Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil melalui Model NHT Berbantu Media Papan Puzzle Berbintang
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881Keywords:
FPB, KPK, NHT, puzzle berbintangAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi FPB dan KPK, sehingga kesulitan untuk memahami materi dan memecahkan masalah. Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika FPB dan KPK yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional dan dengan model Number Head Together (NHT) berbantu media, serta apakah peningkatan hasil belajar matematika materi FPB dan KPK melalui model NHT berbantu media papan petak berbintang pada siswa kelas IV SD memenuhi kriteria valid sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi faktor persekutuan besar dan kelipatan persekutuan kecil melalui model NHT berbantu media papan puzzle berbintang pada siswa kelas IV SD. Sampel yang diambil sebanyak 24 siswa, dengan sampling Nonprobability jenis sampling jenuh yaitu teknik penemuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 15,933 > ttabel= 2,064 yang menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika dengan penggunaan Model Number Head Together dalam materi FPB dan KPK di SD.
References
Amandemen UUD 1945, Bab XIII tentang Pendidikan dan Kebudayaan
-, W., & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410
A, S. (2012). Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes. Universitas Sanata Dharma.
Agus Suprijono. (2014). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017
Daryanto. (2013). Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Gava Media.
Depdiknas. (2007). Rencana strategis Departement Pendidikan Nasional 2005 - 2009. Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional.
Hamdayana, J. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.
Heinich, R. et. al. (2002). Instructional Media and Technology For Learning, 7th Edition. Prentice Hall, Inc.
Ibrahim, H., et. al. (2001). Media Pembelajaran: Bahan Sajian Program Pendidikan Akta Mengajar. FIPIKIP UM.
Kline ,1973 pengertian matematika di sd.
Piaget, Jean, & B. I. (2010). Psikologi Anak, Terj. Miftahul Jannah. In 1. Pustaka Pelajar.
Ratnawulan, Elis dan Rusdiana. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Reys, D. (1984). Pengertian Matematika Menurut para ahli. http://www.trigonalworld.com/2013/04/pengertian-matematika-menurutpara-ahli.html
Runtukahu, T. dan S. K. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar BagiAnak Berkesulitan Belajar. Ar-Ruzz Media.
SIRAIT, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap Prestasi Bekajar Siswa PAI. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/750/659
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)