Minat Peserta Didik Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Voli
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.42493Kata Kunci:
minat, peserta didik, bola voliAbstrak
Peserta didik menganggap kegiatan ekstrakurikuler tersebut dianggap kegiatan yang tidak penting, dengan hal ini nampak pada ketidakseriusan peserta didik dalam mengikuti kegiatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler bola voli. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik SMA sebanyak 210 siswa. Sampel penelitian sebanyak 131 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner online berupa link google form. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase pada tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat minat peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler bola voli berada pada kategori “sangat tinggi” berjumlah (29 siswa) sebesar 22,1%, “tinggi” berjumlah (50 siswa) sebesar 38,2%, kategori “sedang” berjumlah (43 siswa) sebesar 32,8%, kategori “rendah” berjumlah (9 siswa) sebesar 6,9%, dan kategori “sangat rendah” berjumlah (0 siswa) sebesar 0%. Disimpulkan bahwa minat peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler bola voli berada pada kategori “tinggi”.
Referensi
Agustina, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Visual dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(3), 236–246. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i3.74. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v1i3.74
Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1449–1463. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6594.
Asrial, Syahrial, Maison, M., Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2020). Ethnoconstructivism E-Module to Improve Perception, Interest, And Motivation of Students in Class V Elementary School. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 30–41. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222
Bakhri, S. (2018). Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dengan Tingkat Religiusitas Siswa SMA Negeri 1 Tangen (Perspektif Teori Sistem Sosial Talcott Parsons). Jurnal Sosiologi Agama, 12(1). https://doi.org/10.14421/jsa.2018.121-04. DOI: https://doi.org/10.14421/jsa.2018.121-04
Darminto, A. O. (2017). Hubungan Power Tungkai dan Keseimbangan Terhadap Tendangan Sabit pada Ekstrakurikuler Pencak Silat di Mi At-Taubah Kota Bekasi. Genta Mulia, 4(1), 13–22.
Dewa, E., Maria Ursula Jawa Mukin, & Oktavina Pandango. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 351–359. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.288. DOI: https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.288
Hadi, Yahya, & Lufthansa. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 Pada Materi Perwasitan Matakuliah Teori dan Praktek Bola Voli 1 Tahun Akademik. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi dan Sosial Budaya, 25(1). DOI: https://doi.org/10.33503/paradigma.v25i2.559
Haryanto, & Suhendri, H. (2014). Efektivitas Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Bangsa Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Edutech, 13(3). https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3091. DOI: https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3091
Hasanah, N. F., Nurtaman, M. E., & Hanik, U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (Rte) Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Pinggir Papas 1 Sumenep. Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 112. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i2.5195. DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i2.5195
Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.2604
Latubessy, A., & Fiati, R. (2015). Analisa Dan Perancangan Model Keputusan Bakat Dan Minat Anak. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 6(1). https://doi.org/10.24176/simet.v6i1.235. DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v6i1.235
Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67. DOI: https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67
Lisma, E., Rahmadhani, R., & Siregar, M. A. P. (2019). Pengaruh Kecemasan Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. ENLIGHTEN, 2(2). https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1345. DOI: https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1345
Lutfi, A., & Nugroho, A. (2019). Minat Belajar Dan Keberhasilan Belajar Partikel Penyusun Atom Dengan Media Pembelajaran Permainan Chem Man. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 39–50. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p039. DOI: https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p039
Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443
Nugraha, B., Dimyati, A., & Gustiawati, R. (2021). Minat Belajar Siswa Dalam Mempraktekkan Pembelajaran Penjas di Rumah Pada Masa Covid-19. Journal Coaching Education Sports, 2(1). https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.446. DOI: https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.446
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320. DOI: https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320
Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Siswa SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90
Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 171–179. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1831. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1831
Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Rivandi, M., & Kemala, E. R. (2021). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Akuntansi (PPAk) di Universitas Dharma Andalas. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 94–108. https://doi.org/10.47233/jebd.v23i1.177. DOI: https://doi.org/10.47233/jebd.v23i1.177
Rustiana, E. R. (2011). Efek Psikologis dari Pendidikan Jasmani ditinjau dari Teori Neurosains dan Teori Kognitif Sosial. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.15294/miki.v1i2.2035.
Santos, M. H. Dos, Harliawan, & Ismail. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Penjas Siswa SMP Frater Makassar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 9(1). https://doi.org/10.22487/tjsspe.v9i1.969.
Suciyati, & Mariamah. (2018). Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 04 Sila. Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 142–149. https://doi.org/10.37630/jpm.v8i2.265. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v8i2.265
sugyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sulistiono, A. A. (2014). Kebugaran Jasmani Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), 223. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.140. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.140
Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan E-Komik Dengan Model ADDIE Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(2), 48–59. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159
Wicaksono, P. N., Kusuma, I. J., Festiawan, R., Widanita, N., & Anggraeni, D. (2020). Evaluasi penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran pendidikan jasmani materi teknik dasar passing sepak bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 41–54. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774. DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774
Widiastuti, E. R., & Suyitno. (2018). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sistem Bahan Bakar Bensin dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share ( TPS ) Kelas XI TKR SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 12(01), 24–28. https://doi.org/10.37729/autotech.v7i1.2784.
Widiyatmoko, F. A., & Anggoro, D. B. (2019). Model Permainan Game 3 On 3 dan Bola Pantul Meningkatkan Kemampuan Dasar Bola Voli. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 9(2). https://doi.org/10.15294/miki.v9i2.23646.
Widodo. (2014). Strategi Peningkatan Aktivitas Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Luar Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), 281–294. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.144. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.144
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Komang Ogi Saputra, I Putu Darmayasa, Made Agus Wijaya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)