Efektivitas Implementasi Strategi Enjoyable Learning berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Permulaan Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17178Kata Kunci:
efektivitas, enjoyable learning, audio visualAbstrak
Penelitian ini didasari atas rendahnya hasil belajar belajar Bahasa Inggris di sekolah dasar khususnya setelah implementasi kurikulum 2013 dimana waktu pembelajaran bahasa inggris jauh berkurang dari 4 jam pelajaran seminggu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi hanya 2 jam pelajaran seminggu pada kurikulum 2013. penelitian pre-eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Data pada penelitian ini didapatkan dengan metode wawancara dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil perhitungan nilai thitung sebesar 5,34. Untuk mengetahui nilai ttabel dengan derajat kebebasan (dk) = 44 taraf signifikansi (α)= 0,05 diperoleh nilai ttabel= 2,023. Dengan membandingkan nilai thitung dan ttabel diperoleh perbandingan thitung>ttabel ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dan dari rata-rata , diketahui kelompok eksperimen sebesar 20,86 dan kelompok kontrol sebesar 15,18. Hal ini berarti eksperimen > kelompok kontrol. Dengan demikian strategi strategi Enjoyable Learning berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas II SD Penerapan Kurikulum 2013 di Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019.
Referensi
Budi, L. (2015). Keefektifan Strategi Fun Learning Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Godean Sleman. Jurnal Sastra Indonesia UNY, 2(1).
Darmansyah. (2011). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.
Fadlun, L. H. Al. (2016). Penerapan Model Arias Dengan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Pembelajaran Ips Tentang Perkembangan Teknologi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Grujugan Tahun Ajaran 2015/ 2016. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 4(51).
Hanafiah, N. & Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Hernacki, B. D. & M. (2004). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Hopkins. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadephia: University Press.
Jampel, I. N. (2005). Statistika Deskriptif. Modul. IKIP Negeri Singaraja.
Nurbaiti, S. (2016). Penerapan Strategi enjoyable learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 6 Jatimulyo Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung, 1(1).
Yosodipuro, A. (n.d.). Strategi Mengajar yang Menyenangkan dan Mendidik dengan Cerdik. Jakarta: Kompas Gramedia.
Zaim, M. (2013). Asesmen Otentik Implementasi dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah. Procceding of The Internasional Seminar on Languanges and Arts.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)