Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bola Besar pada Peserta Didik Kelas XI SMA

Authors

  • I Made Yoga Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Budaya Astra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Komang Sukarata Adnyana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.59223

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bola Besar

Abstract

Kendala lainnya terjadi pada mata pelajaran bola besar adalah guru kurang termotivasi dalam memberikan materi bola besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran problem-based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar bola besar pada peserta didik kelas XI IPA 1 di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPA 1 SMA yang berjumlah 36 orang dengan rincian 20 orang putri dan 16 orang putra. Metode pengumpulan data dengan tes. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar bola besar secara klasikal mengalami peningkatan, hasil belajar peserta didik di SMA diperoleh presentase sebesar 27,7%. Hasil belajar pada siklus I aspek pengetahuan passing bola basket adalah, 91,7%, aspek keterampilan passing bola basket 88,9%. Hasil belajar siklus II pada aspek pengetahuan passing bola voli adalah sebesar 94,4% sedangkan pada aspek keterampilan passing bola voli adalah 91,7%. Disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran problem-based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar bola besar (passing bola voli dan passing bola basket) pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA. Implikasi penelitian diharapkan guru PJOK untuk menggunakan model pembelajaran problem-based learning (PBL) karena dapat meningkatkan hasil belajar bola besar.

References

AlperAslan. (2021). Problem- based learning in live online classes: Learning achievement, problem-solving skill, communication skill, and interaction. Computers & Education, 171, 104237. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237.

Amin, A. K., Sudana, I. N. D., Setyosari, P., & Djatmika, E. T. (2021). The Effectiveness of Mobile Blended Problem Based Learning on Mathematical Problem Solving. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 15(1), 119. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i01.17437.

Astuti, A. A. I. Y., Wibawa, I. M. C., & Suarjana, I. M. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning Toward Students ’ Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 573–580. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i4.25667.

Bekti, A., & Firosalia, K. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 353–361. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.

Boelt, A. M., Kolmos, A., & Holgaard, J. E. (2022). Literature review of students’ perceptions of generic competence development in problem-based learning in engineering education. European Journal of Engineering Education, 47(6), 1399–1420. https://doi.org/10.1080/03043797.2022.2074819.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Devi, Putu Sintya, & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Matematis Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(2), 1349–1355. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789.

Handayani Anik, H. D. K. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924.

Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10446.

Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan E-Learning Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menekan Penyebaran Covid-19. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847.

Irwanti, H., & Zetriuslita, Z. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Research in Mathematics Learning, 4(2), 103–112. https://doi.org/10.24014/juring.v4i2.12568.

Keiler, L. S. (2018). Teachers’ roles and identities in student-centered classrooms. International: Journal of STEM Education, 5(34). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0131-6.

Levesque, C., & Brown, K. W. (2007). Mindfulness as a moderator of the effect of implicit motivational self-concept on day-to-day behavioral motivation. Motivation and Emotion, 31(4), 284–299. https://doi.org/10.1007/s11031-007-9075-8.

Liu, Y., & Pásztor, A. (2022). Effects of problem-based learning instructional intervention on critical thinking in higher education: A meta-analysis. Thinking Skills and Creativity, 45, 101069. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101069.

Mulyani, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Masa Pandemi Covid 19. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.489.

Nagge, J. J., Killeen, R., & Jennings, B. (2018). Using a course pilot in the development of an online problem-based learning (PBL) therapeutics course in a post-professional PharmD program. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 10(2), 231–234. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2017.10.005.

Oka Mahendra, I. B. P., Budaya Astra, I. K., & Semarayasa, I. K. (2021). Survei Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 53–58. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34858.

Prabawa, I. K. R., Satyawan, I. M., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan video permainan PJOK berbasis tematik (tema kegemaranku) untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia, 1(1), 11 – 26. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3.

Prabowo, E. M., Mintarto, E., & Nurkholis, N. (2022). Variasi dan Kombinasi Permainan Gerak Dasar Atletik Lompat dalam Pembelajaran PJOK Siswa Sekolah Dasar. Discourse of Physical Education, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.36312/dpe.v1i1.604.

Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82–90. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430.

Rahmadani, R., & Taufina, T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938–946. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465.

Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 09(01), 511–519. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/38199.

Sarah C. Kucker. (2021). Processes and pathways in development via digital media: Examples from word learnin. Infant Behavior and Development, 63, 101559. https://doi.org/10.1016/j.infbeh.2021.101559.

Saraswatha, I. M. D., Japa, I. G. N., & Wibawa, I. M. C. (2016). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7015.

Wahyuningtyas, R., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 49–55. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32676.

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111.

Wijaya, kadek ari, Budaya Astra, I. K., & Spyanawati, N. L. P. (2022). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 74–81. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48712.

Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760.

Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17389.

Zhang, X. (2020). Assessment for learning in constrained contexts: How does the teacher’s self-directed development play out? Studies in Educational Evaluation, 66(November 2019), 100909. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100909.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Yoga, I. M., Astra, I. K. B. ., & Adnyana, I. K. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bola Besar pada Peserta Didik Kelas XI SMA. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(2), 163–169. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.59223

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)