PENERAPAN METODE TANYA JAWAB BERBANTUAN MEDIA KOTAK MERJAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK PADA ANAK KELOMPOK B SEMESTER II
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1046Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak khususnya kemampuan penambahan dan pengurangan pada anak TK pada kelompok B di TK Saiwa Dharma Tejakula dengan menerapkan metode tanya jawab berbantuan media kotak merjan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 20 orang anak kelompok B TK Saiwa Dharma Tejakula semester II tahun pelajaran 2012/2013. Data penelitian tentang kemampuan kognitif khususnya penambahan dan pengurangan dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrument berupa lembar format observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan kognitif setelah penerapan metode tanya jawab berbantuan media kotak merjan. Data pada siklus I khususnya penambahan dan pengurangan adalah sebesar 55,25 % yang berada pada kategori rendah. Setelah pelaksanaan siklus II khususnya penambahan dan pengurangan peneliti mendapatkan data 87 % yang berada pada kategori tinggi. Hasil yang didapatkan pada siklus I jika dibandingkan dengan siklus II menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif khususnya penambahan dan pengurangan pada anak sebesar 31,75 %.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)