Media Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.61599Kata Kunci:
Articulate Storyline, Kearifan Lokal, Tri Hita Karana, Hasil BelajarAbstrak
Ketersediaan media inovatif yang kurang dan rendahnya inovasi dalam pembelajaran sekolah menyebabkan guru mengandalkan buku paket sebagai sumber utama, berdampak pada hasil belajar PPKn siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media interaktif yang telah diuji dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian menggunakan pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian yakni dua dosen ahli, dua ahli praktisi, serta dua kelompok siswa sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dalam uji efektivitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan rumus Gregory modifikasi untuk mengukur keterterimaan media. Skor yang diperoleh keempat ahli adalah 1,00 dan respon siswa sebesar 4,8, yang menunjukkan tingkat keterterimaan yang sangat tinggi. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa skor rata-rata posttest kelompok kontrol adalah 78,23, sedangkan skor rata-rata posttest kelompok eksperimen adalah 85,87. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 4,630, yang nilainya lebih besar daripada nilai t tabel. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana berbantuan Articulate Storyline dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran serta secara signifikan mampu meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas V Sekolah Dasar.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ni Komang Tri Handayani, I Ketut Gading, I Wayan Widiana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)