PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK A2 EKA DHARMA SINGARAJA

Authors

  • Putu Ayu Suwini Asri
  • Ign Wayan Suwatra
  • Didith Pramunditya Ambara

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1086

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf dengan penerapan metode pemberian tugas berbantuan media kartu huruf. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A2 TK Eka Dharma Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal huruf anak kelompok A2 dengan metode pemberian tugas berbantuan media kartu huruf.  Siklus I menunjukkan angka sebesar 54,75% yang berada pada kategori rendah dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89,66% yang tergolong pada kategori tinggi. Jadi terjadi peningkatan kemampuan mengenal huruf pada kelompok A2 TK Eka Dharma Singaraja sebesar 35,7%. Hal ini karena metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemandirian anak, tanggung jawab anak dan kartu huruf dapat menarik anak untuk belajar sehingga mengenal huruf mudah dipahami oleh anak.

 

Kata kunci : kemampuan mengenal huruf, metode pemberian tugas,  media kartu huruf

Abstract

This study aims to determine the increase in the ability to recognize letters implementation of media-assisted method of assignment letter cards. This research is a classroom action research was conducted in two cycles. Subjects in this study were kindergarten children in group A2 Singaraja Eka Dharma Academic Year 2012/2013. Data was collected by observation. The data were analyzed using descriptive statistical analysis methods and quantitative descriptive analysis. Results of data analysis showed that an increase in the ability of group A2 children recognize letters with media-assisted method of assignment letter cards. I showed the number of cycles of 54.75% which is in the low category and have increased in the second cycle to be 89.66% which is relatively high in the category. Data analysis showed  that  the ability to recognize letters was increased for about 35.7%. This is because the method of administration tasks can increase the child's independence, responsibility letters and cards kids can draw children to learn to recognize the letters easily understood by children.

 

Keywords : the ability to know letters, task giving method, letter card media

Downloads

Published

2013-07-10

How to Cite

Asri, P. A. S., Suwatra, I. W., & Ambara, D. P. (2013). PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK A2 EKA DHARMA SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1086

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>