Dampak Positif Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Mind Mapping Terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar IPA

Authors

  • I Putu Fredy Andi Wiraputra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.60087

Keywords:

SAVI, Mind Mapping, IPA, Literasi, Hasil Belajar

Abstract

Literasi sains ditingkat sekolah dasar sangat rendah dan berdampak terhadap hasil belajar IPA yang masih berada di bawah rata-rata ketuntasan kriteria minimum untuk itu perlu menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap literasi sains dan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Data dikumpulkan dengan metode tes essay dan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (Anava dan Manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap literasi sains siswa kelas V diperoleh (Fhitung sama dengan 38,012 lebih dari Ftabel 3,96). 2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas v diperoleh (Fhitung sama dengan 42, 393 lebih dari Ftabel 3,96). Secara simultan terdapat pengaruh antara literasi sains dan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping pada siswa kelas V diperoleh F sama dengan 21, 028; p kurang dari 0,05. Simpulan penelitian ini menunjukkan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping memberikan dampak positif dan berkontribusi dalam meningkatkan literasi sains dan hasil belajar IPA.

References

Abrams, Z. I., & Byrd, D. R. (2016). The effects of pre-task planning on L2 writing: Mind-mapping and chronological sequencing in a 1st-year German class. System, 63. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.system.2016.08.011.

Adawiyah, R. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains Dalam Aspek Menjelaskan Fenomena Ilmiah Materi Pokok Energi. Indonesian Journal of Curriculum, 5(2), 112–121. https://www.learntechlib.org/p/209353/.

Ain, Q., & Mitarlis, M. (2020). Pengembangan Lkpd Berorientasi Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Materi Faktorfaktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 397–406. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p397-406.

Ainiah, siti nur, Afifuddin, & Hayat. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 1–208. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.530.

Amalia, M., Adiman, & Hastuti, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10885.

Amini, R. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Konsep Dasar IPA SD Menggunakan Pendekatan SAVI. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 34. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v15i1.5242.

Armiati, S. E., & Pahriah, P. (2015). Pengaruh Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (Savi) Dengan Media Puzzle Terhadap Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(2), 302. https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i2.688.

Arsana, I. K., Suarjana, M., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Mind Mapping berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 99–107. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18511.

Astawan. (2013).

Astuti, N. P. A. W., Ardana, I. K., & Suardika, I. W. R. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Gugus III Mengwi. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1231.

Atmaji, R. D., & Maryani, I. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V SD. Fundamental Pendidikan Dasar, 1(1), 28–34. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i1.687.

Azimi, R., & Sulhadi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar. Pancasakti Science Education Journal, 2(2), 145–157. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.754 .

Basam, F., Rusilowati, A., & Ridlo, S. (2018). Profil Kompetensi Sains Siswa dalam Pembelajaran Literasi Sains Berpendekatan Inkuiri Saintifik. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(1), 1. https://doi.org/10.24905/psej.v3i1.800.

Dewi, A. T. Y. R., & Negara, I. G. A. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ( SAVI ) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24577.

Dini, J. P. A. U. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun untuk Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3648–3658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1350.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122.

Gita Cemara, G. A., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran Terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 359. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895.

Harta, J., Ida Bagus Putu Arnyana, & Ni Ketut Suarni. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Kelas V SD GUGUS IV Kecamatan Gerokgak. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 270–280. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.394.

Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85–92. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527.

Kartika, N. M. D., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17.

Kusuma, N. E. A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning Tehadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa kelas V Semester Ganjil di Gugus XIV SD Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD. PGSD Undiksha., 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2287.

Laksana, D. N. L., Kurniawan, P. A. W., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Sd Kelas Iv Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 1–10. https://doi.org/0000-0003-4695-5403.

Liswati, T. W., Yuniarti, Y. sri, & Sakinah, N. G. A. P. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Literasi Numerasi. In Kemendikbudristek (pp. 1–59).

López-Bernabé, E., Foudi, S., & Galarraga, I. (2020). Mind the map? Mapping the academic, citizen and professional stakeholder views on buildings and heating behaviour in Spain. Energy Research & Social Science, 69. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.erss.2020.101587.

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333.

Mahendra, I. W. A., Rati, N. W., & Riastini, P. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Permainan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–5. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10885.

Mardhiyyah, L. A., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Tema Energi. Journal of Primary Education, 5(2), 147–154. https://doi.org/10.15294/JPE.V5I2.12905.

Mardiana, D., Teguh Supriyanto, R. ., & Pristiwati, R. (2021). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 1–18. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2519.

Martiasari, E., & Rosidah, A. (2021). Literasi Sains Pada Buku Teks Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional …, 3(3), 193–197. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/584%0Ahttps://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/download/584/473.

Merchie, E., & Van Keer, H. (2016). Mind mapping as a meta-learning strategy: Stimulating pre-adolescents’ text-learning strategies and performance? Contemporary Educational Psychology, 46, 128–147. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2016.05.005.

