Kontribusi Kecerdasan Interpersonal, Pemenuhan Fasilitas Belajar dalam Keluarga, dan Keterampilan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa

Authors

  • Kadek Dwi Rahayu Widiartha Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Lasmawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Ardana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60433

Keywords:

kecerdasan interpersonal, fasilitas belajar, keterampilan sosial, IPS

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif yang bertujuan untuk mengatahui (1) kontribusi kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan ips; (2) kontribusi pemenuhan fasilitas belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS; (3) kontribusi keterampilan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS; dan (4) kontribusi kecerdasan interpersonal, pemenuhan fasilitas belajar, dan keterampilan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Penelitian ini berjenis ex post facto. Penelitian ini menggunakan 100 siswa kelas V SD sebagai sampel, yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan meliputi lembar kuesioner yang datanya dianalisis secara kuantitatif dengan uji regresi linier berganda. Penelitian ini menemukan terdapat kontribusi yang signifikan pada kecerdasan interpersonal siswa terhadap kompetensi pengetahuan IPS, pemenuhan fasilitas belajar dalam keluarga terhadap kompetensi pengetahuan IPS, keterampilan sosial siswa terhadap kompetensi pengetahuan IPS, dan kecerdasan interpersonal, pemenuhan fasilitas belajar dalam keluarga, dan keterampilan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Oleh karena itu, Dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi signifikan antara kecerdasan interpersonal, pemenuhan fasilitas belajar dalam keluarga, dan keterampilan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD.

References

Afandi, O. (2020). Pengembangan Media Kartu Kata Dan Kalimat Untuk Pembelajaran Kemampuan Membaca Pada Tema 5 Pengalamanku Bagi Anak Kelas I Sekolah Dasar Negeri 31 Ambacang Painan, 4(3), 1–11.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230.

Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382.

Fajriyah, I., & Itaqullah, V. B. P. (2021). Analisis Pembelajaran Ips Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Jurnal Artefak, 8(2), 119. https://doi.org/10.25157/ja.v8i2.6120.

Febriliani, L. (2018). Hubungan Minat Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V. Joyful Learning Journal, 7(2), 10–18. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i2.24049.

Fitriani, N. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pentingnya Pembelajaran Pkn dalam Membentuk Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9098-9102. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2426%0A.

Iyan, A., Ridwan, A., & Rustini, T. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i1.1324.

Jamalia. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Media Permainan Ular Tangga pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 104/IX Kedemangan Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal PGSD, 11(2), 100–105. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.100-105.

Jumriani, Syaharuddin, & Mutiani. (2021). Komponen Kurikulum IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1111.

Lusiana, & Fatonah, S. (2022). Pendidikan Karakter pada Siswa melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6651–6660. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3067.

Mahadewi, L. P. P., Tegeh, I. M., & Sari, G. A. P. P. (2019). Pengembangan Konten E-Learning Prakarya Pada Era Revolusi Industri 4.0. Mimbar Ilmu, 24(2), 194. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21258.

Manuaba, I. bagus B., Sujana, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2020). Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Kebiasaan Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 183–192. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27555.

Muhardinsyah, Helminsyah, & Subhananto, A. (2020). Analisis Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Negeri 46 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Ninu, F. E., Meka, M., & Maku, K. R. M. (2022). Pengembangan Media Papan Pintar Angka Aspek Kognitif Untuk Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahun Di Tkk St. Petrus Bomari Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 2(2), 2 7 0-28 0.

Pitriana, A., Nurhasanah, & Oktaviyanti, I. (2022). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN 1 Wanasaba. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 1–9. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1827.

Pradiptha, I. P. A., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Materi Bangun Datar Muatan Matematika Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 27–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2.

Pratiwi, I. G. A. R., Manuaba, I. B. S., & Sujana, I. W. (2020). Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Aktualisasi Diri dalam Kelompok terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. JISD: Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 209–220. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25555.

Rachmah, L. L., Sunaryanto, S., & Yuniastuti, Y. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Fasilitas Belajar p ada Prestasi Belajar IPS Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9), 1168–1176.

Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar.id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 1–24. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.01.

Rut, N., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelas IV Sd 091526. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 449–455. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.56 8.

Saputra, I. D. K. A., Sujana, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2018). Korelasi Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu Undiksha, 23(1), 43–52. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.1640.

Saputra, T. A. (2022). Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Berbasis pembelajaran Tematik. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 1(2), 565–574. https://doi.org/10.17509/eh.v1i2.2736.

Saraswati, P. I., & Putra, M. (2020). Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Sikap Ingin Tahu Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(1), 89–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24582.

Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 14. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544.

Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260.

Syah, I. (2022). Urgensi Pembelajaran Ips Sebagai Instrumen Penanaman Nilai Karakter Toleransi Siswa Dalam Masyarakat Multikultural. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 2987–2991. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4009.

Syaifullah, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Usia Dasar Melalui Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan, 6(01), 72–82.

Wahyuningsih, T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Muatan Ips Tema 2 Subtema 1 Kompetensi Memahami Makna Proklamasi Kemerdekaan Menggunakan Media Video Konferensi Google Meet Pada Siswa Kelas 6a SDN 1 Batuah Tahun Pelajaran 2021/2022. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 226–234. https://doi.org/10.33659/cip.v10i1.223.

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868.

Wirman, A., Yulsyofriend, Y., Yaswinda, Y., & Tanjung, A. (2018). Pengunaan Media Moving Flahscard Untuk Stimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 54–62. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.290.

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91–100. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Widiartha, K. D. R. ., Lasmawan, I. W., & Ardana, I. M. (2023). Kontribusi Kecerdasan Interpersonal, Pemenuhan Fasilitas Belajar dalam Keluarga, dan Keterampilan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 346–355. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60433

Issue

Section

Articles