PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PAGE PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGOLAHAN INFORMASI (KKPI) KELAS X SEMESTER GENAP DI SMK NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Putu Wedastama, Ketut Pudjawan, I Made Tegeh

Abstract


Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web page ini dikarenakan kurangnyapemanfaatan media di sekolah, rendahnya kualitas belajar siswa dari kriteria ketuntasan minimal,kurangnya kemampuan guru untuk membuat media dan masih menggunakan cara lama dalammengajar, dan merupakan tuntutan sebagai teknolog pembelajaran untuk mengembangkan mediaguna membantu guru dan siswa dalam pemecahan masalah pembelajaran. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui proses rancang bangun pengembangan media dan hasil review dari para ahli sertauji coba media yang diterapkan pada mata pelajaran KKPI. Media ini dikembangkan dengan modelADDIE. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan metode angket yangselanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatifdan dikonversikan dengan PAP skala 5 (lima). Subjek review terdiri dari satu ahli isi mata pelajaran,satu ahli media pembelajaran, dan satu ahli desain pembelajaran, sedangkan subjek uji coba terdiridari tiga siswa untuk uji coba perorangan, 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 30 siswa untukuji coba lapangan. Proses rancang bangun pengembangan media ini dilakukan melalui beberapatahapan yaitu 1) Analyze, yaitu proses mengidentifikasi masalah pada tempat yang dijadikan samplepenelitian. 2) Design, merupakan tahap menentukan software dan pembuatan rancangan alur media.3) Development, adalah tahap pembuatan media sesuai dengan rancangan media pada tahapdesain. 4) Implementation, tahap untuk menginstall program atau media dan penilaian dari para ujiahli dan 5) Evaluation adalah tahap untuk melihat keberhasilan dan kelayakan media. Hasil reviewahli dan hasil uji coba yaitu 1) ahli isi mata pelajaran mencapai 96,92% kategori sangat baik, 2) ahlidesain pembelajaran mencapai 72,30% kategori cukup baik, 3) ahli media pembelajaran mencapai90,43% kategori sangat baik, 4) hasil uji coba perorangan mencapai 96,92% kategori sangat baik, 5)hasil uji coba kelompok kecil mencapai 90,25% kategori sangat baik, 6) hasil uji coba lapanganmencapai 92,35% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil review ahli dan uji coba produk, mediapembelajaran ini layak dan dapat dipergunakan di SMK Negeri 2 Singaraja, kelas X semester genap.Kata kunci: pengembangan, media interaktif, web page

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v1i2.940

Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF file view : 373 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

                 

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Berasosiasi dengan:

 

ASOSIASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN INDONESIA


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by: