An Analysis of Jargon Used by Receptionists in Front Office at Asa Bali Luxury Villas and Spa Seminyak

I Putu Citra Yudha, I Ketut Seken

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk linguistik, arti dan fungsi jargon yang digunakan oleh resepsionis pada front office di Asa Bali Luxury Villa and Spa
Seminyak. Jargon dianalisis dengan menggunakan teori dari Allan &Buridge (2006). Penelitian ini di desain menggunakan
metode penelitian kualitatif. Jargon yang di identifikasi adalah jargon yang digunakan dalam bentuk lisan dan tertulis. Tehknik - tehknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, dokumentasi dan interview. Dalam hasil penelitian, ditemukan 123 jargon yang
digunakan oleh resepsionis di front office Asa Bali Villa and Spa. Arti dari jargon -jargon yang digunakan didefinisikan berdasaran
interview pada staff villa, dokumen resepsionis, kamus, dan konteks penggunaan jargon. Data analisis menunjukan terdapat dua fungsi jargon.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ls.v23i1.16066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Creative Commons License


Lingua Scientia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.