Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di SD

Authors

  • I Gusti Ayu Devi Anom Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Analisis, Pembelajaran Diferensiasi, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi serta kendala-kendala yang dialami guru di SD selama penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dilakukan di SD khususnya di kelas I dan IV yang sudah menggunakan Kurikulum Merdeka. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru kelas I dan IV. Metode dan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SD Gugus I Nakula telah diterapkan dengan tiga strategi diferensiasi yaitu diferensiasi konten,  diferensiasi produk, dan diferensiasi lingkungan belajar. Namun pembelajaran berdiferensiasi belum diterapkan secara maksimal dan terdapat kendala-kendala yang dialami oleh guru yaitu kurangnya pengetahuan tentang pembelajaran berdiferensiasi, kurangnya keterampilan guru dalam bidang IT, kreativitas guru yang masih lemah, dan keterbatasan waktu dalam menyiapkan konten berdiferensiasi.

References

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Indragani, K. D. P., Astika, I. M., & Tantri, A. A. S. (2021). Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 482. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39865

Kemdikbud. (2021). Merdeka Belajar.

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.

Pertiwi, kartika eka. (2021). Efektivitas Pendekatan Differentiated Instruction Dalam Proses Pembelajaran. Ta’lim, 3(2), 21–34.

Schöllhorn, W. I. (2016). Invited commentary: Differential learning is different from contextual interference learning. Human Movement Science, 47, 240–245. https://doi.org/10.1016/j.humov.2015.11.018

Suandi, I. N. (2008). Metodologi Penelitian Bahasa. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudarto, Hafid, A., & Amran, M. (2021). Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/TemaIPA. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 1(1), 406–417.

Sugiyono. (2013). Metode Ppenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-ability Classrooms. Ascd.

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20.

Published

2024-03-01

How to Cite

Devi Anom Sari, I. G. A., Riastini, P. N. ., & Margunayasa, I. G. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di SD . Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/70048

Issue

Section

Articles