Dampak Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40204Keywords:
Model Pembelajaran Picture And Picture, Hasil Belajar IPA, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji besar pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA sudah banyak dilakukan, namun belum terdapat kajian lebih lanjut mengenai hasil-hasil penelitian tersebut untuk dirangkum dan dinilai kembali sehingga dapat menguatkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar efektivitas pengaruh model pembelajaran pcture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian library research dengan teknik analisis data yang digunakan adalah meta-analisis. Subjek penelitian ini adalah empat artikel yang berasal dari jurnal yang terakreditasi Sinta pada tahun 2013-2018. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka. Hasil analisis data artikel diperoleh besar effect size setiap artikel yaitu 2,62, 1,48, 0,34 dan 0,00038 yang berarti termasuk dalam kategori rendah, sedang dan tinggi. Perbedaan besar effect size dari artikel yang dianalisis disebabkan oleh tiga faktor yaitu faktor internal, faktor eksternal, dan faktor instrumen. Model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat diterapkan pada mata pelajaran apapun terutama mata pelajaran IPA. Ini dikarenakan model pembelajaran picture and picture menggunakan gambar sebagai media utamanya sehingga memudahkan siswa untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan hasil analisis keempat artikel tersebut menguatkan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa model pembelajaran picture and picture memberikan pengaruh efektif terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar.
References
Anggraini, R. D., Listyarini, I., & Huda, C. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Berbantu Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan. International Journal of Elementary Education, 3(1), 35–40. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17282
Arif, S. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar dan Minat Peserta Didik (Meta-Analisis Data). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3).
Aritonang, K. T. (2018). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p10-16
Astuti, T., Suwatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 240–251. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17633
Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2017). Refleksi Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Indonesia (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745
Febriyanti, N. W. E., Rati, N. W., & Murda, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16145
Gani, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran dan Persepsi tentang Matematika terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 337–343. DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1700
Handayani, N. M. D., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 176–182. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502
Harahap, D. G. S., Festiyed, & Ellizar. (2020). Meta-Analisis Penggunaan Model Pengembangan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development, 8(2). https://doi.org/10.37081/ed.v8i2.1744.
Haryadi, H. (2017). Efektifitas Strategi Pengajaran Edutainment Dengan Metode Picture And Picture Terhadap Konsentrasi Belajar Matematika Materi Pokok Himpunan Pada Siswa Kelas VII Mts. Darussalam Bermi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 81–98. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v3i2.167
Kurniati, N. M., Sudana, D. N., & Garminah, N. N. (2013). Pengaruh Metode Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Semester Genap di Gugus I Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.873.
Malihah, T., & Sabri, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Mensimulasikan Nilai-Nilai Persatuan Pada Masa Islam Di Indonesia Menggunakan Metode Simulasi. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 8(1), 121–134.
Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran IPA di indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61–69.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Paramita, N. M. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berorientasi Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa kelas V. Journal of Education Technology, 3(1), 1–5. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17957
Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPSD(Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1–14. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.1441
Purwani, N. P. R., Darsana, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(3), 165–172. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15955
Putri, Y. A., Usman, A., & Cahyati, M. T. (2019). Meta-Analisis Pengaruh penggunaan Model Inquiry Based Learning terhadap Kompetensi Keterampilan Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(1), 65–72. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/107423.
Rumondor, V. W. (2013). Motivasi, Disiplin Kerja, Dan Kepemimpinan Terhadap Produktivitas Kerja Pada Badan Kepegawaian Dan Diklat Daerah Minahasa Selatan. Jurnal EMBA, 1(4), 1042–1052.
Saudagar, F., & Idrus, A. (2009). Pengembangan Profesionalitas Guru. GP Press.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Suhardi, S. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD Pada Siswa Kelas VI. A Sd Negeri 019 Galang Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(3), 443–453.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group.
Tamara, R. M. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 44–55. DOI: https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3467
Tanjung, H. (2015). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan. Jurnal Ilmiah Managemen Dan Bisnis, 15(1), 32. https://doi.org/10.30596%2Fjimb.v15i1.964.
Tela, Yulian, V. N., & Budianingsih, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(01), 114. https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.464. DOI: https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.464
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.
Ulfa, S. ., Sabrun, S., & Agusfianuddin, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikasiswa Kelas VIIA SMPN 3 Sikur Pada Materi Pokok Pecahan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 5(1), 100–105. DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1553
Utami, N. M. Y., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 139–151. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19178
Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah, A. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1–6. DOI: https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1398
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.