Pengembangan Panduan Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Penilaian Portofolio pada Keterampilan Menulis Siswa SD

Authors

  • Ni Putu Yuni Widyawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.35253

Keywords:

TTW, Penilaian portofolio, Keterampilan Menulis

Abstract

Keterampilan menulis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis penilaian portofolio pada keterampilan menulis siswa SD. Panduan ini merupakan instrumen bagi guru SD dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Jenis penelitian ini adalah development research dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner untuk memeroleh data dari pakar dan praktisi tentang acceptability panduan pembelajaran TTW. Kuesioner ini terdiri dari 24 item yang meliputi aspek kegunaan (utility), kelayakan (feasibility), dan ketepatan (accuracy). Analisis data pada penelitian ini menggunakan formula perhitungan content validity (CV) yang dikembangkan oleh Gregory. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa keterterimaan panduan pembelajaran model Think Talk Write (TTW) berbasis penilaian portofolio pada keterampilan menulis siswa SD dinyatakan valid. Panduan pembelajaran Think Talk Write berbasis penilaian portofolio pada keterampilan menulis siswa SD memperoleh hasil uji validitas dengan kategori sangat tinggi, dan uji reliabilitas instrumen pedoman pembelajaran dengan kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa panduan pembelajaran Think Talk Write berbasis penilaian portofolio dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis.

Author Biographies

I Ketut Gading, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Dasar

I Gede Margunayasa, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Dasar

References

Adeninawaty, D., Soe’oed, R., & Ridhani, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Diglosia, 1(2), 75–78. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30872/Diglosia.V1i2.11. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.pp75-88

Adnyana, I. B. A., Sutarma, I. G. P., & Mandia, I. N. (2015). Pengembangan Model dan Perangkat Pembelajaran Menulis Kreatif Berbais Metode Quantum Writing. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 686–692. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V4i2.6065. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i2.6065

Afthina, H., Mardiyana, M., & Pramudya, I. (2017). The Comparison of Think Talk Write and Think Pair Share Model with Realistic Mathematics Education Approach Viewed from Mathematical-Logical Intelligence. International Journal Of Science And Applied Science: Conference Series, 2(1), 181. Https://Doi.Org/10.20961/Ijsascs.V2i1.16706. DOI: https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16706

Agung, A. A. G. (2016). Statistik Dasar Untuk Pendidikan. Deepublishing.

Alamargot, D., Caporossi, G., Chesnet, D., & Ros, C. (2011). What Makes A Skilled Writer? Working Memory and Audience Awareness during Text Composition. Learning And Individual Differences, 21(5), 505–516. Https://Doi.Org/10.1016/J.Lindif.2011.06.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.lindif.2011.06.001

Angriani, A. D., Bernard, B., Nur, R., & Nurjawahirah, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write pada Peserta Didik Kelas VIII1 Mtsn Model Makassar. Mapan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), 11–28. Https://Doi.Org/10.24252/Mapan.2016v4n1a2. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a2

Arifin, A. Z., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Think Talk Write Berbantu Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis. International Journal Of Elementary Education, 3(3), 301. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V3i3.19415. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19415

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian Edisi Revisi. Bhineka Cipta.

Arista, Pn. L. P. Y., & Putra, D. K. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write ( Ttw ) Berbasis Literasi Terhadap Keterampilan Menulis dalam Bahasa Indonesia. International Journal Of Elementary Education, 3(3), 284–292. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Ijee.V3i3.19413. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19413

Basuni, L. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menulis Pantun melalui Model Pembelajaran Example Non Example Siswa Kelas X Sma. Jurnal Ilmu Budaya, 2(1), 17–24. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30872/Jbssb.V2i1.849.

Dewi, D. A. P. H., Darsana, I. W., & Manuaba, I. . S. (2018). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbasis Penilaian Portofolio terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal For Lesson And Learning Studies, 1(3). Https://Doi.Org/10.23887/Jlls.V1i3.15387. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15387

Dewi, I. W. Y., Sumantri, M., & Riastini, P. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write ( Ttw ) Berbantuan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas III SD. E-Journal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V4i1.7523.

