Buku Cerita Bergambar Kearifan Lokal Arja Untuk Menananamkan Profil Pelajar Pancasila Pada Dimensi Berkebhinekaan Global

Penulis

  • Aniek Ferdiantini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Sariyasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60694

Kata Kunci:

Buku cerita bergambar, kearifan lokal, berkebhinekaan global

Abstrak

Dimensi profil pelajar pancasila belum berkembang dengan maksimal, khususnya dimensi berkebhinekaan global. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan buku cerita bergambar kearifan lokal arja untuk menanamkan dimensi berkebinekaan global pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pengembangan model 4D (Define, Design, Develope, dan Disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang dipilih melalui teknik random sampling. Data validitas diukur dengan melibatkan 6 orang ahli. Data kepraktisan diukur berdasarkan 3 respon guru dan 10 siswa. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan non tes. Teknik analisis data dengan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Data efektivitas produk diukur dengan menggunakan uji T-test. Hasil uji validasi terletak pada rentangan 0.6–1.00 dengan kategori sangat baik, dan uji kepraktisan berada pada rentang 4.50-5.00 dengan kategori sangat praktis serta uji efektivitas berada pada pada rentangan ES>0.8 dengan kategori efektivitas tinggi Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa buku cerita bergambar yang dikembangkan telah layak, praktis, dan efektif untuk menanamkan dimensi berkebhinekaan global pada profil pelajar Pancasila.

 

Referensi

Abidin, Z. (2016). Menanamkan Konsep Multikulturalisme di Indonesia. Jurnal Dinamika Global, 1(02), 123–140. https://doi.org/10.36859/jdg.v1i02.24.

Alpin Herman, S. (2022). Cerita Bergambar Berbasis Dilema Moral ( Alpin Herman Saputra). Wahana Didaktika, 20(3), 357–371.

Amalia, I., Artharina, F. P., & Kiswoyo, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar Dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Kelas I SDN Batursari 5 Mranggen Demak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2589–2595. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7005.

Amin, M. (2017). Pendidikan Multikultural. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 13–23. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.3.

Derson, D., & Gunawan, I. G. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Multikultur Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama), 1(1), 12. https://doi.org/10.25078/japam.v1i1.2317.

Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson And Learning Studies, 2. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321.

Hidayat, F., Marisa, C., & Hilaliyah, H. (2023). Internalisasi Profil Pelajar Pancasila untuk Sekolah Dasar melalui Pendekatan Sastra Anak. Prosiding Konferensi Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, 27(10), 18–28. https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6294.

Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553.

Kartika, M. Y., Ardhyantama, V., & Tisngati, U. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Tentang Mitigasi Bencana. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 76–86. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p76-86.

Lestariningrum, A., Andyastuti, E., Lailiyah, N., Wijaya, I. P., Yatmin, Y., & Karisma, D. Y. (2023). Pemanfaatan Buku Cerita Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Pancasila Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i1.416.

Luthpiana, S. V., Indihadi, D., & Mulyadiprana, A. (2021). Analisis Kebutuhan Buku Cerita Situs Gunung Padang Berbasis Profil Pelajar Pancasila di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 1008–1014. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41897.

Mastiah, M., Mutaqin, N. S., & Tirsa, A. (2021). Pengembangan Buku Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Suku Dayak Randuk. CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 7(1), 53. https://doi.org/10.30872/calls.v7i1.5113.

Murniayudi, H., & Sujarwo, S. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Karakter Peduli Sosial. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.28160.

Mutiara, A., Wagiran, W., & Pristiwati, R. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Elektronik Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2419–2429. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2455.

Nur, L., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 42–51. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051.

Purwaningsih, I., Oktariani, Hernawati, L., Wardarita, R., & Utami, P. I. (2019). Pendidikan Sebagai Sistem. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 10(1), 21–26.

Putri, Q. (2021). Desain Buku Cerita Anak Berbasis Nilai Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Teks Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1), 20. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v4i1.4812.

Putri, Q., Mudopar, M., & Rahayu, I. (2021). Desain Buku Cerita Anak Berbasis Nilai Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Teks Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1), 20. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v4i1.4812.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Ratnasari, A., Suryana, Y., & Apriliya, S. (2018). Buku Cerita Anak berbasis Kearifan Lokal Payung Geulis Tasikmalaya untuk Siswa SD. All Rights Reserved, 5(1), 274–285. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7374.

Ratnasari, E. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275.

Sanjaya, I. B. K., Darmada, I. M., & Suarta, I. M. (2022). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Bernuansa Budaya Lokal Untuk Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(2), 308–320. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i2.673.

Saputra, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.1684.

Sari, F. L., & Fatma, U. N. (2022). Nilai-Nilai Sila Persatuan Indonesia Dalam Keberagaman Kebudayaan Indonesia. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 79–85. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.7469.

Susanti, I. A., Handoyo, E., & Sumarti, S. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita IPS Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pada Tema Pahlawanku Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 6(2), 2515–2525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2448.

Sutarto, J. (2016). Pentingnya Pembelajaran Multikultural Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasi, 1(3), 1–13. https://doi.org/10.15294/edukasi.v13i1.947.

Winata, K. A., Fajrussalam, H., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2020). Implementasi Pendidikan Multikultural di Era Revolusi 4.0. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(2), 118–129. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.9.

Wirawan, I. P. H., Gunamantha, I. M., & Putrayasa, I. B. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berkearifan Lokal Subak Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 51–60. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.614.

Wisudawati, W., & Sumardi, A. (2023). Pengembangan Modul Cerita Fabel Bermuatan Nilai-Nilai Pancasila Berbasis Flipbook. Jurnal on Education, 05(04), 13789–13804. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2056.

Yunita, R. K. K., Laila, A., & Kurnia, I. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Anak. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 7(3), 358–368. https://doi.org/10.34125/kp.v7i3.839.

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

Ferdiantini, A., Sudiana, I. N., & Sariyasa. (2023). Buku Cerita Bergambar Kearifan Lokal Arja Untuk Menananamkan Profil Pelajar Pancasila Pada Dimensi Berkebhinekaan Global. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 391–400. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60694

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama