Kompetensi Kepribadian dan Motivasi Mengajar Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru PAUD
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39952Keywords:
kompetensi kepribadian, motivasi mengajar, kinerja guruAbstract
Masih rendahnya kompetensi kepribadian dan motivasi guru PAUD dalam mengajar terlihat dari guru yang masih cenderung mengedepankan pedagogik dan akademik daripada pengembangan kompetensi kepribadian dan terlihat guru yang masih sering datang terlambat serta kurangnya minat guru dalam membuat media pembelajaran yang baru dengan rancangan pembelajaran yang lebih menarik sehingga hal ini mempengaruhi kinerja guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari kompetensi kepribadian dan motivasi mengajar terhadap kinerja guru PAUD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 103 guru dengan jumlah sampel sebanyak 82 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode non tes berupa penyebaran kusioner. Instrumen yang digunakan menggunakan jenis kuisioner tertutup. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analsis statistik inferensial dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian dan motivasi mengajar terhadap kinerja guru (thitung 30,620 > tTabel 3,17). Sehingga, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi kepribadian dan motivasi mengajar terhadap kinerja guru PAUD. Implikasi dari penelitian ini yaitu hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai refrensi terkait dengan hubungan antara kompetensi kepribadian dan motivasi mengajar guru PAUD terhadap kinerja guru.
References
Abdullah, A. (2020). Relationship the Work Culture and Training Programs Within Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1), 92–101. https://doi.org/10.52155/ijpsat.v20.1.1727.
Aditya, A. M., Setyadi, A. R., & Leonardho, R. (2020). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manazhim, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.668.
Agustin, I. T., & Nafiah. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Margorejo VI/524 Surabaya. Education and Human Development Journal, 4(2), 21–32. https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i2.1122.
Alhusaini, A., Kristiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166–2172. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.693.
Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28–47. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1529.
Anggraini, W. R., Hartati, C. S., & Utari, W. (2021). Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 13 Balikpapan. Jurnal Manajerial Bisnis, 4(3), 257–268. https://doi.org/10.37504/mb.v4i3.343.
Arifai, A. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 27–38. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i1.21.
Arlita, S. E., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Akademik dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru. Attractive : Innovative Education Journal, 2(3), 8. https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.70.
Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). Kebun Buah Learning Media for Early Childhood Counting Ability. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128.
Baharudin, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, 6(1), 1–26. http://ejournal.inismupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/38.
Botutihe, S. N. (2020). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Gorontalo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 883–891. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.481.
Dewi, R. S., Kurniaitun, T. C., & Abubakar. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–158. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581.
Engin, G. (2020). An Examination of Primary School Students’ Academic Achievements and Motivation In Terms of Parents’ Attitudes, Teacher Motivation, Teacher Self-efficacy and Leadership Approach. International Journal of Progressive Education, 16(1), 2020. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.228.18.
Giantoro, H. M., & Haryadi, R. P. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru , Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA), 21(2), 1–11. https://doi.org/10.32424/jeba.v21i2.1290.
Haingu, R. M. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Paud di Kecamatan Kota Tambolaka dan Loura Kabupaten Sumba Barat Daya. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 3(2), 61–65. https://doi.org/ 10.53395/jes.v3i2.57.
Heriswanto, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMPN I Lambuya Kab. Konawe Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akrab Juara, 3(3), 136–152. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/253.
Hidayat, A. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru di Gugus II Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Revolusi Indonesia, 2(1), 21–30. http://fenery.org/index.php/jri/article/view/63.
Hidayat, Y. (2020). Peningkatan Kinerja dan Motivasi Mengajar terhadap Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, II(1), 121–130. https://doi.org/10.37577/jp3m.v2i1.199.
Janah, R., Akbar, Z., & Yetti, E. (2020). Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru PAUD di Kota Depok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 224–229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.236.
Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p25-33.
Kartini, D., Kristiawan, M., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal’s Leadership, Academic Supervision, and Professional Competence toward Teachers’ Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1), 156–164. https://doi.org/10.52155/ijpsat.v20.1.1730.
Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373–390. https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.348.
Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–67. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276.
Lie, D., Sherly, Dharma, E., & Sudirman, A. (2019). The Impact of Work Discipline and Work Ethic on the Teacher Performance of Sultan Agung Pematangsiantar Private Middle School Teachers T.A. 2018/2019. International Journal of Business Studies, 3(3), 125–135. https://doi.org/10.32924/ijbs.v3i3.83.
Mahfud, M. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah , Motivasi Kerja, dan Displin terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kota Bima. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.
Mulang, H. (2021). The Effect of Competences, Work Motivation, Learning Environment on Human Resource Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.52970/grhrm.v1i2.52.
Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900–912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478.
Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 58–69. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i1.10.
Normianti, H., Aslamiah, & Suhaimi. (2019). Relationship of Transformational Leaders of Principal, Teacher Motivation, Teacher Organization Commitments with Performance of Primary School Teachers in Labuan Amas Selatan, Indonesia. European Journal of Education Studies, 5(2), 123–141. https://doi.org/10.46827/ejes.v0i0.2308.
Nurdin. (2017). Pengaruh Motivasi Mengajar dan Persepsi atas Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru. Pengaruh Motivasi Mengajar Dan Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Terhadap Kinerja Guru, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.2121/mp.v2i1.792.g755.
Pianda, D. (2018). Kinerja Guru. CV Jejak.
Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970.
Purwoko, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 149–162. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467.
Putri, N. A., Seri, H., & Sakdiahwati. (2019). Pengaruh Disiplin, Kompetensi Kepribadian Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri Di Palembang. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 25–36. https://doi.org/10.32502/jimn.v8i2.1822.
Rahmayanti, Haryati, T., & Noor, M. (2021). Impact of Professional Competence, Motivation and Work Discipline on Teacher Performance. Economic Education Analysis Journal, 10(2), 229–239. https://doi.org/10.15294/eeaj.v10i2.46181.
Rasam, F., Sari, A. I. C., & Karlina, E. (2019). Peran Kompetensi dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Jakarta Selatan. Research and Development Journal Of Education, 6(1), 41–52. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i1.4371.
Roqib, M., & Nurfuadi. (2020). Kepribadian Guru Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan. CV Cinta Buku.
Royani, I., Fitria, H., & Rohana. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala PAUD dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 36–45. https://doi.org/10.52690/jitim.v1i1.28.
Septiani, V., & Cahyono, D. (2019). Education and training strategy in Palembang aviation college. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(3), 7891–7894. https://doi.org/10.35940/ijrte.C6561.098319.
Setiawan, H. (2020). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Motivasi Mengajar Terhadap Mutu Lulusan di SMA/SMK Sekecamatan Gunung Pelindung Lampung Timur. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 5(1), 75–95. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/view/1344/904.
Sofia, A., & Yulistia, A. (2020). Pengaruh Kompetensi Kepribadian terhadap Motivasi Kerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 12–18. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3445.
Sopandi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. Scientific Journal of Reflection, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.2628070.
Suharsaputra. (2018). Supervisi Pendidikan. PT Refika Aditama.
Sulfemi, W. B. (2020). Hubungan Sarana Prasarana Sekolah dengan Motivasi Mengajar Guru di SMA Negeri Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Edutecno, 22(1), 1–19. https://doi.org/10.35542/osf.io/p2fae.
Surani, D., & Mifthahudin, M. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Mengajar Guru Berpengaruh Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di Smk Negeri 3 Kota Serang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(2), 149–158. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1227.
Tanu, I. K. (2017). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Agar Dapat Tumbuh Dan Berkembang Sebagai Generasi Bangsa Harapan Di Masa Depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–29. https://doi.org/10.25078/aw.v2i2.960.
Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Bidang Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Yunanda, I. (2019). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Mengajar terhadap Kinerja Guru (Studi pada Tazkia International Islamic Boarding School Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1–18. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5958/5243.
Zola, N., & Mudjiran, M. (2020). Analisis Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 88–93. https://doi.org/10.29210/120202701.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)