PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDUPADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 1 MELAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.942Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena adanya permasalahan mengenaiketerbatasan media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan AgamaHindu di SMP Negeri 1 Melaya.Penelitian ini bertujuan untuk (1)menggambarkan rancang bangun multimedia pembelajaran interaktif yangdikembangkanpada mata pelajaran pendidikan agama hindu, (2) mengetahuikualitas hasil pengembangan multimedia pembelajaran yangdikembangkanpada mata pelajaran pendidikan agama hindu dilihat dariaspek isi mata pelajaran, media dan desain pembelajaran. Model penelitianini adalah penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Luther.Metode yang digunakan untuk mengetahui kualitas produk pengembanganini adalah pengumpulan data, sedangkan instrumen pengumpulan data yangdigunakan berupa angket atau kuesioner yang selanjutnya dianalisis denganteknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah(1) Proses rancang bangun multimedia pembelajaran interaktif ini melaluienam tahapan yaitu: (a) konten media, (b) mendesaian produk, (c)pengumpulan materi, (d) perakitan produk, (e) uji coba produk, dan (f)distribusi produk. (2) Kualitas modul ini ditinjau dari ahli isi mata pelajarantermasuk kriteria sangat baik dengan presentase tingkat pencapaian 96%,ditinjau dari ahli media pembelajaran termasuk kriteria sangat baik denganpresentase tingkat pencapaian 90%, ditinjau dari ahli desain pembelajarantermasuk kriteria baik dengan presentase tingkat pencapaian 83,33%,ditinjau dari uji coba perorangan termasuk kriteria sangat baik denganpresentase tingkat pencapaian 92,22%, ditinjau dari uji coba kelompok keciltermasuk kriteria sangat baik dengan presentase tingkat pencapaian93,88%, dan ditinjau dari uji coba kelas termasuk kriteria sangat baikdengan presentase tingkat pencapaian 93,50%. Oleh karena itu, multimediayang dihasilkan dapat dikatakan sudah layak pakai karena sudah valid.Kata kunci: pengembangan, multimedia interaktif, agama hinduDownloads
Published
2013-07-08
How to Cite
I Kadek Suartama, A. G. C. U. I. W. K. (2013). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDUPADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 1 MELAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.942
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)