PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VII SEMESTER GENAP DI MTSN PATAS KECAMATAN GEROGAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Khumaira, I Komang Sudarma, Desak Putu Parmiti

Abstract


Penelitian pengembangan ini memiliki dua rumusan masalah yaitu: 1) bagaimana rancang bangun MediaPresentasi Pembelajaran yang dikembangkan, dan 2) bagaimana kualitas hasil pengembangan MediaPresentasi Pembelajaran. Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk: 1)mengetahui hasil rancang bangun Media Presentasi Pembelajaran yang dikembangkan, 2) mengetahuikualitas hasil pengembangan Media Presentasi Pembelajaran yang dikembangkan. Model penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Rancang bangun pengembangan produk iniberupa flow chart dan story board yang bersifat konseptual dan mendasari pembuatan Media PresentasiPembelajaran. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan metode angketyang selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis deskriptifkualitatif. Subyek coba terdiri dari satu ahli isi/materi bidang studi, satu ahli media pembelajaran, satuahli desain pembelajaran, enam siswa untuk uji perorangan, dua belas siswa untuk uji kelompok kecil.Hasil penelitian ini adalah Media Presentasi Pembelajaran yang layak pakai sesuai dengan karakteristiksiswa. Hasil validasi data menunjukkan tingkat pencapaian media ini adalah (1) uji ahli isi/materi bidangstudi berapa pada kualifikasi sangat baik (persentase = 92,3%), (2) uji ahli media pembelajaran beradapada kualifikasi baik (persentase = 84 %), (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi baik(persentase = 88 %), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi baik (persentase = 87,67%), dan(5) uji kelompok kecil berada pada kualifikasi baik (persentase = 85%). Berdasarkan hasil tersebut dapatdisimpulkan kualitas Media Presentasi Pembelajaran baik dan dapat digunakan di MTsN Patas kelas VIIsemester II.Kata kunci : pengembangan, media presentasi pembelajaran, seni budaya

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v1i2.944

Article Metrics

Abstract view : 118 times
PDF file view : 413 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

                 

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Berasosiasi dengan:

 

ASOSIASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN INDONESIA


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by: