimedia design model,agama hindu

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v1i2.935

Article Metrics

Abstract view : 89 times
PDF file view : 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

                 

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Berasosiasi dengan:

 

ASOSIASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN INDONESIA


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by: