Dampak Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Ayu Sriantini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali
  • Gede Wira Bayu Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40204

Keywords:

Model Pembelajaran Picture And Picture, Hasil Belajar IPA, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji besar pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA sudah banyak dilakukan, namun belum terdapat kajian lebih lanjut mengenai hasil-hasil penelitian tersebut untuk dirangkum dan dinilai kembali sehingga dapat menguatkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis besar efektivitas pengaruh model pembelajaran pcture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian library research dengan teknik analisis data yang digunakan adalah meta-analisis. Subjek penelitian ini adalah empat artikel yang berasal dari jurnal yang terakreditasi Sinta pada tahun 2013-2018. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka. Hasil analisis data artikel diperoleh besar effect size setiap artikel yaitu 2,62, 1,48, 0,34 dan 0,00038 yang berarti termasuk dalam kategori rendah, sedang dan tinggi. Perbedaan besar effect size dari artikel yang dianalisis disebabkan oleh tiga faktor yaitu faktor internal, faktor eksternal, dan faktor instrumen. Model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat diterapkan pada mata pelajaran apapun terutama mata pelajaran IPA. Ini dikarenakan model pembelajaran picture and picture menggunakan gambar sebagai media utamanya sehingga memudahkan siswa untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan hasil analisis keempat artikel tersebut menguatkan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa model pembelajaran picture and picture memberikan pengaruh efektif terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar.

Author Biographies

Ni Putu Ayu Sriantini, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali

PGSD

Gede Wira Bayu, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali

PGSD

I Gede Margunayasa, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali

PGSD

References

Anggraini, R. D., Listyarini, I., & Huda, C. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Berbantu Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan. International Journal of Elementary Education, 3(1), 35–40. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17282

Arif, S. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar dan Minat Peserta Didik (Meta-Analisis Data). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3).

Aritonang, K. T. (2018). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p10-16

Astuti, T., Suwatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 240–251. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17633

Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2017). Refleksi Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Indonesia (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745

Febriyanti, N. W. E., Rati, N. W., & Murda, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16145

Gani, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran dan Persepsi tentang Matematika terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 337–343. DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1700

Handayani, N. M. D., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 176–182. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502

Harahap, D. G. S., Festiyed, & Ellizar. (2020). Meta-Analisis Penggunaan Model Pengembangan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development, 8(2). https://doi.org/10.37081/ed.v8i2.1744.

Haryadi, H. (2017). Efektifitas Strategi Pengajaran Edutainment Dengan Metode Picture And Picture Terhadap Konsentrasi Belajar Matematika Materi Pokok Himpunan Pada Siswa Kelas VII Mts. Darussalam Bermi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 81–98. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v3i2.167

Kurniati, N. M., Sudana, D. N., & Garminah, N. N. (2013). Pengaruh Metode Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Semester Genap di Gugus I Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.873.

Malihah, T., & Sabri, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Mensimulasikan Nilai-Nilai Persatuan Pada Masa Islam Di Indonesia Menggunakan Metode Simulasi. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 8(1), 121–134.

Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran IPA di indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61–69.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Paramita, N. M. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berorientasi Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa kelas V. Journal of Education Technology, 3(1), 1–5. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17957

Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPSD(Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1–14. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.1441

Purwani, N. P. R., Darsana, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(3), 165–172. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15955

Putri, Y. A., Usman, A., & Cahyati, M. T. (2019). Meta-Analisis Pengaruh penggunaan Model Inquiry Based Learning terhadap Kompetensi Keterampilan Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(1), 65–72. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/107423.

Rumondor, V. W. (2013). Motivasi, Disiplin Kerja, Dan Kepemimpinan Terhadap Produktivitas Kerja Pada Badan Kepegawaian Dan Diklat Daerah Minahasa Selatan. Jurnal EMBA, 1(4), 1042–1052.

Saudagar, F., & Idrus, A. (2009). Pengembangan Profesionalitas Guru. GP Press.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Suhardi, S. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD Pada Siswa Kelas VI. A Sd Negeri 019 Galang Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(3), 443–453.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group.

Tamara, R. M. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 44–55. DOI: https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3467

Tanjung, H. (2015). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan. Jurnal Ilmiah Managemen Dan Bisnis, 15(1), 32. https://doi.org/10.30596%2Fjimb.v15i1.964.

Tela, Yulian, V. N., & Budianingsih, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(01), 114. https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.464. DOI: https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.464

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.

Ulfa, S. ., Sabrun, S., & Agusfianuddin, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikasiswa Kelas VIIA SMPN 3 Sikur Pada Materi Pokok Pecahan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 5(1), 100–105. DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1553

Utami, N. M. Y., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 139–151. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19178

Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah, A. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1–6. DOI: https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1398

Downloads

Published

2022-02-20

How to Cite

Sriantini, N. P. A., Bayu, G. W., & Margunayasa, I. G. (2022). Dampak Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar . Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40204

Issue

Section

Articles