Harmey, S. J. (2020). Co-Constructing Writing: Handing Over The Reins to Young Authors. Education 3-13 International Journal Of Primary, Elementary And Early Years Education, 1–10. Https://Doi.Org/10.1080/03004279.2020.1732438. DOI: https://doi.org/10.1080/03004279.2020.1732438

Ismiyanto, P. S. (2016). Motivasi Berprestasi Mahasiswa: Implementasi Model Portofolio dalam Mata Kuliah Kajian Seni Rupa Anak. Jurnal Imajinasi, X(2), 39–50. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Imajinasi.V11i2.12816.

Karimah, I., Irianto, W. S. G., & Wirawan, I. M. (2017). Penerapan Penilaian Portofolio Pembelajaran Guru SMKN Di Kelas X pada Mata Pelajaran Pemrograman Web. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1482–1488. Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/Article/View/10178.

Krismasari Dewi, N. N., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal Of Education Technology, 3(4), 278. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V3i4.22364. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364

Kuntarto, E., & Gustina, R. (2019). Pelaksanaan Penilaian Portofolio di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 190–200. Https://Doi.Org/10.22437/Gentala.V4i2.8437. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8437

Muna, I. A. (2017). Asesmen Portofolio dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 119–132. Https://Doi.Org/10.21154/Ibriez.V2i1.29. DOI: https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.29

Nur Utami, K., & Mustadi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 14–25. Https://Doi.Org/10.21831/Jpk.V7i1.15492. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15492

Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2018). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa melalui Strategi Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 101–112. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V5i2.265. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.265

Nurbaity, N., Sondang, S., & Utomo, W. R. (2010). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam IPA Terpadu Menggunakan Penilaian Portofolio melalui Lesson Study di SMP Sekolah Alam Dan Sains Aljannah Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(6), 627. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V16i6.491. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i6.491

Nurkhan, N. (2016). Penilaian Kurikulum 2013 Melalui Pendampingan bagi Guru Sekolah. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24176/Re.V7i1.912. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v7i1.912

Pranata, I. K. A. K. (2013). Penggunaan Teknik 3-P untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita Berbasis 5w + 1h Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Undiksha, 1(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jjpbs.V1i1.282.

Ratnayanti, N. M. D., Jampel, I. N., & Sudana, D. N. (2016). Penerapan Metode Journalist Question (5w 1h) Berbantuan Media Foto Pribadi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Kelas III. Mimbar Pgsd Undiksha, 4(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V4i1.7004.

Subekti, E., & Sentono, T. (2016). Effektivitas Metode Pembelajaran Think-Talk-Write terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Bubut Siswa Kelas Xi Smk Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Taman Vokasi, 4(July), 1–23. Https://Jurnal.Ustjogja.Ac.Id/Index.Php/Tamanvokasi/Article/View/513. DOI: https://doi.org/10.30738/jtvok.v4i2.513

Sugiarti, N. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. B. G. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TTW ( Think Talk Write ) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Gugus 1 Kecamatan Kediri Tahun Ajaran 2013 / 2014 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fip Universitas. E-Journal Mimbar Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V2i1.3220.

Sujanto. (1998). Ketrampilan Berbahasa Membaca-Menulis-Berbicara untuk Mata Kuliah Dasar Umum Bahasa Indonesia. Depdikbud.

Sumarwati, S. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menulis Melalui Penerapan Pendekatan Proses di Kelas V Sekolah Dasar. Logat, 6(2), 151–167. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36706/Logat.V6i2.206.

Suparlan, S. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPA di SD/MI Kelas IV. Fondatia, 1(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36088/Fondatia.V1i2.104. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i2.104

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana University.

Trisnani, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SD Kelas V melalui Tipe Pembelajaran Think Talk Write (Ttw). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 92–102. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2020.V10.I2.P92-102. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p92-102

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Widyawati, N. P. Y., Gading, I. K., & Margunayasa, I. G. (2021). Pengembangan Panduan Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Penilaian Portofolio pada Keterampilan Menulis Siswa SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 137–144. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.35253

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)