Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17758Keywords:
student, facilitator, and, explaining, tri, kaya, parisudha, hasil, belajar, matematika,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) berbasis Tri Kaya Parisudha dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD Semester Genap Gugus IV Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan posttest only control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Gugus IV Kecamatan Gerokgak yang berjumlah 186 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Gerokgak dengan jumlah 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas III SD Negeri 3 Gerokgak dengan jumlah 40 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis diperoleh thitung = 7,38 sedangkan pada taraf signifikan 55 dan dk = 72 diperoleh nilait tabel = 1,99 sehingga thitung = 7,38 >ttabel = 1,99. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun nilai rata-rata skor hasil belajar matematika pada kelompok eksperimen adalah 14,71, sedangkanr ata-rata pada kelompok kontrol adalah 11,2. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Studen Facilitator and Explaining dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas III semester II di Gugus IV Kecamatan Gerokgak tahun pelajaran 2017/2018.
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Ariska ,Jezzi (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Menggambar Busana Di Smk N 1 Depok . Jurnal Pendidikan Teknik Busana UNY - Edisi Maret 2017.
Dharma, I Kadek Satya. (2016). “Penerapan model pembelajaran think talk write (Student Facilitator And Explaining (SFAE) Berbasis Tri Kaya Parisudha) berbantuan media konkret untuk meningkatkan Hasil belajar matematika” Simgaraja: e-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha,Volume 4 Nomor 1 (hlm 4).
Fauzi, Riski, D. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran SFAEBermediakan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”. e-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor1 (hlm 3).
Irmayanti, Mita, Kadek. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Kearufan Lokal Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa”. e-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1 (hlm 1).
Mudarini, Herlin. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Berbantuan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar IpaSingaraja : e-journal PGSDUndiksha, Volume 5, Nomor 2 (hlm 1).
Seandanu ,Ryan (2017). Pengaruh Metode Student Facilitator And Explaining Terhadap Pemahaman Bahaya Narkoba Pada Siswa Kelas X Smk Pgri 4 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 . Jurnal Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 02 Tahun 2017 ISSN : AAAA-AAAA
Sukadi, dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran (Berorientasi Konten Kearifan Lokal Budaya Bali). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Susanto, Ahmad 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta Prenadamedia Grup.
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Predana Media Grup.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yanto ,Yufitri (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa . Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education) Volume 1, No 1, Januari-Juni 2018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)