Media Flipbook Berorientasi Pendekatan Kontekstual Pada Muatan IPS Untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • I Dewa Ayu Widia Suari Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.46404

Keywords:

Flipbook, Kontekstual, IPS

Abstract

Pandemi Covid -19 memberikan banyak perubahan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran. Pada masa pandemi seperti saat ini diperlukan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran dari seperti media flipbook. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan atau validitas media pembelajaran flipbook berbasis pendekatan kontekstual muatan IPS kelas IV SD Subjek pada penelitian ini meliputi tiga orang ahli dan peserta didik. Produk dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan kuesioner atau angket. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Validitas produk ini ditentukan menurut ahli materi pembelajaran memperoleh 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh 90% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba perorangan memperoleh 94,6% dengan kualifikasi sangat baik dan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh 93,9% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis pendekatan kontekstual ini layak digunakan dalam pembelajaran muatan IPS kelas IV SD. Implikasi dalam penelitian ini yaitu media flipbook ini layak digunakan, karena dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan pendidik untuk bisa memanfaatkan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran.

References

Afriliziana, L. A., Maimunah, & Roza, Y. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan e-modul etnomatematika berbasis budaya melayu Kepulauan Riau. Jurnal Analisa, 7(2), 135–145. https://doi.org/10.15575/ja.v7i2.14753.

Amalina, A. F. (2020). Pengembangan Media Scrapbook Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal of Admiration, 1(5), 468–478. https://doi.org/10.46799/jsa.v1i5.90. DOI: https://doi.org/10.46799/jsa.v1i5.90

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300

Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116. DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314

Antanaz Sary, A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Ips Siswa Kelas Iv Sd Negeri Salatiga 10 Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 354. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.383. DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.383

Apriliani, E., Nurhasanah, A., & Hakim, Z. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD. 3, 233–239. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i3.14934. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v4i3.14934

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Saputri, J. (2021). Karakter Peduli Sosial: Komparasi Modul Elektronik dan Paper Modul Kearifan Lokal Ngubat Padi di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 866–877. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1230. DOI: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1230

Dewi, E. S., & Yanti, Y. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Siklus Hidup Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 1(2), 114–122. https://doi.org/10.33379/primed.v1i2.886. DOI: https://doi.org/10.33379/primed.v1i2.886

Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387

Hadi, Y. A., Husni, M., & Pazri, R. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pemeblajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV SDN 2 Selong. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 113. https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1784. DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1784

Harahap, A. N., & Abidin, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 231–235. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2733. DOI: https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2733

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., & Saddhono, K. (2019). The Use of Wondershare Filmora Version 7.8.9 Media Apps in Flipped Classroom Teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51–55. https://doi.org/10.18280/rces.060301. DOI: https://doi.org/10.18280/rces.060301

Hendrianti, S. D., Hidayat, S., & Suherman, S. (2021). Pengembangan Media E-Booklet Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Materi Identifikasi Karir Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 178. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.4089. DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.4089

Hidayatulloh, M. (2019). Developing Electrical Circuits Flipbook Using Flipbuilder. International Journal of Innovation Education and Research, 7(2), 124–134. https://doi.org/10.31686/ijier.vol7.iss2.1331. DOI: https://doi.org/10.31686/ijier.vol7.iss2.1331

Juliasnyah, W. A., Suryani, N., & Sutimin, L. A. (2016). Matematika dalam Multimedia Flipbook: Kreatifitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Siswa. Teknodika, 14(1), 51. https://doi.org/10.20961/teknodika.v14i1.34701. DOI: https://doi.org/10.20961/teknodika.v14i1.34701

Juniantoro, F. D., & Abbas, N. (2018). Hubungan Teman Sebaya Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Joyful Learning Journal, 7(3), 29–38. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i1.25484.

