Efektivitas Model Project Based Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa SD

Authors

  • I Gede Hendra Nata Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.27418

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Project Based Learning berbasis Tri Kaya Parisudha Dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa SD. Jenis penelitian ini adalah Library Reserch dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif kuantitatif yang dianalisis dengan menggunakan meta analisis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengupulkan data relevan dan berkaitan dengan permasalahan yang akan dikaji dan bersumber dari hasil penelitian ilmiah, jurnal-jurnal ilmiah, serta proses wawancara kepada peneliti yang telah melakukan penelitian sejenis. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan uji effect size (ES) yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu data kedua Kelompok Eksperimen dengan Standar deviasi sebsar 6,72 dan Effect Size sebesar 3,05 sedangkan pada kelompok Kontrol didapatkan Standar Deviasinya yaitu 7,19 dan Effect Size nya yaitu 2,09. Untuk memperoleh besaran Kelompok eksperimen terhadap kelompok kontrol untuk mengetahui besaran dari efektivitas variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu dengan mencari selisih Effect Size dari kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sehingga didapatkan besaran efeksivitas yaitu 3,05-2,09 = 0,96. Besaran dari efektivitas variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu 0,96 yang berada dalam kategori besar. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbasis Tri Kaya Parisudha efektif digunakan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan IPS siswa sekolah dasar.

Author Biography

I Wayan Sujana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Alpian, Y., & Anggraeni, S. W. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurna Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581. DOI: https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Arianti, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15335. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15335

Ariyanti, M. (2017). Perbandingan Keefektifan Model Project-Based Learningdan Problem-Based Learningditinjau Dariketercapaian Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.13469. DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.13469

Astuti, I. D., Yulisma, L., & Toto. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2). https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915.Received. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915

Budiono, H., & Subiyantoro, H. (2018). Pembelajaran Ips Dalam Membentuk Karakter Gotong Royong, Toleransi Dan Sikap Cinta Tanah Air Siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 15(1), 63–71. https://doi.org/10.29100/insp.v15i1.414.g341.

Darmayoga, I. W., & Suparya, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 1 Penatih Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 41–50. http://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/edukasi/article/view/1391/1089. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.415

Daryanto. (2014). Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Gava Media.

Dewi, N. P. C., Negara, I. G. A. O., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10738.

Dwi Agustini, N. K., & Japa, I. G. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 94–103. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14211. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14211

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 85–91. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201. https://doi.org/10.28926/ briliant.v3i2.187. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187

Hariata, I. N. N., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 25–29. http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262

Hilmi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164–172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jime.v3i2.198.

Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Think Pair Share Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMKN 3 Malang. Jurnal Pendidikan, 3(2), 80–85. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/3127. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85

Laksmi, N. P. M. A., Asri, I. G. A. A. S., & Putra, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKN Siswa Kelas IV. Jurnal Adat Dan Budaya, 2(1), 20–31. http://dx.doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28904. DOI: https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28904

Lasmawan, I. W. (2016). Pendidikan IPS. Mediakom Indonesia Press Bali.

Marhayani, D. A. (2017). Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Ips. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 67–75. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.261. DOI: https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.261

Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-Based Learning Dengan Pendekatan STEM. Journal on Mathematics Education Research, 1, 10–14. https://ejournal.upi.edu/index.php/JMER/article/ view/24569.

Parmajaya, I. P. . (2017). Ajaran Tri Kaya Parisudha sebagai Landasan Pendidikan Nilai Moral dan Etika dalam Membentuk Karakter Anak. Journal Article Purwadita, 1(1). https://www.neliti.com /id/publications/268210/ajaran-tri-kaya-parisudha-sebagai-landasan-pendidikan-nilai-moral-dan-etika-dala.

Puspitawangi, K. R., Wibawa, I. M. C., & Pudjawan, K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–12. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6957.

Rahmawati, S., Paradia, P. A., & Noor, F. M. (2021). Meta Analisis Media Pembelajaran IPA SMP / MTS Berbasis Virtual Reality. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.37478/ optika.v5i1.752. DOI: https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.752

Rando, & Wali, M. (2018). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 74–82. http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPE/article /view/145.

Salam, R. (2017). MODEL Pembelajaran Inkuiri Sosial Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pembelajaran IPS Dan PPKn, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.15294/HARMONY.V2I1.19965.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://doi.org/ 10.15548/nsc.v6i1.1555.

Segara. (2016). Pentingnya Pemahaman Jati Diri Keilmuan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 51–59. https://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/204.

Somawati, A. V., & Diantary, Y. A. (2019). Implementasi Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam Membangun Karaktergenerasi Muda Hindu Di Era Digital. Jurnal Pasupati, 6(1), 1–22. http://dx.doi.org/ 10.37428/pspt.v6i1.135. DOI: https://doi.org/10.37428/pspt.v6i1.135

Sucipto, H. (2017). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 1(1), 77–86. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/10/10. DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v1i1.10

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sunita, N. W., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. MIMBAR PGSD Undiksha, 20(1), 127–145. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/372.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815 /pear.v6i1.10703. DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Sutrisna, G. B. B., Sujana, W., & Ganing, N. N. (2019). Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Adat Dan Budaya, 1(2), 84–93. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JABI/article/download/28898/16541. DOI: https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28898

Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar Fkip Umsu. Jurnal EduTech, 5(1), 84–88. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/ view/2982.

Wibawa, Suadnyana, & Asri. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 136–143. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15496. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15496

Widiasih, L. S., Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 135–141. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17758/10625. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17758

Wijanarko, A. G., Supardi, K. I., & Marwoto, P. (2017). Keefektifan Model Project Based Learning Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Journal of Primary Education, 6(2). 10.15294/JPE.V6I2.17561.

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Nata, I. G. H., & Sujana, I. W. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 251–259. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.27418