Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Kebiasaan Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

Authors

  • Ida bagus Baskara Manuaba Universitas Pendidikn Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Surya Manuaba Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27555

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu masih kurangnya kecerdasan interpersonal siswa dan kebiasaan belajar siswa sehingga pengetahuan IPS siswa masih rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi yang signifikan kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Negeri, kontribusi yang signifikan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Negeri,kontribusi yang signifikan kecerdasan interpersonal dan kebiasaan belajarterhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Jenderal Sudirman Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah ex post facto korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas V yang ada di SD yang berjumlah 324 siswa. Sampel ditentukan dari populasi menggunakan teknik  proporsional random sampling dan jumlah sampel dari populasi sebanyak 172 siswa. Metode pungumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes. Data kecerdasan interpersonal dan kebiasaan belajar diperoleh dari menyebarkan kuisioner dan data kompetensi pengetahuan IPS diperoleh melalui pencatatan dokumen. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan IPS berdasarkann nilai Fhiting = 4,139 > Ftabel = 3,90 dan pengaruhnya sebesar 19,1%.) terdapat kontribusi yang signifikan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS berdasarkan nilai Fhitung = 3,947 > Ftabel = 3,90 dan pengaruhnya sebesar 33,1%, terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan interpersonal dan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS berdasarkan Fhitung = 13,947 > Ftabel = 3,05 dan pengaruhnya sebesar 25%. Adapun saran bagi guru untuk lebih meningkatkan kecerdasan interpersonal dan kebiasaan belajar  siswa agar mendapatkan kompetensi pengetahuan IPS yang lebih maksimal.

 

Kata Kunci: koompetensi pengetahuan IPS, kecerdasan interpersonal , kebiasaan belajar.


Latarbelakangpenelitian iniyaitumasihkurangnyakecerdasan interpersonal siswa dan kebiasaanbelajarsiswasehinggakompetensipengetahuan IPS siswamasihrendah.Penelitian[ASUS1]  ini bertujuan untukmenganalisiskontribusi yang signifikan kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD, kontribusi yang signifikan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD,  kontribusi yang signifikan kecerdasan interpersonal dan kebiasaan belajarterhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD. [ASUS2] Jenis penelitian ini adalah ex post facto korelasional. Populasi sebanyak324siswa. Sampel ditentukan dari populasi menggunakan teknik  proporsional random sampling dan jumlah sampel dari populasi sebanyak 172 siswa. Metode pungumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes. Data kecerdasan interpersonal dan kebiasaan belajar diperoleh dari menyebarkan kuisioner dan data kompetensi pengetahuan IPS diperoleh melalui pencatatan dokumen. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa,  terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan IPS berdasarkann nilai Fhiting = 4,139 > Ftabel = 3,90 dan pengaruhnya sebesar 19,1%.  terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS berdasarkan nilai Fhitung = 3,947 >Ftabel = 3,96 dan pengaruhnya sebesar 33,1%, terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan interpersonal dan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS berdasarkan Fhitung = 13,122 >Ftabel = 3,05 dan pengaruhnya sebesar 25%.[ASUS3]  Adapun saran bagi guru untuk lebih meningkatkan kecerdasan interpersonal dan kebiasaan belajar siswa agar mendapatkan kompetensi pengetahuan IPS yang lebih maksimal.[ASUS4] [ASUS5] 

 

 [ASUS1]Cantumkanmasalahpenelitianterlebihdahulusebelummenjelaskantujuanpenelitian.

 [ASUS2]Hindarimenggunakanpenomoransaatmenjabarkantujuan.

 [ASUS3]Hindaripenggunaanpenomoran.

 [ASUS4]Hilangkanlokasipenelitian pada abstrak.

 [ASUS5]Panjang abstrakmelebihiketentuan. Panjang abstrakadalah 150-250 kata. Ini ada 270 kata. Ringkaslagi!

Author Biographies

Ida bagus Baskara Manuaba, Universitas Pendidikn Ganesha

PGSD

I Wayan Sujana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ida Bagus Surya Manuaba, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Amalia, M., & Kurniawan, H. (2019). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Amitha, A. F. (2016). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V di SD intis School Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan.

Aprilia, F. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal dengan Perilaku Kenakalan Remaja pada Siswa SMA N 1 Grobogan. Journal of Social and Industrial Psychology.

Arsil, A. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, Volume 4 Nomor 1. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6905

Dewi, A. L. S., & Mubarokah, L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Volume 3 Nomor 1. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3223

Endayani, H. (2017). Pengembangan materi ajar ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Volume 1 Nomor 1.

Fajriani, & Masni, E. D. (2017). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2 Nomor 1. DOI: https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2490

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, Volume 11 Nomor 1. DOI: https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, Volume 1 Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113

Hakim, A. R. (2018). Kecerdasan Interpersonal Siswa Melalui Model Student Teams Achievement Divisions. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Volume 2 Nomor 1. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1210

I Komang Sudarma, S. (2013). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. Mimbar PGSD Undiksha.

Kelly, E. (2015). Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapeersonal dengan Sikap Multikultural pada Mahasiswa Malang. Jurnal Psikologi, Volume 3 Nomor 1.

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, Volume 2 Nomor 1.

Mana, S., Saneba, B., & Palimbong, A. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pembelajaran Koperatif Tipe Numbered Heads Together di Kelas IV SDN Lalong Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurnaal Kreatif Tadulako Online, Volume 3 Nomor 3.

Martin. (2016). Analisis Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini dan Implementasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, Volume 3 Nomor 2.

Mirnawati, M., & Basri, M. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), Volume 1 Nomor 1. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1240

Musa, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A-Match Pada Murid Kelas V. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, Volume 1 Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.31100/dikdas.v1i2.304

P.D, S. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Volume 3 Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Rahmayantia, Y. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tentang Gaya Dan Fungsinya Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, Volume 2 Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1495

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. JURNAL BIOEDUKATIKA, Volume 3 Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Sutarna, N. (2019). Penerapan Pedekatan Sosial untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, Volume 2 Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15102

Utami, P. S. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume 4 Nomor 1. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.54

Palennari, Muhiddin., dkk. 2014. KONTRIBUSI KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN MATERI SISTEM SARAF PADA SISWA SMA NEGERI 1 DONRI-DONRI. Jurnal EduBio Tropika, Volume 2, Nomor 1.

Sumada, I Km., Dkk. 2013. Kontribusi Kebiasaan Belajar Dan Kemampuan Numerikal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 2 Seraya Timur. Mimbar PGSD Undiksha, Volume 1 Nomor 1.

Saraswati, Putu Indah dan Made Putra. 2020. Kontribusi Kecerdasan Interpersonal Dan Sikap Ingin Tahu Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD Undiksha, Volume 8 Nomor 1.

Kartini, Komang A.W., dkk. 2020. Kontribusi Kecerdasan Interpersonal Dan Sikap Tenggang Rasa Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, Volume 3 Nomor 1.

Oviyanti, Fitri. 2017. Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru. Tadrib, Volume III, Nomor 1. DOI: https://doi.org/10.19109/Tadrib.v3i1.1384

Muhammad, Ismail. 2015. Makna Kurikulum: Dari Materi Belajar Ke Perencanaan Pembelajaran. Intelektualita, Volume 3, Nomor 1.

Wahyudi, Deddy. 2011. Pembelajaran IPS Berbasis Kecerdasan Intrapersonal Interpersonal Dan Eksistensial. Edisi Khusus, Nomor 1.

Downloads

Published

2020-07-25

How to Cite

Manuaba, I. bagus B., Sujana, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2020). Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Kebiasaan Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 183–192. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27555

Issue

Section

Articles