Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di SD
Keywords:
Analisis, Pembelajaran Diferensiasi, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi serta kendala-kendala yang dialami guru di SD selama penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dilakukan di SD khususnya di kelas I dan IV yang sudah menggunakan Kurikulum Merdeka. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru kelas I dan IV. Metode dan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SD Gugus I Nakula telah diterapkan dengan tiga strategi diferensiasi yaitu diferensiasi konten, diferensiasi produk, dan diferensiasi lingkungan belajar. Namun pembelajaran berdiferensiasi belum diterapkan secara maksimal dan terdapat kendala-kendala yang dialami oleh guru yaitu kurangnya pengetahuan tentang pembelajaran berdiferensiasi, kurangnya keterampilan guru dalam bidang IT, kreativitas guru yang masih lemah, dan keterbatasan waktu dalam menyiapkan konten berdiferensiasi.
References
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Indragani, K. D. P., Astika, I. M., & Tantri, A. A. S. (2021). Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 482. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39865
Kemdikbud. (2021). Merdeka Belajar.
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.
Pertiwi, kartika eka. (2021). Efektivitas Pendekatan Differentiated Instruction Dalam Proses Pembelajaran. Ta’lim, 3(2), 21–34.
Schöllhorn, W. I. (2016). Invited commentary: Differential learning is different from contextual interference learning. Human Movement Science, 47, 240–245. https://doi.org/10.1016/j.humov.2015.11.018
Suandi, I. N. (2008). Metodologi Penelitian Bahasa. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudarto, Hafid, A., & Amran, M. (2021). Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/TemaIPA. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 1(1), 406–417.
Sugiyono. (2013). Metode Ppenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-ability Classrooms. Ascd.
Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Gusti Ayu Devi Anom Sari, Putu Nanci Riastini, I Gede Margunayasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.