Implementasi Model Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD pada Materi Faktor Pesekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21776Kata Kunci:
hasil belajar, number head togetherAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran matematika materi FPB dan KPK dengan menggunakan model Number Head Together. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental dengan non-equivalent control group pre-test post-test design. Subjek yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV A dan kelas IV B SDN Kaligawe Kota Semarang yang terdiri dari siswa kelas IV A berjumlah 28 dan siswa kelas IV B berjumlah 28 dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol 50,54 dan nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen 50,00. Sedangkan hasil nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol 69,11 dan hasil nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 76,42. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t dimana jumlah thitung>ttabel (2,093 > 2,021). Sehingga terdapat keefektifan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi FPB dan KPK kelas IV SDN Kaligawe, indonesia yaitu, hasil belajar siswa lebih meningkat.
Referensi
Abdul, Solihin. (2012). Analisis Kebijakan. Jakarta: Bumi Aksara
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, VI(01), 72–89.
Astuti, A. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 2(2), 102–110.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Drayatun, S., & Rahmawati, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viid Smp Negeri 1 Kokop. Jurnal Pena Sains, 4(1).
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Haydon, T dkk. 2010. Effect of Number Head Together on the Daily Quiz Scores and On-Task Behavior of Students with Disabilities. Journal of Behavioral Education, 19(3): 222-238
Ichsan, M. (2016). Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 60. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.691
Jumrawarsi, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Find Someone Who terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Gantang, 2(2), 123–129. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.202
Khaeruman, Ratna Azizah, S. N. (2018). Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Keterampilan Generik Sains Dan Pemahaman Konsep Elektrokimia Siswa. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, 2(1), 329–337.
Maheady, L dkk. 2006. The Effects of Number Head Together with and Without and Incentive Package of the Science Test Performance of a Diverse Group of Sixth Graders. Journal of Behavioral Education, 15(1): 52-65
Muhibbin Syah. (2012). Psikologi pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT remaja Rosdakarya.
Malawati, Ratna. 2012. Analisis Kemampuan Prasyarat Maetematika Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Pembelajaran Menggunakan Model Kooperatif Tipe NHT. Unimed : Jurnal Online Pendidikan Fisika ISSN 2301-7651
Rifaldiyah, M. Y. S. W. Y. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Pemecahan Masalah Matematika. TSCJ, 2(1), 19–26.
Sari, N. P. A., Kristiantari, M. G. R., & Asri, I. G. A. A. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Literasi sebagai Budaya Sekolah terhadap Pengusaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. E-Journal PGSD, 5(2), 1–10.
Sidiq, Muhammad. 2012. Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar (SegiEmpat) Melalui Penerapan Model Participative Teaching And Learning. Skripsi. Surakarta: UMS (Tidak Diterbitkan)
Sugiyono. (2017). Statistiak untuk Penelitian. Alfabeta.
Sholikhah, Octarina Hidayatus dkk. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigation (GI) dan Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Garis Singgung Lingkaran Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Madiun Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(7): 727-739. Universitas Sebelas Maret Surakarta
Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.1, Februari 2012.
Putra, Erlangga dkk. 2012. Hasil Belajar Matematika dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together disertai LKS Berbasis Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 60-65. Universitas Negeri Padang
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)