Pengembangan Instrumen Pengukuran Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

I Komang Agus Andayana, I Gede Margunayasa, Kadek Yudiana

Abstract


Penelitian ini untuk mengembangkan instrumen motivasi belajar matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan menggunakan model 4D (four-D) yaitu define, design, develop & disseminate. Tetapi dalam penelitian ini dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design, & develop. Analisis validitas instrument menggunakan rumus CVR dan CVI. Uji reliabiltas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa terdapat 6 butir soal yang memiliki nilai CVR=0,50 yang dinyatakan tidak valid atau perlu revisi, dan 42 butir soal dinyatakan valid. Hasil uji validitas instrument menunjukkan bahwa CVI = 0,94 dinyatakan istimewa dan reliabilitas instrument ini adalah 0,960 dengan kategori sangat tinggi.

 

 


Keywords


Motivasi Belajar Matematika, Pengembangan Instrument, Penelitian dan Pengembangan

References


Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA.

Basuki, K. H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif.

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fakhria, Milcha;. (2019). Motivasi Berprestasi Siswa Ditinjau Dari Fasilitas Sosial Dan Ketakutan Akan Kegagalan. Journal of Chemical Information and Modeling.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamdu, Ghullam; Agustina, Lisa;. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Makmur, A. (2015). Efektifitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP N 10 Padangsidimpuan. Jurnal eduTech.

Mujiman, H. (2007). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rosa, Nadya Nela;. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Tanjak:Journal of Education and Teaching.

Siregar, E. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Siregar, Nani Restati;. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika : Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. 21st ed.Bandung

Sumarni, Y. (2018). Matematika Dalam Ilmu Manajemen. Jurnal Equation.

Thiagarajan, Sivasailan& Others. 1974. “Instructional Development for Training Teavhers of Exceptional Children: A Sourcebook.” Journal of School Psychology 14(1):75.

Tjalla, Awaluddin;. (2005). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau Dari. Temu Ilmiah Nasional Guru II (3).

Toding, W., David, L., & Cicilia, P. (2015). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal 2-Biomedik.

Uno, H;. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi AKsara.

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut.

Widiarti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ilmu-Ilmu Sosial Di SMA Negeri 2 Banguntapan, Bantul.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mpi.v2i2.37262

Article Metrics

Abstract view : 438 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Mimbar Pendidikan Indonesia is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id


Mimbar Pendidikan Indonesia is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Mimbar Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.