Aktivitas Fisik Serta Pola Hidup Sehat Masyarakat Sebagai Upaya Menjaga Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Pande Made Yudi Rawita Atmaja Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Budaya Astra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.31409

Kata Kunci:

Covid-19, Aktivitas Fisik, Pola Hidup Sehat

Abstrak

Pandemi covid-19 berdampak terhadap semua aspek kehidupan terutama kesehatan. Rendahnya aktivitas fisik serta pola hidup sehat yang diterapkan oleh masyarakat sangat berpengaruh terhadap tingkat kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas fisik serta pola hidup sehat masyarakat sebagai upaya menjaga kesehatan pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif atau studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Banjar Sala. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yang hanya berfokus pada masyarakat Banajar Sala dengan hasil sampel berjumlah 50 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner secara online yang dikemas dalam bentuk google form. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mencegah penyebaran virus covid-19 masyarakat telah melaksanakan aktivitas fisik seperti senam, jalan santai, jogging, dan bersepeda serta melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, olahraga dengan rutin, memakai masker, serta rajin mencuci tangan. Jadi dapat disimpulkan bahwa Aktivitas Fisik serta Pola Hidup Sehat Masyarakat sebagai Upaya Menjaga Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19 cukup efektif dengan tingkat presentase (78%).

Biografi Penulis

Pande Made Yudi Rawita Atmaja, Universitas Pendidikan Ganesha

FOK

I Ketut Budaya Astra, Universitas Pendidikan Ganesha

FOK

I Gede Suwiwa, Universitas Pendidikan Ganesha

FOK

Referensi

Adam, S., Supusepa, R., Hattu, J., & Taufik, I. (2021). Penegakan Hukum Terhadap Pelanggaran Protokol Kesehatan yang Dilakukan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Ambon. S A S I, 27(2), 230–246. https://doi.org/10.47268/sasi.v27 i 2 .4 41.

Ambarawati, D. A., & Darma, I. M. W. (2021). Strategi Komunikasi Satgas Covid-19 Dalam Menyosialisasikan Prokes Kepada Lansia Di Desa Penatahan. Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 95–98. https://doi.org/10.30656/ka.v3i2.3143.

Anwar, F., & Julia, P. (2021). Analisis Strategi Pembinaan Kesehatan Mental Oleh Guru Pengasuh Sekolah Berasrama Di Aceh Besar Pada Masa Pandemi. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 64–83. https://doi.org/10.22373/je.v6i2.10905.

Arifin, S., Heriyani, F., Rahman, F., & Anhar, V. Y. (2015). Cultural Study on the Behavior of Clean and Healthy in Order of Household in Order to Increase Health Status in South Kalimantan. Asian Journal of Applied Sciences, 3(3), 10.

Arifiyanti, N., & Prasetyo, I. (2018). Personal Hygiene Learning in Preschool Classroom. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 7(2), 8. https://doi.org/10.15294/IJECES.V7I2.23170.

Arinda, D. F., Fajar, W. I., Sari, D. M., & Yuliarti. (2021). Aktivitas Fisik, Perilaku Kesehatan Dan Gizi Di Masa New Normal Pada Pegawai Di Indonesia. JAKAGI: Jurnal Pangan Kesehatan Dan Gizi, 1(2), 9 – 19. Retrieved from http://journal.binawan.ac.id/JAKAGI/article/view/154/131.

Asnawi, A., Aligita, W., & Muhsinin, S. (2021). Kemitraan Asosiasi Profesi Kesehatan dalam Aplikasi Metode KESET untuk Menangani Stress di Masa Pandemi Covid-19 bagi Masyarakat Desa Cibiru Wetan dan Praktisi Apoteker Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 258–263. https://doi.org/10.30653/002.202161.671.

Asri, I. H., Lestarini, Y., Husni, M., Muspita, Z., & Yul Hadi, A. (2021). Edukasi Pola Hidup Sehat Di Masa Covid-19. ABDI POPULIKA, 2(1), 56–63. Retrieved from. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/abdipopulika/article/view/3105.

Azor-Martinez, E., Yui-Hifume, R., Muñoz-Vico, F. J., Jimenez-Noguera, E., Strizzi, J. M., Martinez-Martinez, I., Garcia-Fernandez, L., Seijas-Vazquez, M. L., Torres-Alegre, P., & Fernández-Campos, M. A., Gimenez-Sanchez, F. (2018). Effectiveness of a Hand Hygiene Program at Child Care Centers: A Cluster Randomized Trial. Pediatrics, 142(5). https://doi.org/10.1542/peds.2018-1245.

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 217–226.

Chen, P., Mao, L., Nassis, G. P., P., H., Ainsworth, B. E., & Li, F. (2020). Coronavirus disease (COVID-19): The need to maintain regular physical activity while taking precautions. Journal of Sport and Health Science, 9(2), 103–104. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2020.0 2.001.

Clark, J., Henk, J. K., Crandall, P. G., Crandall, M. A., & O‟Bryan, C. A. (2016). An observational study of handwashing compliance in a child care facility. ,. American Journal of Infection Control, 44(12), 1469–1474. https://doi.org/10.1016/j.ajic.2016.08.006.

DG, A., HJ, S., MH, K., S, L., HS, K., & Myoung J. (2020). Current Status of Epidemiology, Diagnosis, Therapeutics, and Vaccines for N ovel Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Journal of Microbiology and Biotechnollogy, (30), 313 – 324.

Harjudin, L. (2020). Dilema penanganan Covid-19: Antara legitimasi pemerintah dan kepatuhan masyarakat . Jurnal Kesejahteraan Dan Pelayanan Sosial, 1(1), 90–97.

Indrayogi, & Nurhayat, M. (2020). Pengaruh Latihan Senam Sehat Indonesia Terhadap Peningkatan Kapasitas Paru-Paru Bagi Lansia Di Universitas Majalengka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 4 19-424. https://doi.org/0.31949/educatio.v6i2.5 45.

Jamilah, Tri, S., & Fauzi, M. (2021). Sosialisasi Edukasi Covid-19 bagi Siswa Sekolah Dasar di SD Luqman Alhakim Sumenep. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 367–370. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i2.7013.

Keogh-brown, M. R., Tarp, H., Edmunds, W. J., & Smith, R. D. (2020). SSM - Population Health The impact of Covid-19 , associated behaviours and policies on the UK economy : A computable general equilibrium model. SSM - Population Health, August, 100651. https://doi.org/doi.org/10.1016/j.ssmph.2020.100651.

Mohamad, M. H. (2018). The Relationship Between Mental Health, Stress And Academic. Performance Among College Student, 562–572. https://doi.org/10.15405/epsbs.2018.07.02.60.

Musselwhite, C., Avineri, E., & Susilo, Y. (2020). “Editorial JTH 16 –The Coronavirus Disease COVID-19 and implications for transport and health. J. Transp. Health, 16, 100853. https://doi.org/10.1016/j.jth.2020.100853.

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529.

Oktariyana, Asmawi, & Zamzami. (2020). Enhancement of Students’ Fitness Using Rhythmic Gymnastics (Batara Gymnastics). Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 9(1), 23– 27. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr.

Ong, M. T.-Y., Ling, S. K.-K., Wong, R. M.-Y., Ho, K. K.-W., Chow, S. K.-H., Cheung, L. W.-H., & Yung, P. S.-H. (2020). Impact of COVID-19 on Orthopaedic clinical service, education and research in a University hospital. Journal of Orthopaedic Translation. https://doi.org/10.1016/j.jot.2020.08.001.

Paryanto, R., & Wati, I. D. P. (2013). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(5), 143–154.

Prasepty, W. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Kebugaran Jasmani untuk Anak TK Usia 4-6 Tahun. In Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 205–210.

Putri, L. M., Syahrul, & Ramadhan. (2020). Keresahan komika terhadap pelanggaran aturan pemerintah dalam menghadapi wabah Covid-19 dilihat dari perspektif sosiocultural practice. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 205–212. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i2.13494.

Putri, R. S., & Purwanto, D. (2020). (2020). Impact of the COVID-19 pandemic on online home learning: An explorative study of primary schools in Indonesia. International ,. Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809–4818.

Rizki, M., Prasetyanto, D., & Maulana, A. (2021). Kesehatan Mental dan Perubahan Aktivitas-Perjalanan Saat Pandemi COVID-19 di Indonesia. Rekayasa Hijau: Jurnal Teknologi Ramah Lingkungan, 5(2), 125–135. https://doi.org/10.26760/jrh.v5i2.125-135.

Safitri, H. I., & Harun. (2021). Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385–394. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.542.

Sari, M. (2016). Kontribusi Lingkungan Keluarga Dan Aktivitas Fisik Terhadap Kesegaran Jasmani Anak Tunagrahita. Journal Sport Area Penjaskesrek FKIP Universitas Islam Riau, 1(1), 38–46. https://doi.org/10.25299/sportarea.2016.vol1(1).374

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., … Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415.

Suyatmin, S., & Sukardi, S. (2018). Development of Hygiene and Healthy Living Habits Learning Module for Early Childhood Education Teachers. Unnes Journal of Public Health, 7(2), 89–97. https://doi.org/10.15294/ujph.v7i2.19470.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Wicaksono, A. (2020). Aktivitas Fisik Yang Aman Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1), 10–15. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i1.28446.

Wiranata, I. G. L. A. (2020). Penerapan Positive Parenting dalam Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat kepada Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 82–88. https://doi.org/10.25078/pw.v5i1.1362.

Yufiarti, Y., Edwita, & Suharti. (2019). Health Promotion Program (JUMSIH); To Enhance Children‟s Clean and Healthy Living Knowledge. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 341–355. https://doi.org/10.21009/JPUD.132.10.

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan pemberlakuan lockdown sebagai antisipasi penyebaran corona virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 227 – 238. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083.

Zahrotunnimah, Z. (2020). Langkah taktis pemerintah daerah d alam pencegahan penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 247 – 260. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15103.

Diterbitkan

2021-10-16

Cara Mengutip

Atmaja, P. M. Y. R., Budaya Astra, I. K., & Suwiwa, I. G. (2021). Aktivitas Fisik Serta Pola Hidup Sehat Masyarakat Sebagai Upaya Menjaga Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 128–135. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.31409

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama