Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Media Kertas Lipat Terhadap Penanaman Konsep Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21784Keywords:
rme, kertas lipat, penanaman konsep bangun datar.Abstract
Fenomena di sekolah menunjukkan bahwa dalam pembelajaran matematika masih terdapat kecenderungan guru jarang menggunakan media/alat peraga, guru menggunakan media/alat peraga seadanya atau sangat sederhana, dan dikemas dengan cara yang kurang menarik perhatian siswa. Kondisi yang demikian menjadikan pembelajaran matematika tidak menarik dan tidak menyenangkan, sehingga tidak optimal dalam membantu siswa untuk memperoleh konsep-konsep matematika.Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model RME berbantu media kertas lipat berpengaruh terhadap penanaman konsep bangun datar mata pelajaran matematika siswa kelas II SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SD sejumlah 30 siswa. Analisis data dalam penelitian menggunakan uji normalitas awal pada nilai pretest, uji normalitas akhir pada posttest, uji regresi, serta uji ketuntasan belajar. Teknik pengumpulan data seperti tes dan dokumentasi. Hasil akhir dalam perhitungan uji regresi diperoleh harga rhitung = 0,869 sedangkan harga rtabel = 0,361, karena rhitung > rtabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan siswa dengan penanaman konsep bangun datar mata pelajaran matematika siswa kelas II SD melalui penggunaan model RME berbantu media kertas lipat. Saran yang dapat disampaikan adalah model RME dapat digunakan guru sebagai salah satu model pembelajaran alternatif, karena model tersebut merupakan model yang menarik dan mudah diterapkan khususnya pada mata pelajaran matematika sebab model ini mengacu berdasarkan pengalaman siswa dan benda-benda nyata atau konkrit.References
Achmad Achmad, & Irmansyah. (2011). Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Matematic Education (Rme ) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd. Jurnal Pendidikan, 12(1), 33–40. https://doi.org/10.33830/jp.v12i1.483.2011
Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di Pgsd Upp Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2), 123–132. https://doi.org/10.15294/jpp.v31i2.5696
Aris, S. (2014). Model pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. In 1 (Issue). Yogyakarta: AR-ruz media.
Astuti, A. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32
Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat & Logika. Ar-Ruzz Media.
Gravemeijer. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute. http://repository.upi.edu/operator/upload/d_mat-0604957_chapter2.pdf
Lange, J. De. (1995). Assessment: No change without problems. … in School Mathematics and Authentic Assessment, 1–28. https://doi.org/10.2170/physiolsci.RP000705
Monawati. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pesona Dasar, 3(3), 21–32.
Setiawan, F. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kertas Origami. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 1(2), 78–85. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD
SIRAIT, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap Prestasi Bekajar Siswa PAI. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43.
https://doi.org/http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/750/659
Suwartini, Sri. 2017. Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4(1); (220-234).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)