Media Kartu Uno Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal dan Berhitung Angka

Gusti Ayu Wulandari, Didith Pramunditya Ambara

Abstract


Penelitian ini dilakukan didasari oleh kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran daring. Guru memerlukan media pembelajaran yang kreatif dan menarik dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujan untuk menciptakan rancang bangun dan mengetahui validitas media kartu UNO berbasis multimedia interaktif untuk kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal dan berhitung angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini berjumlah 5 yang terdiri dari 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran dan 3 orang anak usia dini pada uji perorangan. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas yang dilakukan oleh ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran memperoleh skor 86,45% dengan kualifikasi baik, serta uji coba perorangan memperoleh skor 92,50% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi dapat dinyatakan bahwa media kartu UNO berbasis multimedia interaktif ini layak digunakan pada kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal dan berhitung angka. Implikasi dalam penelitian ini adalah media kartu UNO ini dapat menjadi solusi atas kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran daring. 


Keywords


Kartu Uno; Multimedia Interaktif

References


Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Agustin, R., Nurmalia, & Noviardila, I. (2021). Peranan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpk), 3(1), 71–79. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1385.

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377.

Artini, N. P. W. D., Suadnyana, I. N., & Wiarta, I. W. (2016). Penerapan Metode Bermain Berbentuk Media Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif PAUD Kusuma 2. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i1.7532.

Bastian, B. (2019). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1357. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7899.

Christianti, M. (2015). Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Multimedia Pembelajaran Interaktif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vokas idalam Rangka Dies Natalis Ke-54 FT UNY. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132319834/penelitian/16.%20Kemampuan%20Pengenalan%20Huruf%20AUD%20melalui%20Multimedia%20Pembelajaran%20Interaktif.pdf.

Estiani, W., Widiyatmoko, A., & Sarwi. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Uno Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Karakter Siswa Kelas VIITema Optik. Unnes Science Education Journal, 4(1), 711–719. https://doi.org/10.15294/usej.v4i1.4974.

Fardiah, Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254.

Farihah, H. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka. Jurnal Teladan, 2(1), 2–20. http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/16.

Firdania, M. S., Tursina, & Sastypratiwi, H. (2016). Aplikasi CAI Berbasis Multimedia Untuk Pengenalan Bagian Tubuh Manusia Pada Anak Usia Dini. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 4(1), 1–5. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/13124.

Firdaus, Septiana, dkk. 2012. “Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Company Profile Genetic”. Jurnal Alogoritma, Vol 1, No 9, Tahun 2012, (Halaman 1-10).

Fitri, N. A., & Karlimah. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 226–239. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/13196.

Irsa, D., Wiryasaputra, R., & Primaini, S. (2015). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent Method ( LCM ) Berbasis Android. Jurnal Informatika Global, 6(1), 7–14. http://dx.doi.org/10.36982/jiig.v6i1.4.

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155.

Kholida, A., & Sutama, I. W. (2020). Pengembangan Alat Permainan Kartu U-Kids (Uno Kids) Untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini, 11(2), 76–87. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24854.

Maslina, A. S. A. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Dengan Media Audio Visual Pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup Di Pendidikan Dasar. In Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.12928/jpsd.v7i1.14467.

Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabetha

Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2019). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311.

Nofikasari, I., Suryani, F., & Yuliana, M. E. (2019). Induksi Teknologi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Paud Aisiyah Al- Hasanah Sukoharjo. September, 3–5. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sndms/article/view/3264.

Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435.

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007.

Oktaviarini, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Tema Lingkungan Dan Alam Sekitar Untuk Siswa Kelas Iv Sd Di Kabupaten Blitar Nourma. Jurna Pena Sd, 03(01), 70–87. https://doi.org/10.29100/jpsd.v3i01.919.

Oktriyani, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Lingkaran Angka Di Taman Kanak- Kanak Qatrinnada Kecamatan Koto Tangah Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 83–96. http://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/510.

Purnamasari, Y., & Mayar, F. (2019). Manajemen Pengembangan Kreativitas Kognitif Dan Bahasa Anak Usia Dini Di Paud “Handayani” Skb Kendal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 151, 10–17. https://lib.unnes.ac.id/23005/.

Putra, P. A., & Hasiana, I. (2020). Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Dengan Multimedia Interaktif. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 19–24. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no02.a3016.

Rahmawati, R., Muttaqin, M., & Listiawati, M. (2019). Peran Permainan Kartu Uno Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 64–75. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v9i2.6221.

Rosmiyati, & Wahyuni, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun dengan Bermain Kartu Domino di PAUD Nurjannah Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 76–85. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2517.

Rosyida, S. (2017). Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran Tentang Pengenalan Vitamin yang Terkandung di Dalam Buah. Teknik Informatika Stmik Antar Bangsa, III(1), 17–23. https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/1955/JSI-STMIK-Antar-Bangsa-Vol.-IV-No.-2-Agustus-2015--Susy-Rosyida.pdf..

Sari, D. A., & Nurjanah, A. L. (2020). Hubungan Game Online dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 994. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.344.

Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipon’s Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428.

Suandi, A., & Pamungkas, P. D. A. (2019). Multimedia Interaktif Pembelajaran Ips Kelas 7 Berbasis Android Pada Mts Al-Wasliyah Jakarta Timur. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 66. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i2.1087.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Syahdiani, S., Kardi, S., & Sanjaya, I. G. M. (2017). Pengembangan multimedia interaktif berbasis inkuiri pada materi sistem reproduksi manusia untuk meningkatkan hasil belajar dan melatihkan keterampilan Berpikir kritis siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 727-741.

Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Tegeh, M., Jampel, N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500

Article Metrics

Abstract view : 277 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini  Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 4 Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha    Crossref      


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.