Inovasi Numerasi Melalui Aktivitas Fisik Untuk Siswa Disabilitas Intelektual
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v12i2.79083Kata Kunci:
Inovasi Numerasi, Aktivitas Fisik, Disabilitas IntelektualAbstrak
Siswa disabilitas intelektual sering menghadapi kesulitan dalam memahami numerasi dan berpartisipasi dalam aktivitas fisik, serta rentan terhadap kekerasan dan isolasi sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan inovasi numerasi melalui aktivitas fisik untuk siswa disabilitas intelektual. Model pengembangan yang digunakan adalah Borg and Gall. Metode penelitian ini adalah pengembangan, teknik pengumpulan data dengan instrumen penelitian lembar angket yang ditujukan kepada siswa dan ahli, teknik analisis data dengan persentase. Sampel penelitian merupakan siswa Sekolah Menengah Pertama penyandang disabilitas intelektual. Produk dirancang dan kemudian divalidasi oleh ahli materi, ahli inovasi, dan ahli bahasa. Uji coba kelompok kecil 4 siswa dan uji coba kelompok besar 9 siswa. Hasil validasi ahli materi, ahli inovasi, ahli bahasa dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Hasil lembar penilaian subjek siswa dinyatakan sangat baik dan dapat digunakan. Sehingga disimpulkan bahwa inovasi numerasi melalui aktivitas fisik untuk siswa disabilitas intelektual valid dan dapat digunakan untuk proses pembelajaran di sekolah. Inovasi yang dikembangkan yaitu numerasi melempar, numerasi berjalan, numerasi melompat dan meloncat, dan numerasi berlari. Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi aktivitas fisik dalam pembelajaran numerasi dapat signifikan meningkatkan keterlibatan, motivasi belajar, dan keterampilan matematika anak-anak disabilitas intelektual. Implikasi penelitian ini dapat meningkatkan kesehatan fisik, serta mendukung pendidikan inklusif untuk persiapan hidup mandiri di masyarakat.
Referensi
Adiffa Firki Diansyah, Deriadi Sapdyanto, U. H. (2021). Inovasi Pembelajaran Kreatif Untuk Siswa Kelas 1 SD Negeri Lempuyangwangi Yogyakarta Dengan Aplikasi Whiteboard Videoscribe Dan Animation Plotagon. Institut Teknologi Telkom Surabaya, 2(1), 191–202. https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/131.
Amirzan, Indra Kasih, D. R. M. (2020). Pengembangan Prototipe Bicycle Static dalam Meningkatkan Kebugaran Jasmani Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 251–272. https://doi.org/10.32672/si.v21i2.2184.
Anang Setiawan, Yudiana Yunyun, A. R. (2018). Pengaruh Pembelajaran Bola Tangan Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 89. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10188.
Andri Irawan, Nur Fitranto, M. H. H. (2021). Aktifitas Fisik Pemain Futsal Universitas Negeri Jakarta Selama Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 5(1), 40–46. https://doi.org/10.21009/JSCE.05105.
Anggun Winata, Ifa Seftia Rakhma Widiyanti, S. C. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090.
Asyharinur Ayuning Putriana Pitaloka, Safira Aura Fakhiratunnisa, T. K. N. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. MASALIQ, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83.
Bangkit Seandi Taroreh, M. H. S. (2020). Implementasi Permainan CBA Pada Pembelajaran Atletik Sebagai Solusi Alternatif Melestarikan Permainan Tradisional Di Sumatera Selatan. Jurnal Curere, 4(1), 9–16.
Dara Gebrina Rezieka, Khamim Zarkasih Putro, M. F. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi ABK. Bunayya Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40–53. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424.
Dilli Dwi Kuswoyo, H. J. H. (2023). Kreasi Pendidikan Jasmani Adaptif- Media pembelajaran Anak Berkebutuhan khusus (ABK) Sebagai Upaya peningkatan Perkembangan Sensorik dan Motorik, Di Sekolah Luar Biasa Negeri Anim Ha Merauke. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(1), 01–06. https://doi.org/10.55542/jppmi.v2i1.488.
Dyajeng Ayu Mega Puspita, Subandowo, H. K. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Program Khusus Pengembangan Diri Untuk Anak Disabilitas Intelektual Berbasis Mobile Learning. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 9(1), 320–326. https://doi.org/10.29100/jipi.v9i1.4762.
Egi Verbina Ginting, Ria Renata Ginting, R. J. H. (2022). Analisis Faktor Tidak Meratanya Pendidikan Di Sdn0704 Sungai Korang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(04), 407–416. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i04.778.
Fatoni, R. A., Suroto, S., & Indahwati, N. (2021). Pengaruh aktivitas fisik program gross motor skill terhadap indeks massa tubuh dan tingkat kebugaran jasmani. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(1), 1 – 10. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i1.9539.
Fernanda, C., Gifari, N., Mulyani, E., Nuzrina, R., & Ronitawati, P. (2021). Hubungan Asupan, Status Gizi, Aktivitas Fisik, Tingkat Stres dan Siklus Menstruasi Atlet Bulutangkis. Sport and Nutrition Journal, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.15294/spnj.v3i1.41133.
Friantini, R. N., Winata, R., Lase, V. M., Miranda, L. L., & Kristina, R. (2021). Penguatan Numerasi Anak Tahap Awal Sekolah di Dusun Ugan Hilir Desa Nyiin. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2231–2245. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5249.
Gaudensiana Bopo, Elisabeth Tantiana Ngura, Yasinta Maria Fono, D. N. L. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Dengan Media Papan Pintar Berhitung Pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 468–480. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1998.
Gede Adi Mahardika. (2021). Hubungan Hasil Belajar Pjok dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 99–106. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37361.
I Gede Dharma Utamayasa. (2021). Model-model pembelajaran pendidikan jasmani. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Intan Indria Hapsari, M. F. (2021). Inovasi Pembelajaran Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Guru Di SDN 2 Setu Kulon. Prosiding Dan Web Seminar (Webinar) “Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0,” 187–194.
Irfan Widyan Zulfahmi, Poppy Anggraeni, A. A. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Cerdas, Cermat, Cepat Dan Tepat (C3T) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Ketib Pada Materi Ekosistem. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 2(2), 177–189. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/saee/article/view/840.
Luh Putu Winda Yogantari, Nono Hery Yoenanto, A. M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Mnemonik dan Orton-Gillingham pada Anak dengan Disabilitas Intelektual. Jurnal Diversita, 9(2), 167–175. https://doi.org/10.31289/diversita.v9i2.8225.
M Haris Satria, M. A. W. (2020). Permainan Gerak Dasar Lokomotor Untuk Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penjakora, 7(1), 49. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24696.
Maklonia Meling Moto. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/16060.
Maulida Arum Fitriana, S. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Dalam Memecahkan Masalah Matematika Di Sekolah Dasar. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 1111–1113. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4368.
Moh. Iqbal Assyauqi. (2020). Model Pengembangan Borg and Gall. Yogyakarta: Institut Agama Islam Negeri.
Mohammad Archi Maulyda, Lalu Hamdian Affandi, Awal Nur Kholifatur Rosyidah, Itsna Oktaviyanti, Muhammad Erfan, I. H. (2021). Profil Wawasan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Numerasi Berbasis Level Kemampuan Siswa. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(3), 619–630. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.p%25p.
Muhammad Riza, A. S. (2018). Deteksi Perkembangan Kompetensi Motorik Anak Di PAUD NADILA KEC. Bebesen Kab. Aceh Tengah. Jurnal As-Salam, 2(3), 42–51. https://doi.org/10.37249/as-salam.v2i3.97.
Ni’matuzahroh, Sri Retno Yuliani, Soen, M.-W. (2021). Psikologi Dan Intervensi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Universitas Muhammadiyah Malang: Press.
Nurina Ayuningtyas, D. S. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2299.
Pande Made Yudi Rawita Atmaja, Ketut Budaya Astra, G. S. (2021). Aktivitas Fisik Serta Pola Hidup Sehat Masyarakat Sebagai Upaya Menjaga Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 128–135. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.31409.
Parulian Siregar. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5b SD Negeri 101880 Aek Godang Padang Lawas Utara. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 366–376. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.944.
Rahmi Lubis, Nellinda Syafitri, Risky Nurlita Maylinda, N., & Nadhira Alyani, Riski Anda, Novi Zulfiyanti, O. Z. S. (2023). Pendekatan Behavioristik untuk Anak Disabilitas Intelektual Sedang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1626–1638. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4161.
Riyanto, P. (2020). Kontribusi aktifitas fisik, kebugaran jasmani terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(1), 117–126. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.31.
Rizki Wahyuningtyas, B. S. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.
Salsabilah Khoirunnisa, A. G. A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Pada Era Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 925–936. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17393.
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041.
Silvia Carrascal, Y. G. R. (2017). The Influence of Teacher Training for the Attention of Students with Intellectual Disabilities in the Transitional Period to Adulthood. Universal Journal of Educational Research, 5(11), 1863–1868. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.051102.
Sudjana. (2016). Statistical Method. Bandung: PT. Tarsito.
Tariq A. Alsalhe, N. L. B. (2021). The Effectiveness of Physical Education Games on Mathematics Achievement in a Sample of Students with Intellectual Disabilities (Preprint). JMIR Serious Games. https://doi.org/10.2196/29142.
Tina Yunarti, A. A. (2022). Pentingnya Kemampuan Numerasi Bagi Siswa. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 44–48.
Yandika Fefrian Rosmi, M. N. J. (2022). Implementation of Adaptive Physical Education in Surabaya Inclusive Schools. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 18(1), 70–77. https://doi.org/10.21831/jpk.v18i1.50886.
Yoga Lilo Anung Anindhito. (2020). Pengembangan Model Permainan Olahraga Freeball pada Pembelajaran Penjas Adaptif Anak Tunagrahita di SLB Se-Kabupaten Kendal. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(2), 68–75. https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i2.36870.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ira Kenyosi Br Manurung, Nurhayati Simatupang, Samsuddin Siregar, Suryadi Damanik, Amir Supriadi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)