TALKING STICK SEBAGAI INOVASI DALAM AKTIVITAS MENGOMUNIKASIKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.10369Kata Kunci:
aktivitas mengomunikasikan, pendekatan saintifik, talking stick, dimensi proses kognitifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas mengomunikasikan dalam pendekatan saintifik berbantuan talking stick terhadap dimensi proses kognitif siswa kelas IV tahun pelajaran 2016/2017 di Sd Kabupaten Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh kelompok siswa kelas IV di SD rintisan kurikulum 2013 di Kabupaten buleleng. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang berjumlah 76 siswa. Data dikumpulkan dengan teknik tes serta dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dimensi proses kognitif yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan aktivitas mengomunikasikan dalam pendekatan saintifik berbantuan talking stick dan siswa yang dibelajarkan dengan aktivitas pembelajaran konvensional (thitung = 5,27 > ttabel = 1,99), serta kategori pemahaman dalam dimensi proses kognitif lebih tinggi dari pada kategori lainnya.
Referensi
Anderson dan Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.2012.Dokumen Kurikulum 2013.Jakarta:Kemendikbud.
Kurniasih,dan Sani.2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai Aspel Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.
Kosasih.2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kurniasih, dan Sani.2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.
Lisdayanti, Ni Putu.2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 4 Baturiti”.UNDIKSHA
Permendikbud Nomor 81A Tahun2013 tentang Implementasi Kurikulum,2013.Jakarta : Kemendikbud.
Putri,N.M.D.D.2016. “Penerapan Talking Stick Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD”.Singaraja. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 Tahun: 2016
Pranyandari, Ni Made.2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbasis Concept Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kuta Utara Tahun Ajaran 2013/2014”. UNDIKSHA
Retno Utari.2012. Taksonomi Bloom: Apa dan bagaimana menggunakannya? Pusdiklat KNPK. Tersedia pada www.bppk.depkeu.go.id.
Rukmini, E.2008.Deskripsi Singkat Revisi Taksonomi Bloom. Journal Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia pada journal.uny.ac.id. (diakses tanggal 08 Februari 2017).
Sani, R. A.2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Santiasih,N.L.A.2016. “Penerapan Talking Stick Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 9 Padangsambian”.Singaraja. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 Tahun: 2016
Shoimin, A.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. (R. KR, Ed.) (cetakan I). Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Cetakan 7). Bandung: Alfabeta.
Sukardi.2008.Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya.Jakarta:PT Bumi Aksara.
Syaodih, E.1998. “Perkembangan Kognitif Anak Prasekolah. Diunduh Dari File”. Tersedia pada Upi. edu/Direktori/FIP/JUR. _PGT K/196510011998022/perk_kognitif_a Nak. Pdf, 1–14.
Yaumi, Muhammad.2011. Aktivitas Pembelajaran dan Teori Aktivitas. Tersedia pada https://www.scribd.com/doc/52173631/Aktivitas-Pembelajaran-Dan-Teori-Aktivitas.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)