Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19479Kata Kunci:
berbasis masalah, peta konsep.Abstrak
Adapun hasil observasi dimana kompetensi pengetahuan IPS siswa masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta konsep dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaan konvensional siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 134 orang siswa. Sampel penelitian adalah kelas IV SD sebagai kelompok eksperimen sebanyak 32 orang dan kelompok kontrol sebanyak 31 orang yang diperoleh dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes dengan bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data analisis menggunakan uji-t (polled varians). Hasil penelitian menunjukkan thitung = 4,014 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 32+31-2=61 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung= 4,014>ttabel=2,000. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta konsep dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaan konvensional siswa kelas IV SD. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta konsep terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD.
Referensi
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publish.
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Grup.
Arends, R. i. (2012). Learning to Teach ninth edition. New York: McGraw-Hill Education (UK).
Bound, & Felleti. (1998). The Challenge of Problem-Based Learning. Sydney: Koan Page.
Fitriani, C., Murniat, A., & Usman, N. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(2), 88–95.
Hakim, S., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 2(6).
Megawati, P. (2012). Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Formatif, 2(3), 227–234.
Permendikbud Nomor 104. (2014). Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Permendikbud.
Sam Nisak, H. (2015). Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 156–163.
Setyosari. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Grup.
Shabir, M. (2015). KEDUDUKAN GURU SEBAGAI PENDIDIK: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). Jurnal Aukaduna, 2(2), 221–232.
Sugiyono. (2015a). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015b). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Yusuf, M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: KENCANA.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)