PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v1i2.16396Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD Negeri 4 Kampung Baru. Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dalam penyampaian materi, menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menerapkan model problem solving pada siswa kelas V di SDN 4 Kampung Baru tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dengan alur penyusunan yakni perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata hasil belajar Matematika diperoleh sebesar 73,69. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata hasil belajar Matematika diperoleh sebesar 80,22. Pada ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga terjadi peningkatan, terlihat dari perhitungan ketuntasan belajar klasikal siklus 1 yakni 73,91%, atau berkategori cukup dan siklus II 84,78 berkategori baik. Hai ini menunjukan baik dari rata-rata kelas maupun ktuntasan belajar klasikal siswa telah mencapai kriteria yang ditetapkan yaitu mencapai KKM 75 untuk rata-rata kelas dan prosentase 80% atau berkategori baik untuk ketutasan belajar klasikal. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahawa penggunaan model Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 4 Kampung Baru Tahun 2017/ 2018.
Kata-kata Kunci : model, problem solving, hasil belajar Matematika
Referensi
Agung, A.A. Gede. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Alkusaeri, Irzami. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Matematika. Banjarnegara: Sukses Mandiri Press.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
Fitriana, Baiq Intan. 2013. Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PknMateri Globalisasi Siswa Kelas IV SD Negeri 9 Sepit Tahun Pelajaran 2012/2013. Mataram: Universitas Mataram.
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hudojo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Karso, dkk. 2007. Pendidikan Matematika. Banten. Universitas Terbuka.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Mulyono. 2011. Strategi Pembelajaran. Malang: UIN Maliki Press.
Nurbay. 2005. Penerapan Model Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Teorema Phitagoras di Smp Negeri 8 Mataram Kelas II-A Tahun Ajaran 2004/ 2005.Mataram: Tidak diterbitkan.
Nurkancana, W dan Sumartana, P.P.N. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Bersama.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor
yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 1987. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Runtukahu, Tombokan dan Kandou, Selpius. 2013. Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Widiada, Ketut, dkk. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.