Lapitan, L. D., Tiangco, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Diaz, J. M. (2021). An effective blended online teaching and learning strategy during the COVID-19 pandemic. Education for Chemical Engineers, 35, 116–131. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012

Lubis, A. B., Miaz, Y., Taufina, & Desyandri. (2019). Pengaruh Model Everyone Is A Teacher Here Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Basicedu, 3(2), 725 – 735. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.61. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.61

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas Iv Sd/Mi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165–174. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240

Maysella, Y. G., Imam, S., & Cholifah, P. S. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Poster Berbasis Ppt Interaktif dan Media Video Animasi pada Muatan IPS Kelas IV di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 682–687. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p682-687. DOI: https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p682-687

Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564. DOI: https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564

Musafanah, H. J. S. & Q. (2017). Pengembangan Media Koran Melalui Flipbook Berupa E-BOOK Pada Materi IPA. Elementary School, 4(2), 205–211. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v4i2.179.

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518

Nathalia Angelina, G., & dkk. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Membaca Pemahaman Dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32453.

Nia, P. W. S., & Sastra, N. A. (2021). Media Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Pecahan dengan Pendekatan Kontekstual. 4(1), 45–52. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32741. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32741

Nida, D. M. A. A., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 16. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25393. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25393

Nur Pajrina, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Pada Materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Dalam Muatan IPS Di Kelas V SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 649–660. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.227. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.227

Nuryani, L., & Surya Abadi, I. G. (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 247. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223

Permana, I. M. J., & Sujana, I. W. (2021). Aplikasi Pembelajaran IPS Berbasis Pendekatan Konstektual. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32445.

Puspita, E. I. (2021). Rancang Bangun Media E-Book Flipbook Interaktif Pada Materi Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya Sekolah Dasar. Journal of Educational Learning and Innovation, 1(2), 65–84. https://doi.org/10.46229/elia.v1i2. DOI: https://doi.org/10.46229/elia.v1i2.307

Putra, I. M. J. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Pendekatan Kontekstual Materi Sumber Energi Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 57–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32356. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32356

Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2819–2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012

Setiawan, D., Selvyana, K., Hidayat, A., & Rahmadani, N. K. A. (2022). Powerpoint Interaktif Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1201–1209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2183. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2183

Sobakhah, L. B., & Bachtiar, A. M. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Pembelajaran Membaca Puisi Kelas I SD. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 62. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1129. DOI: https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1129

Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005. DOI: https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha. https://www.researchgate.net/publication/335541585_Evaluasi_dan_Kriteria_Kualitas_Multimedia_Pembeajaran.

Sukardi. (2008). Metodelogi Penelitian Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Sumaryani, L., Rusijono, R., & Suhanadji, S. (2021). Pengaruh Penerapan Strategi Pq4r Menggunakan Media Flip Book Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Di Era Pandemi. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(2), 111–125. https://doi.org/10.36379/autentik.v5i2.141. DOI: https://doi.org/10.36379/autentik.v5i2.141

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31

Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872

Tambunan, H. P., Sitohang, R., & Nasution, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Rendah. Jurnal Guru Kita, 6(1), 143–148. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.32423.

Taukhid, T., Rufi’i, R., & Karyono, H. (2022). Pengembangan Media Flipbook Panduan Pelayanan Terapi Oksigen Hiperbarik. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(1), 74–81. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2439. DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2439

Tegeh, I., Jampel, I., & Pudjawan, K. (2014). MODEL PENELITIAN PENGEMBANGAN (Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44

Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974

Winangun, I. M. A., Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2021). Model Guided Discovery Learning Berorientasi Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Mimbar Ilmu, 26(3), 355. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39893. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39893

Yanik Yasmini, W. (2021). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Insan Mandiri Karangasem. LAMPUHYANG, 12(2), 137–155. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v12i2.265. DOI: https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v12i2.265

Yuza, A., & Ningrum, N. P. (2021). Validitas Pengembangan Media E-Komik Pembelajaran Matematika Pada Materi Pengukuran Kelas IV SD. Jurnal Cerdas Proklamator, 9(2), 1–7. https://doi.org/10.37301/cerdas.v9i2.82. DOI: https://doi.org/10.37301/cerdas.v9i2.82

Zahra, F., Wahyudiana, E., & Hadi, W. (2021). Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Berbasis Model Discovery Learning Pada Muatan Ipa Kelas Iv Sd. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 104–112. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1058. DOI: https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1058

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Dewi, I. D. A. W. S., & Sujana, I. W. (2022). Media Flipbook Berorientasi Pendekatan Kontekstual Pada Muatan IPS Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 244–258. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.46404

Issue

Section

Articles