PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Penulis

  • Ni Made Sepria Utami Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ndara Tanggu Renda Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19187

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD Gugus III Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus III Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 149 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Dauhwaru yang berjumlah 20 siswa dan siswa kelas V SD Negeri 4 Dauhwaru yang berjumlah 25 siswa. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Dilihat dari hasil uji-t diperoleh thitung = 3,06 dan ttabel  (db = 43 pada taraf signifikansi 5% ) = 2,021. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel , sedangkan hasil perhitungan rata-rata hasil belajar IPA yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle adalah 19,35 lebih besar dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 15,32. Dengan demikian, model pembelajaran Inside Outside Circle berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Gugus III Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Hasil Belajar IPA,  Inside Outside Circle

Referensi

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Agung, A. A. Gede. 2016. Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: CV Buana Utama.

Azhary, M.A. Yusuf Ali. (2013). “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Apresiasi Dongeng Siswa Kelas VIIC MTSN Juwet Ngronggot Nganjuk”. JPBSIOnline, Volume 1, Nomor 1 (hlm 66-74)

Depdiknas. 2004. Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Edi Andhika, I Made (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Inside-Outside Circle Berbasis Media Audio Visual Animation Terhadap Hasil Belajar IPS” E-journal MIMBAR PGSD Volume 1.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Lestari, Ni Md Linda Dwi Retno. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IV SD Gugus X Kecamatan Buleleng. E-journal MIMBAR PGSD Volume 1, Nomer 1 (hlm 56-72)

Lie Anita. 2007. Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Rahmalika, Pt. Gd. Pande. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle denganTime Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Gugus 2 Denpasar Timur”. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2 Nomor 1.

Sudana, dkk. 2016. Pendidikan IPA SD. Singaraja: Undiksha Singaraja

Witteck, Torsten, dkk. 2004. “Co-operative Learning on the Internet Using the Ball Bearing Method (Inside-Outside Circle)”. Science Education International Volume 15, Nomor 2, September 2004 (hlm 209-223)

Diterbitkan

2019-07-30

Cara Mengutip

Utami, N. M. S., & Renda, N. T. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 194–203. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19187

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama