Media Pembelajaran Bulletin Board Display Bermuatan Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Muatan IPA Subtema Manusia dan Lingkungan Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.62179Keywords:
Bulletin Display Board, Tri Hita Karana, Minat BelajarAbstract
Siswa mengalami penurunan hasil belajar dikarenakan kurangnya minat belajar, siswa cenderung malas belajar karena kurangnya interaksi dengan lingkungan sekolah khususnya dalam pembelajaran IPA.Tujuan penelitian untuk menciptakan media pembelajaran bulletin board display bermuatan tri hita karana untuk meningkatkan minat belajar siswa pada muatan ipa subtema manusia dan lingkungan kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan kuisioner. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 ahli materi, 2 ahli media, 1 guru dan 33 siswa. Data dikumpulkan melalui angket penilaian materi, penilaian media, respon guru dan siswa. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan ini yaitu validitas media Bulletin Board Display sebesar 93% yang tergolong sangat valid, kepraktisan guru sebesar 96% tergolong sangat praktis, kepraktisan siswa sebesar 90,8% tergolong sangat praktis, tiga tahap uji efektivitas yaitu uji normalitas One Sample Kolmogorov-Smirnov sebesar 0,200 lebih dari 0,05 artinya data berdistribusi normal, uji homogenitas teknik Levene Statistic sebesar 0,856 lebih dari 0,05 artinya data bersifat homogen serta analisis uji t-test satu sampel sebesar Sig (2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05 yang berarti media Bulletin Board Display efektif digunakan pada pembelajaran IPA siswa kelas V subtema Manusia dan Lingkungan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Gede Hendra Wiranata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)