Meuthia, H., Efendi, R. N. J., & Ahmad, R. (2021). Aspek-Aspek Literasi Sains pada Buku Kurikulum 2013 Tema 1 Kelas IV SD. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(1), 86–98. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8667.

Ngurah Suragangga, I. M. (2017). Mendidik Lewat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195.

Novita, D., Sari, A., Rusilowati, A., Nuswowati, M., & Semarang, U. N. (2017). Pancasakti Science Education Journal. 2, 114–124.

Nurfaidah, S. S. (2017). Analisis Aspek Literasi Sains Pada Buku Teks Pelajaran IPA. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.5585.

Nuro, F. R. M., Suwandayani, B. I., & Majid, I. N. (2020). Penerapan Literasi Sains di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(2), 179–187. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.15189.

Perdana, R., Jumadi, J., Rosana, D., & Riwayani, R. (2020). The online laboratory simulation with concept mapping and problem based learning (Ols-cmpbl): Is it effective in improving students’ digital literacy skills? Cakrawala Pendidikan, 39(2), 382–394. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31491.

Prachagool, V., & Nuangchalerm, P. (2019). Investigating the nature of science: An empirical report on the teacher development program in Thailand. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 32–38. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.17275.

Pratiwi, N. P. S., & Margunayasa, I. G. (2022). E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Muatan IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46542.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.

Purnaningsih, W., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Kelas V SD. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 367–375. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.406.

Puspitarini, Y. D., Akhyar, M., & Djono. (2019). Development of Video Media Based on Powtoon in Social Sciences. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 198–205. https://doi.org/10.24331/ijere.518054.

Putra, I. K. D. A. S., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10711.

Qondias, Anu, & Niftalia. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Mapping SD Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 176--182. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8590.

Rahayu, M., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). Enhancement of Science Learning Outcomes through Two Stay Two Stray Learning Model Assisted with Mind Mapping Media. Journal of Education Technology, 4(3). https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.25688.

Rahayu, R, Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Rahayu, Rina, & Ismawati, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sebagai Upaya Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Smk. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(2). https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.706.

Rizal, M., Najmuddin, N., Iqbal, M., Zahriyanti, Z., & Elfiadi, E. (2022). Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi, 6(6), 6924 – 6939. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3415.

Rizqi, M., Degeng, I. N. S., & Suwignyo, H. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Sifat Cahaya Dengan Model SAVI. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 3(1), 15–20. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/204.

Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.2118.

Rosciano, A. (2015). The effectiveness of mind mapping as an active learning strategy among associate degree nursing students. Teaching and Learning in Nursing, 10(2). https://doi.org/10.1016/j.teln.2015.01.003.

Rusilowati, A., Kurniawati, L., Nugroho, S. E., & Widiyatmoko, A. (2016). Developing an instrument of scientific literacy asessment on the cycle theme. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5718–5727. https://eric.ed.gov/?id=EJ1115684.

Sakti, I., Nirwana, & Swistoro, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.35-42.

Saputra, R., Rochmiyati, S., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Perwujudan Keenam Profil Pelajar Pancasila Dalam Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pembuatan Tempat Pensil Sederhana Dari Botol Plastik Bekas. Elementary School, 10(1), 87 – 98. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i1.4077.

Shoimin, H. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzzmedia.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Sumaryatun, S., Rusilowati, A., & Nugroho, S. E. N. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Berbasis Literasi Sains Pada Materi Bioteknologi. Journal of Primary Education, 5(1), 66–73. https://doi.org/10.15294/JPE.V5I1.12894.

Susilawati, S., & Sridana, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Biota, 8(1), 27–36. https://doi.org/10.20414/jb.v8i1.56.

Syofyan, H., & Amir, T. L. (2019). Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA Untuk Calon Guru SD. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 35–43. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081.

Verawati, S., Prayogi, S., Gummah, A., Muliadi, M. Y., & Yusup. (2019). The Effect of Conflict-Cognitive Strategy in Inquiry Learning towards Pre-Service Teachers’ Critical Thinking Ability. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 529 – 537. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.21002.

W.N, D., F, H., & S, M. (2017). Peran Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21.

Wolcott, S. K., & Sargent, M. J. (2021). Critical thinking in accounting education: Status and call to action. Journal of Accounting Education, 56, 100731. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2021.100731.

Yantiningsih, N. M. S., Suastra, N. W., & Sanjaya, D. B. (2022). Pengembangan Instrumen Literasi Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD. 6(1).

Yudiari, M. M., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5683.

Yulianti, Cakrawala, J., Vol, P., & Juli, E. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.

Yuniarti, D., Abadi, I. B. G. S., & Wiyasa, I. K. N. (2019). Pengaruh Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Kuta Utara Badung Tahun Ajaran 2017/2018. Mimbar PGSD Undiksha, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16970.

Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436.

Downloads

Published

2023-04-25

How to Cite

Wiraputra, I. P. F. A. ., Suastra, I. W. ., & Sudiana, I. N. . (2023). Dampak Positif Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Mind Mapping Terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 124–133. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.60087

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)