Media Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa

Penulis

  • Ni Komang Tri Handayani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.61599

Kata Kunci:

Articulate Storyline, Kearifan Lokal, Tri Hita Karana, Hasil Belajar

Abstrak

Ketersediaan media inovatif yang kurang dan rendahnya inovasi dalam pembelajaran sekolah menyebabkan guru mengandalkan buku paket sebagai sumber utama, berdampak pada hasil belajar PPKn siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media interaktif yang telah diuji dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian menggunakan pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian yakni dua dosen ahli, dua ahli praktisi, serta dua kelompok siswa sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dalam uji efektivitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan rumus Gregory modifikasi untuk mengukur keterterimaan media. Skor yang diperoleh keempat ahli adalah 1,00 dan respon siswa sebesar 4,8, yang menunjukkan tingkat keterterimaan yang sangat tinggi. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa skor rata-rata posttest kelompok kontrol adalah 78,23, sedangkan skor rata-rata posttest kelompok eksperimen adalah 85,87. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 4,630, yang nilainya lebih besar daripada nilai t tabel. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana berbantuan Articulate Storyline dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran serta secara signifikan mampu meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas V Sekolah Dasar.

Referensi

Abdurahman, & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049.

Anggraeni, R., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 96–101. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p096.

Astuti, T. A., Nurhayati, N., Ristanto, R. H., & Rusdi, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Biologi Pada Aspek Kognitif: Sebuah Meta-Analisis. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 67–74. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.473.

Baehaqi, M. L. (2020). Cooperative Learning Sebagai Strategi Penanaman Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 157–174. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.26385.

Candiasa, I. M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian Disertasi Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Undiksha Pers.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.

Firdawela, I., & Reinita, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Menggunakan Model Think Pair Share di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 99–112. https://doi.org/10.33369/pgsd.14.2.99-112.

Fuad, M., Efendi, A., & Muhammad, U. A. (2020). The Use of Pepaccur Local Wisdom for Indonesian Literary Teaching Materials. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 213. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.22779.

Hamidah. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. Forum Paedagogik, 11(1), 27–39. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v11i1.1776.

Husna, A., & Fajar, D. M. (2022). Development of Interactive Learning Media Based on Articulate Storyline 3 on Newton’s Law Material with a Contextual Approach at the Junior High School Level. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 4(1), 2022–2039. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v4i1.5857.

Indrayani, S. A. P., Japa, I. G. N., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Gugus Iv Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 76. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20811.

Juniari, I. G. A. O., & Putra, I. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model DDD-E Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 140–148. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091.

Lestari, W. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Andragogi pada Program Studi Pendidikan Biologi di Universitas Muhammadiyah Palembang. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 171–177. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.114.

Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 97–111. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26515.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26.

Maulidina, M. A., Susilaningsih, & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Junral Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(2), 113–118. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p113.

Muzaffar, A., Ragab Hassen, H., Lones, M. A., & Zantout, H. (2022). An in-depth review of machine learning based Android malware detection. Computers and Security, 121, 102833. https://doi.org/10.1016/j.cose.2022.102833.

Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 17–27. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.69.

Narayani, N. N. W., Suwatra, I. I. W., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran NHT Berbasis Tri Hita Karana terhadap Karakter dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20785.

Nookhong, J., & Wannapiroon, P. (2015). Development of Collaborative Learning Using Case-based Learning via Cloud Technology and Social Media for Enhancing Problem-solving Skills and ICT Literacy within Undergraduate Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174(2), 2096–2101. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.007.

Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip mayer pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–47. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752.

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Ipa Kelas Ivc Sd Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 148. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7649.

Rahmawati, T. N. (2020). Peluang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam Mewujudkan Pendidikan Yang Berbasis Multikultural. Jurnal Soshum Insentif, 86–91. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.225.

Saadah, I. N., Hadi, S., Budiyanto, M. A. K., Rahardjanto, A., & Hudha, A. M. (2022). Development of articulate storyline learning media to improve biology learning outcomes for junior high school students. Research and Development in Education (RaDEn), 2(2), 51–56. https://doi.org/10.22219/raden.v2i2.23232.

Saputri, E., Sari, M., Oktaviarini, N., & Sari, E. Y. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Interaktif Animasi Zepeto Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sdn Ii Ringinpitu. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(3), 277–284. https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i3.1166.

Schwan, S., Dutz, S., & Dreger, F. (2018). Multimedia in the wild: Testing the validity of multimedia learning principles in an art exhibition. Learning and Instruction, 55(November 2017), 148–157. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2017.10.004.

Setiyaningsih, G., Prasetyo, M. A. W., & Hidayah, D. U. (2019). Penerapan Aplikasi Media Pembelajaran pada SMP N 1 Nusawungu Berbasis Smartphone Android. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 246–256. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.365.

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Sururuddin, M., & Dkk. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143–148. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3848.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa. Mimbar Ilmu, 24(3), 299. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422.

Wahyuni, S., Ridlo, Z. R., & Rina, D. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Tata Surya. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(2), 99–110. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.24624.

Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602.

Yasa, I. M., Sukadi, & Margi, I. K. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Karakter berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana melalui Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas VI SD Lab Undiksha. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jiis.v8i1.36134.

Yolanda, S., Winarni, R., & Yulisetiani, S. (2022). The New Way Improve Learners’ Speaking Skills: Picture and Picture Learning Media Based on Articulate Storyline. Journal of Education Technology, 6(1), 173–181. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.41452.

Yuliana, Fatimah, S., & Barlian, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 36–46. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13875.

Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 96. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778.

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

Handayani, N. K. T., Gading, I. K., & Widiana, I. W. (2023). Media Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 528–536. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.61599

Terbitan

Bagian

Articles