Model Group Investigation Berbantuan Gallery Walk dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Unit Penyusunan Data
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60377Keywords:
Group Investigation, Gallery Walk, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Kurikulum Merdeka menekankan numerasi sebagai kemampuan mengaplikasikan konsep Matematika dalam kehidupan sehari-hari. Matematika diperlukan untuk mengasah kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis dalam pengambilan keputusan, khususnya ketika mendiskusikan pengolahan data dan informasi. Kenyataannya, siswa kelas IV memerlukan remedial. Hasil belajar dipengaruhi model pembelajaran. Penelitian yang bertujuan untuk menganalisis model Group Investigation berbantuan Gallery Walk terhadap hasil belajar Matematika. Jenis penelitian eksperimen semu (quasi – experimental). Pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Subjek penelitian sebanyak 57 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan metode tes. Analisis data dengan independent sample t-test. Hasil pengujian hipotesis diperoleh sig. (2-tailed) senilai 0,00 lebih kecil dari 0,05. Disimpulkan model Group Investigation berbantuan Gallery Walk berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Matematika dengan implikasi terhadap kemampuan pengolahan informasi siswa, yang mana siswa yang dibelajarkan dengan model Group Investigation berbantuan Gallery Walk berusaha memperoleh data secara kooperatif, lalu menyusun data tersebut, menyajikan dalam berbagai bentuk penyajian data, dan mempresentasikan data tersebut. Sehingga, mengembangkan keterampilan mengolah informasi.
References
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Ainiyah, N., Anik Gufron, Marzuki Marzuki, Said Subhan Posangi, Kasim Yahiji, Abdul Rohman, Moch. Tolchah, & St. Wardah Hanafie Das. (2022). Group Investigation Model to Improve Interpersonal Skills. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(1), 467–474. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21914.
Ardithayasa, I. W., & Yudiana, K. (2020). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbasis Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25105.
Astuti, B. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD melalui Model Group Investigation. Mimbar Sekolah Dasar, 4(3), 264. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v4i3.7843.
Cahyanovianty, A., & Wahidin, W. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439–1448. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.651.
Devi, K. S. T, Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 26(2), 233–242. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36079.
Devi, Kadek Sri Trisna, Suarjana, I. M., & Bayu, G. W. (2019). Korelasi Antara Literasi Baca Tulis dan Budaya dengan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD, 18(1), 32–42. https://doi.org/10.23887/mkfis.v18i1.22237.
Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781.
Diputra, K. S., Japa, I. G. N., & Suarjana, I. M. (2019). Menyelidiki Literasi Matematika dari Siswa Sekolah Dasar dalam Kurikulum 2013. Konferensi Internasional Ke-5 Tentang Pendidikan Dan Teknologi (ICET 2019), 382, 65–67.
Hanifah, A., Mudzanatun, M., & Sukamto, S. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantu Media Puzzle Board Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 443. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29244.
Hatimakausarina, N., & Jayanti, M. I. (2022). Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Faat Bara Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Jupenji: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(3), 18–24.
Jannati, N., & Jismulatif. (2019). Pengaruh Penggunaan Strategi Gallery Walk Terhadap Pemahaman Membaca Siswa Kelas Dua Di SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan, 10(2), 89–97. https://doi.org/10.31258/jp.10.2.89-97.
Khotimah, S. H. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 491–498. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28568.
Lanuza, M. H., Florabel F. Hilario, Aljesse M. Arroyo, & Milanie N. Lara. (2022). Gallery Walk: The Strategy in Improving Mathematics Performance of the SHS in Different Strands of K to 12. World Wide Journal of Multidisciplinary Research and Development, 8(09), 5–13. https://doi.org/12.2020/WWJMRD.24546615.
Maulidina, A. P. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61–66. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408.
Melani, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas V Sdn Sudimara 13 Ciledug Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 6–15. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.42.
Palazón-Herrera, J., & Soria-Vílchez, A. (2021). Students’ perception and academic performance in a flipped classroom model within Early Childhood Education Degree. Heliyon, 7(4). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06702.
Pebriani, Y. (2022). Problem Based Learning dengan Metode Gallery Walk untuk Mengatasi Rendahnya Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 130–140. https://doi.org/10.30587/postulat.v3i2.5041.
Prihatin, W. A. (2022). Penerapan Problem Based Learning Dengan Gallery Walk Dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 5(1), 31–44. https://doi.org/10.47239/jgdd.v5i1.326.
Putri, R. D. P., Suyadi, & Veni Veronica Siregar. (2021). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Teori Konstruktivisme. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.7671.
Rahmawati, F. (2018). Pengaruh Model Group Investigation Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 198–205. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3436.
Rosli, R., Goldsby, D., Onwuegbuzie, A. J., Capraro, M. M., Capraro, R. M., & Gonzalez, E. G. Y. (2020). Elementary Preservice Teachers’ Knowledge, Perceptions and Attitudes Towards Fractions: A mixed-analysis. Journal on Mathematics Education, 11(1), 59–76. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.9482.59-76.
Sari, P. M. N., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Efektivitas Hasil Belajar Matematika Melalui Model CTL Berbasis Masalah Terbuka Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 248–256. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25558.
Subudi, I. K. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Journal of Education Action Research, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhartono, Degeng, I. N. S., Suyitno, I., & Sulton. (2019). A Comparison Study: Effects of The Group Investigation Model and The Direct Instruction Model Toward Science Concept Understanding. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 185–192. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.18135.
Sulistyawati, N. L. G., Suarjana, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2022). Pengembangan Media Website Berbasis Google Sites pada Materi Statistika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 899. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5341
Sumandya, W., & Widana, W. (2022). Reconstruction of Vocational-Based Mathematics Teaching Materials Using a Smartphone. Journal of Education Technology, 6(1), 133–139.
Sumertha, I. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 195–202. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17908.
Sunarti, T., & Dilla Ayu Septiana. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Galeri Berjalan Strategi untuk Kreativitas dan Kemampuan berkomunikasi. Jurnal Kemajuan Dalam Penelitian Ilmu Komputer, 95(Miseic), 171–175.
Supriyanto, I., & Mawardi. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 558–564. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.394.
Suyani, N. M. F., & Wulandari, I. G. A. A. (2020). Model Probing Prompting Terhadap Komunikasi Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 380–381. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26805.
Utami, N. L. M. S., Ardana, I. K., & Wiyasa, I. K. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 270–283. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26436.
Vitria, A. N., & Agus Suprijono. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Cooperative Two Stage Exam Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS SMAN 19 Surabaya. Avatara: E-Journal Pendidikan Sejarah, 12(4).
Wahyuni, N. L. P. W., Wibawa, I. M. C., & Renda, N. T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Asesmen Kinerja Terhadap Keterampilan Proses Sains. International Journal of Elementary Education., 2(3), 202–210. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15959.
Winata, K. A., Qiqi Yuliati Zaqiah, Supiana, & Helmawati. (2021). Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi. Administrasi Pendidikan Journal, 4(1), 1–6.
Yulianti, & Nury Yuniasih. (2016). Buku Ajar Telaah Kurikulum dan Aplikasinya dalam Proses Belajar Mengajar (N. Yuniasih (ed.); 1st ed.). CV Media Sutra Atiga.
Yuniari, D. A. R., Putra, M., & Wiarta, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Budaya Penyelidikan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(1), 8. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i1.20762.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Luh Kade Rosika Artati, I Made Suarjana, Gede Wira Bayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)